• Maria Yuliana Kusrini

Ngegudeg di Yogya Yuk!

Kota Yogyakarta sudah pasti jadi salah satu destinasi wisata atau kuliner wajib bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Kota yang selalu sukses bikin kangen ini pun memiliki banyak ragam kuliner yang nikmat. Salah satunya adalah gudeg, yang sekaligus sebagai ikonnya Yogyakarta. Jadi kalau berkunjung ke Yogyakarta wajib untuk menikmati gudeg ya.

Makanan bercitarasa manis yang menjadikan gori atau nangka muda sebagai bahan utamanya. Nangka muda itu dipotong-potong kemudian dimasak dengan aneka bumbu, gula jawa, dan santan selama berjam-jam. Gudeg ini biasanya disajikan bersama dengan opor ayam, sambal goreng krecek, tahu/tempe bacem, telur pindang, dan krupuk rambak (krupuk kulit sapi). Gudeg sendiri terdiri atas dua jenis, yakni gudeh kering dan gudeg basah.

Di Yogyakarta ada banyak tempat makan yang menyuguhkan gudeg. Setiap tempat makan atau brand itu menghadirkan olahan gudeg dengan keunggulannya masing-masing. Misalnya saja Gudeg Yu Djum yang sudah pasti jadi incaran siapa pun yang ingin makan gudeg. Yu Djum menghadirkan Gudeg Mbarek kering dan manis dengan resep turun menurun. Selain bisa menjumpainya di Karangasem Mbarek, juga bisa menjumpainya di kawasan Wijilan. Gudeg yang punya karakter tak jauh berbeda dengan gudeg Yu Djum adalah Gudeg Bu Ahmad yang berlokasi di kawasan Bulak Sumur, Selokan Mataram, Sleman.

Ingin menikmati gudeg langsung di dapurnya, bisa datangi Gudeg Pawon yang ada di Jalan Janturan. Gudeg Pawon ini biasanya buka mulai tengah malam. Di daerah Sewon Bantul juga ada Gudeg Geneng yang juga menyajikan masakan langsung dari dapurnya.

Gudeg legendaries lainnya ada Gudeg Permata Yu Narti. Gudegnya berjenis basah ditemani aneka lauk pauk yang juga bernuansa basah. Gudegnya memiliki citarasa gurih ketimbang manis. Ada juga Gudeg Bu Yani dengan gudeg basahnya yang bercitarasa tidak terlalu manis. Keduanya hanya buka di malam hari saja. Jangan lewatkan juga untuk mencicipi Gudeg Sagan yang juga menghadirkan gudeg jenis basah.

Gudeg yang disajikan dengan manggar atau bunga kelapa juga begitu khas dan menarik untuk dicoba. Bisa mendatangi Gudeg Manggar Halima yang berlokasi di Baciro. Gudeg manggar di sini memiliki citarasa gurih yang begitu menonjol. Ada juga Gudeg Manggar Bu Dullah atau Gudeg Manggar Bu Jumilan yang lokasinya di Bantul.

© 2019 yukmakan channel