• Maria Yuliana Kusrini

Nusa Rasa Oat Series - Hasil Kolaborasi Djournal Coffee & Swara Gembira

Djournal Coffee sebagai kafe penyedia minuman berbasis kopi asli Indonesia menghadirkan kreasi minuman baru di moment Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77. Kreasi minuman yang diluncurkan pada 16 Agustus 2022 itu diberi nama 'Nusa Rasa Oat Series'. Pada kesempatan ini, Djournal Coffee tak sendirian tetapi menggandeng Swara Gembira yang merupakan gerakan terbesar generasi muda yang sangat getol mengembangkan seni budaya Indonesia melalui salah satunya Wastra atau kain Nusantara.


Kolaborasi apik antara Djournal Coffee dan Swara Gembira ini pun menghadirkan kreasi minuman yang terinspirasi dari kekayaan dan keberagaman Wastra atau kain Nusantara. Khususnya untuk tipikal kain Nusantara yang berwarna coklat, ungu, hijau, dan putih sebagai corak utamanya. Berkat inspirasi yang luar biasa itu pun dihadirkanlah enam minuman berbeda yang lima di antaranya menggunakan kopi susu sebagai bahan dasarnya dan satu minuman yang terbuat dari cokelat. Keenam minuman itu adalah Kayu Manis Shaken Oat, Klepon Oat Macchiato, Sari Kaya Oat Latte, Batavia Oat Espresso, Ubi Ungu Oat Latte, Pandan Batavia Oat Latte, hingga Kakao Oatmilk.



Varian kopi baru ini dibuat menggunakan 100% kopi racikan asli Indonesia, yakni kombinasi Kopi Toraja (70%) dan Kopi Mandailing (30%). Kopi itu pun dipadukan dengan kekhasan lainnya yang ada di Indonesia, seperti rempah, oatmilk, gula merah, pandan, sarikaya. Kopi bernama Kayu Manis Shaken Oat sendiri memadukan kopi blend, kayu manis, serta oatmilk. Minuman ini pun sekaligus ingin menceritakan Indonesia yang selama ini memang sangat terkenal akan hasil rempahnya. Jajanan pasar khas tradisional Indonesia juga bisa ditemukan dalam bentuk minuman bernama Klepon Oat Macchiato. Paduan kopi blend, pandan, dan oatmilk ini pun makin sempurna dengan adanya tambahan kelapa kering dan gula merah sebagai toppingnya. Begitu pun dengan Ubi Ungu Oat Latte yang hadir berkat perpaduan kopi blend, ubi ungu atau talas, serta oatmilk. Minuman berwarna cokelat dan ungu ini memiliki citarasa yang unik dan pastinya mencerminkan kekayaan Indonesia.



"Bersama Swara Gembira, kami ingin menginspirasi generasi muda Indonesia agar tetap bangga dalam menggunakan dan mengonsumsi produk asal negeri sendiri. Lewat Nusa Rasa Oat Series ini, kami berusaha menginterpretasikan keindahan warna-warni kain Nusantara yang diperkenalkan oleh Swara Gembira pada minuman kami ini. Misalnya pada minuman Ubi Ungu Oat Latte berhasil menciptakan warna natural yang mirip dengan kain Mega Mendung asal Cirebon. Paduan berbagai minuman pada series ini pun dihadirkan dengan rasa balance di mulut. Di mana bahan-bahan yang digunakan berupa kopi asli Indonesia, rempah Indonesia, oatmilk lokal Indonesia, cokelat asal Sumba, hingga gula merah Nusantara," terang Sendy Djaja selaku Research & Development Manager Djournal Coffee.


Kekayaan Tanah Sumatera juga diaplikasikan pada minuman kopi bernama Sari Kaya Oat Latte. Minuman yang terinspirasi dari kopi sanger khas Sumatera ini terbuat dari kopi blend yang dipadukan dengan oatmilk dan juga sari kaya. Segelas minuman ini pun sukses menghadirkan sensasi rasa yang gurih berpadu nikmat dengan citarasa kopinya. Sedangkan bagi masyarakat yang kurang menyenangi kopi, maka bisa menjadikan minuman bernama Kakao Oatmilk sebagai pilihannya. Minuman berbasis cokelat satu ini menjadikan cokelat asal Sumba, Nusa Tenggara Barat sebagai bahan bakunya. Cokelat hasil produksi di Tanah Air ini pun dipadukan dengan oatmilk sehingga sukses menciptakan rasa yang pas dan nikmat.



Keenam minuman Nusa Rasa Oat Series ini tersedia di seluruh outlet Djournal Coffee di seluruh Indonesia selama bulan Agustus hingga September 2022. Untuk setiap minumannya ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp 35.000,- per gelasnya. Keseruan ngopi bercitarasa khas Nusantara ini pun akan semakin bertambah jika konsumen menggunakan kain Nusantara. Hal itu pun sesuai dengan harapan sekaligus ideologi Djournal Coffee dan Swara Gembira yang sepakat membuat gerakan untuk mengIndonesiakan Indonesia melalui seni, budaya, dan kopi dari Nusantara.



"Swara Gembira menyambut baik kerjasama dengan Djournal Coffee dalam Nusa Rasa ini untuk menjangkau lebih banyak anak muda dan menunjukkan bahwa semangat berbudaya Nusantara tak hanya terkesan formal tetapi fleksibel dan bisa dilakukan dalam aktivitas sehari-hari. Seperti misalnya budaya ngopi hingga berbusana. Di tahun ini, Swara Gembira meluncurkan kanal belanja Wastra bernama Pasar Wastra. Lebih dari 1.000 lembar kain terjual kurang dari 2 bulan sebagai wujud konkrit pengembangan industri kreatif Nusantara. Swara Gembira pun sukses menjadi pionir kampanye berkain di dunia daring atau dunia maya," ungkap Rifan Rahman selaku Direktur Utama Swara Gembira.