• Maria Yuliana Kusrini

Nutrisi Susu Anlene yang Penting dan Dibutuhkan Saat Bulan Puasa

Di moment puasa seperti saat ini, kita harus lebih ekstra dalam memilih hidangan yang hendak dikonsumsi. Hal itu penting dilakukan untuk menjaga nutrisi dan nilai gizi yang akan diterima oleh tubuh. Setelah seharian tidak makan dan minum serta tetap dengan melakukan kegiatan sehari-hari, tentu tubuh membutuhkan nutrisi ekstra dari biasanya.



Untuk itu, sangatlah penting untuk tetap memenuhi gizi seimbang selama berpuasa dengan mengonsumsi makanan sehat dan minum susu. Anlene sebagai salah satu produk susu pun menghadirkan varian Anlene Gold 5X dan juga Anlene Activit 3X dengan HI ZenC yang lebih rendah lemak, tinggi protein, kalsium, dan mengandung kolagen. Dengan densitas gizi yang tinggi, Anlene Gold 5X dan Anlene Actifit 3X menjadi amunisi penting selama Ramadhan untuk mendukung kebutuhan energi, kepadatan tulang, kelenturan sendi, kekuatan otot, menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat dan aktif, serta meminimalkan risiko penurunan fungsi muskuloskeletal (tulang, otot, dan persendian) yang terjadi akibat penuaan.


“Selama berpuasa, pola makan akan berubah sehingga penting sekali mengatur asupan gizi saat sahur dan berbuka agar tubuh tetap memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas. Energi tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan bergizi dan susu. Kandungan pada susu seperti karbohidrat atau laktosa dapat membantu karbohidrat selama puasa, kandungan protein mampu mencukupi asupan protein dan mengurangi kelebihan lemak tubuh, meningkatkan komposisi tubuh, dan menekan nafsu makan agar tetap terkendali, juga kandungan lemak baik dan mineral pada susu yang bermanfaat secara keseluruhan untuk tubuh manusia. Jika makanan bergizi dan susu dikombinasikan dengan baik, maka menjalankan ibadah puasa akan lancar, tetap bertenaga, dan memberikan manfaat untuk kesehatan,” ungkap Dr. dr. Fiastuti Witjaksono MSc, MS, Sp.GK, selaku pakar gizi klinis.

Pada kesempatan yang sama, turut hadir pula Haryadi Raharjo selaku Scientific and Nutrition Fonterra Brands Indonesia dan juga publik figur Tike Priatnakusumah. “Saat menjalankan ibadah puasa, saya tetap mempraktekkan standar pola makan keluarga dengan nutrisi lengkap sesuai anjuran Isi Piringku mulai dari karbohidrat, protein, sayur, buah dan susu. Saya dan keluarga juga masih mencicipi makanan manis atau makanan padat lemak saat berbuka, namun porsinya sangat dijaga. Saya juga selalu minum segelas Anlene Gold 5X setiap sahur dan berbuka puasa sebagai amunisi untuk memastikan agar tetap aktif dan produktif di saat Ramadhan,” jelas Tike saat ditanya kebiasaan puasanya di rumah bersama keluarga.