• Novi Amaliyah

OATSIDE, Susu Gandum Ramah Lingkungan Untuk Kamu Yang Alergi Susu Sapi


OATSIDE susu gandum kemasan
OATSIDE, brand susu gandum asal Singapura yang diproduksi di Bandung

Beberapa tahun belakangan susu berbahan nabati cukup populer, selain susu kedelai yang selama ini sudah kita kenal, susu kacang almond dan oat atau gandum adalah varian lain dari susu nabati yang cukup diminati. Tak jarang di banyak coffee shop menghadirkan pilihan susu nabati sebagai paduan untuk menikmati kopi selain menggunakan susu sapi.


Dikembangkan di saat pandemi oleh Benedict Lim, OATSIDE merupakan brand susu gandum pertama yang lahir di Asia dimana seluruh proses produksi dari bulir gandum hingga menjadi susu.


“Melalui pengembangan awal OATSIDE, saya menyadari bahwa versi susu yang paling saya suka adalah yang memiliki tekstur yang creamy dan malty, dimana bagi sebagian kita yang tinggal di Asia, seperti dibawa kembali ke kenangan masa kecil, minum minuman ber-malt. Rasa familiar inilah yang membuat konsumsi susu plant-based gandum tidaklah terasa asing” jelas Benedict Lim, founder dan CEO OATSIDE dalam peluncuran OATSIDE di Jakarta (26/1).


Brand asal Singpura yang diproduksi di Bandung, Jawa Barat ini berfokus pada bahan baku berkualitas terbaik dengan menggunakan gandum Australia yang kemudian diproses hanya menggunakan air dengan kualitas terbaik karena air adalah bagian krusial dari proses produksi OATSIDE dimana OATSIDE memiliki akses langsung ke sumber mata air alami pegunungan.


Mengusung produk clean label susu gandum OATSIDE tidak menggunakan perasa buatan, pengemulsi, pengawet, dan pewarna buatan. Karena terbuat dari gandum, OATSIDE mengandung beta glukan, senyawa dalam gandum yang baik untuk kesehatan jantung, mengurangi kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, serta memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah.


“Kami mengerti bahwa rasa seringkali menjadi penghalang bagi banyak orang untuk mengkonsumsi susu plant-based yang lebih ramah lingkungan. Maka dari itu, kami bertujuan untuk mengembangkan susu oat yang dapat membalikkan persepsi ini. Merupakan sebuah tantangan besar untuk mengembangkan produk yang tepat dengan proses manufaktur yang standar. Karena itu kami mengambil pendekatan yang lebih panjang dengan membangun lini produksi sendiri yang dapat memungkinkan kami untuk membuat modifikasi khusus dan kontrol penuh dari proses ekstraksi oats,” terang Benedict Lim


Ada tiga varian rasa yang ditawarkan OATSIDE yaitu antara lain, OATSIDE Barista Blend yang bercitarasa creamy dan dapat memberikan rasa yang kaya jika dipadukan dengan kopi dan teh tanpa menutupi rasa dari kopi dan teh itu sendiri. OATSIDE Barista blend juga dapat menciptakan foam indah ketika dipanaskan untuk latte art, sebuah pencapaian atas tantangan bagi susu plant-based.


Kemudian ada OATSIDE Chocolate yang memiliki citarasa khas dark chocolate yang rich dan complex karena terbuat dari paduan biji kakao dari Sulawesi dan paduan biji kakao dari tiga negara di Afrika seperti Pantai Gading, Ethiopia dan Ghana yang 100% bersertifikat Rainforest Alliance. OATSIDE Chocolate juga menggunakan gula aren yang memberikan citarasa lebih legit. OATSIDE Chocolate tidak mengandung perasa buatan, dan memiliki gula yang lebih sedikit dibandingkan mayoritas susu coklat lainnya.

Varian ketiga ada OATSIDE Chocolate Hazelnut, semacam gianduja cair yang sangat lembut dengan kandungan dark-roasted hazelnut kaya. Karena, kekentalan adalah kunci, OATSIDE Chocolate Hazelnut juga tidak mengandung perasa buatan, sebagai gantinya mengandalkan rasa dari hazelnut berkualitas tinggi dengan konsentrasi pemakaian yang lebih banyak. Hazelnut panggang ini didapatkan dari 100% kacang hazelnut yang bersertifikat Rainforest-Alliance dari Turki.


Ramah Lingkungan dan Bersahabat Untuk Mereka Yang Alergi Susu Sapi

Tak hanya menghadirkan produk susu gandum berkualitas dengan rasa yang nikmat, OATSIDE juga mengusung misi keberlanjutan bagi lingkungan dalam proses produksinya. Menurut Benedict Lim, produksi susu gandum membutuhkan 90% lebih sedikit lahan dan air, serta memproduksi emisi 70% lebih sedikit dibandingkan susu sapi.


"Sejalan dengan misi keberlanjutan kami, OATSIDE memilih bahan-bahan yang bersertifikat Rainforest-Alliance dan menggunakan kemasan papan kertas yang dapat didaur ulang (berasal dari bahan bersertifikat Forest Stewardship Council). Kami berharap dapat berkontribusi bagi perkembangan produk plant-based dimana memilih produk yang berkelanjutan tidak lagi terasa seperti ‘kewajiban', tambahnya.


Untuk kamu yang memiliki alergi susu sapi, susu gandum OATSIDE bisa menjadi alternatif pilihan susu yang tetap nikmat. Oatside tersedia dalam kemasan 1 liter dengan harga Rp 47.000,- untuk varian Barista Blend dan Chocolate, sementara Hazelnut dibanderol dengan harga Rp 52.000,-. Saat ini OATSIDE sudah tersedia di platform e-commerce, pasar swalayan dan kafe di dekatmu. Rencana kedepan OATSIDE juga akan dipasarkan ke seluruh negara di Asia lainnya.