• Maria Yuliana Kusrini

#PasengisBack, Festival Kuliner Pasar Senggol Kebanggaan Summarecon Mall Bekasi

Setelah dua tahun vakum karena adanya pandemi, akhirnya tahun 2022 ini festival Pasar Senggol kembali dihadirkan Summarecon Mall Bekasi (SMB). Masih menempati lokasi yang sama, yakni Area Parkir Barat The Downtown Walk SMB, festival kuliner ini diramaikan dengan banyak tenant kuliner dengan berbagai sajian istimewa, gerobakan, food truck, yang juga diramaikan dengan wahana permainan khas pasar malam. Pasar Senggol 2022 kali ini mengusung tema #pasengisback.



Festival kuliner yang menempati area seluas 7.300 meter persegi itu berlangsung antara 23 September - 23 Oktober 2022. Ada 81 tenant dengan lebih dari 23 UMKM Bekasi yang turut terlibat di dalamnya. Ke-81 tenant itu pun terbagi atas 48 booth, 5 food truck, dan 28 gerobakan yang menawarkan lebih dari 1.000 jenis menu makanan ataupun minuman. Pasar Senggol bertajuk #pasengisback itu sudah pasti jadi kunjungan wajib dan ditunggu-tunggu oleh setiap warga Bekasi dan sekitarnya, khususnya para penikmat kuliner.


Pengunjung Pasar Senggol pun akan dimanjakan dengan berbagai pilihan menu yang ada. Lengkap, variatif, dan banyak pilihan makanan, itulah yang akan langsung dirasakan saat berada di tengah-tengah area festival. Untuk penikmat kuliner khas Nusantara bisa menemukan Bebek Sinjay, Bakwan Malang Cak Uban, Sate Maranggi & Gulai Iga Marika, Lumpia Basah Bandung* Baklor Unyil, Nasi Tutug Oncom Pasundan, Sambel Bakar Halilintar yang menyajikan olahan sambal pedas dengan lauk ikan, ayam, ataupun cumi-cumi, dan berbagai pilihan lainnya. Tak ketinggalan juga ada menu kekinian yang meramaikan Pasar Senggol, sebut saja Baby Crab, Pan&Cake, Chicken Steak Teppanyaki, Pretty Patty, Binggo Stick, dan lainnya. Penyuka olahan Barat, juga bisa menemukan Western Hotdog, Squidmore, hingga olahan Korea yang begitu digemari.



Selain bisa kulineran dengan berbagai menu istimewa, Pasar Senggol juga menghadirkan berbagai hiburan menarik lainnya. Bagi pengunjung yang datang bersama dengan keluarga, khususnya yang memiliki ada kecil, maka bisa mengajak ke area wahana permainan khas pasar malam. Di area ini, pengunjung bisa menemukan berbagai permainan menarik, sebut saja Bianglala, Kincir Kecil, Kora-kora, Komidi Putar, Ombak Banyu, Water Ball, Ontang-anting, Kereta Mini, dan berbagai permainan lainnya. Hiburan lain juga meramaikan #pasengisback ini, mulai dari live music, DJ, live acoustic, dance & beatbox competition, live cooking demo, layar tancap dengan film menarik, hingga penampilan band ternama Tanah Air.



"Kami bersyukur dengan kondisi saat ini pandemi mulai terkendali sehingga Pasar Senggol bisa kembali hadir. Selain bisa mengobati kerinduan, kami berharap kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk menggiatkan kembali bisnis UMKM yang sangat berdampak selama pandemi berlangsung. Selama pelaksanaan festival kuliner ini, protokol kesehatan tetap dilaksanakan. Mulai dengan menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, pengunjung juga diwajibkan untuk scan Peduli Lindungi sebelum memasuki area Pasar Senggol dan wajib berstatus Hijau, yaitu dengan vaksin lengkap dan booster," terang Ugi Cahyono selaku Center Director Summarecon Mall Bekasi.


Untuk melakukan pembayaran atau pembelian di area Pasar Senggol ini, pengunjung hanya bisa menggunakan kartu khusus dan pembayaran secara cashless Gopay. Untuk penggunaan kartu khusus Pasar Senggol, bisa didapatkan di area kasir area festival. Kartu ini bisa ditop-up atau setelahnya bisa direfund atau juga bisa disimpan untuk digunakan kembali di area makan SMB, seperti Bekasi Food City dan The Food Temptation. Untuk yang melakukan pembayaran menggunakan Gopay, terdapat promo gopay berupa Cashback 100% (maksimal Rp 50.000,-) dengan menggunakan kode promo "gopaypaseng".


Pasar Senggol 2022 ini dibuka setiap hari dengan jam operasional yang berbeda tiap harinya. Yaitu hari Senin-Kamis di jam 16.00-22.00 WIB, Jumat di jam 16.00-23.00WIB, Sabtu dan hari libur Nasional di jam 11.00-23.00 WIB, dan untuk hari Minggu di jam 11.00-22.00 WIB.