top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Kreasi Makan Burger McDonald’s ala Warga Nusantara

Hamburger atau lebih dikenal dengan burger, awalnya merupakan makanan khas dari Hamburg, Jerman. Banyaknya orang Jerman yang bermigrasi ke Amerika menyebabkan burger menjadi salah satu makanan populer di Negri Paman Sam. Lambat laun, burger pun menyebar ke seluruh dunia, termasuk juga ke Indonesia.


Di Indonesia, burger telah mengalami metamorfosis kuliner yang luar biasa. Masyarakat seringkali menikmati menu burger dengan menggabungkan citarasa internasional dengan sentuhan lokal yang sangat kreatif. Sebut saja varian klasik burger McDonald’s (McD) yang menjadi menu favorit jutaan pelanggan Tanah Air, yakni Cheese Burger dan Big Mac. Dua menu ini telah menjadi menu ikonik yang tidak hanya populer tetapi juga banyak menciptakan kreasi 'khas lokal' yang tidak biasa.


Berikut ini beberapa kreasi terunik dari para pelanggan McD Indonesia yang bisa dijadikan inspirasi untuk menikmati burger McD dengan cara baru. Pertama ada kreasi menu Big Mac yang dipadukan dengan nasi hasil postingan sosial media @adnananakdepok. Bukan orang Indonesia namanya jika makan sesuatu tapi tidak menggunakan tambahan nasi. Kreasi Big Mac satu ini adalah bukti otentik dari hasil kreasi warga +62 yang memadukan double patty, sayuran, roti bun, serta nasi putih.

Usut punya usut, menu Big Mac McD ini merupakan menu global yang bisa ditemukan di resto McD mana pun di seluruh dunia. Dengan standar dan proses memasak yang mengacu pada global, rasa Big Mac akan sama di seluruh resto McD, termasuk di luar negri. Kabar terbarunya, kini McD mengeluarkan varian Double Big Mac yang ukurannya lebih besar dan lebih puas.


Kreasi berikutnya ada postingan warganet yang memakan burger McD dengan cara dipisah-pisah. Tentunya ini akan menjadi sebuah strategi hemat alias ekonomis bagi anak kos. Dari postingan @achnaf di media sosialnya, terdapat variasi menu klasik Cheese Burger yang ternyata bisa dinikmati dalam porsi ekonomis ala anak kos. Cara makannya terbilang sangat unik dimana lapisan daging dan roti dipisahkan. Dengan cara ini, bisa memunculkan dua menu yang bisa dinikmati di waktu yang berbeda maupun bersamaan, pertama lapisan roti dengan sayuran dan keju, kemudian lapisan daging atau patty yang disantap bersama nasi. Nah, kreasi menu ini pun makin ekonomis karena bisa langsung jadi menu makan siang dan makan malam tuh.


Menu Cheese Burger ini sendiri merupakan menu populer yang diandalkan oleh pelanggan setia McD. Serunya lagi, kini McD Indonesia menghadirkan varian Triple Cheese Burger yang menarik untuk dicicipi. Wah, langsung terbayang yummy cheesenya yang kini dikalikan tiga.

Berikutnya ada kreasi menu dengan kearifan lokal. Menu ini memang agak berbeda dengan dua kreasi sebelumnya. Karena menu ini merupakan menu kreasi yang dikeluarkan McD Indonesia yang menggabungkan dengan citarasa lokal. Mulai dari penggunaan sambal terasi, sambal hijau, patty bercitarasa rendang, balado, lada hitam, dan masing banyak lainnya. Tidak heran jika, McD telah banyak yang mengkreasikan menu burgernya dengan menyuguhkan citarasa khas Nusantara itu.


Berbagai kreasi bercitarasa lokal yang dihadirkan McD itu bisa dijumpai pada promo tertentu. Misalnya pada moment menyambut Hari Kemerdekaan RI yang dihadirkan pada rangkaian menu spesial bertajuk 'Ini Rasa Kita'. Pada moment itu, telah banyak kreasi menu burger bercitarasa lokal yang ditawarkan. Mulai dari menu Burger Balado Spesial pada tahun 2023 ini, Burger Rendang pada tahun 2022 lalu, dan Burger Nasi Goreng pada tahun 2020.

Comments


bottom of page