• Maria Yuliana Kusrini

Plant-Based Whopper, Menu Alternatif Nabati Pertama dan Terbaru Dari Burger King


Burger King Indonesia meluncurkan Plant-Based Whopper mulai 7 Mei 2021 lalu. Produk burger yang sekaligus jadi menu terbarunya Burger King Indonesia ini menjadi menu alternatif nabati yang pattynya dibuat dari tumbuhan, bukan berbahan dasar daging.



Plant-based Whopper sendiri dihadirkan berkat jalinan kerjasama antara Burger King dengan The Vegetarian Butcher yang adalah perusahaan milik Unilever yang memproduksi bahan pangan pengganti daging dan berbasis di Belanda. The Vegetarian Butcher memperhatikan tren yang berkembang menuju produk nabati tanpa mengurangi rasa. Hal itu pun ditujukan bagi para pecinta daging dan flexitarian yang masih mendambakan rasa dan struktur daging. Sebelumnya, keduanya telah sukses meluncurkan menu tersebut di pasar negara Barat dan kini menjadi giliran wilayah Negara Asia, termasuk Indonesia.


Sesuai dengan namanya produknya, Plant-Based Whopper ini dibuat tanpa menggunakan daging. Meski demikian, burger ini tetap menghadirkan citarasa yang lezat dan ikoniknya Whopper Burger King. Bahan utama dari patty yang digunakan untuk Plant-Based Whopper adalah kedelai yang diperoleh dari proses berkelanjutan, gandum, minyak sayur, dan rempah-rempah. Patty ini pun diapit setangkup roti bertabur wijen panggang yang dipadukan dengan irisan tomat, selada segar, krim mayones, saus tomat, acar, dan irisan bawang bombay. Produk terbarunya Burger King ini dibuat dengan bahan asli dan alami, tidak menggunakan pewarna sintetis, dan juga tanpa penguat rasa.


Sementara, produk teranyar ini baru tersedia outlet Burger King di area Jabodetabek saja. Tapi untuk ke depannya, akan tersedia secara menyeluruh di 175 gerai Burger King yang ada di Indonesia. Peluncuran ini pun sekaligus menandai jika Indonesia menjadi salah satu negara pertama di Asia yang menghadirkan menu spesial ini. Konsumen Burger King dapat menikmati dan membeli produk ini dengan memesan ‘Serupa Tapi Tak Sama Box’. Dibandrol hanya dengan harga Rp 45.000,- yang berisikan Plant-Based Whopper Jr (0% daging sapi) dan Whopper Jr (100% daging sapi).

“Dengan memperkenalkan Plant-Based Whopper yang 100% dipanggang dengan api, 0% tanpa daging sapi di Indonesia, kami ingin memberikan pilihan bagi para konsumen. Menu ini pun tidak ditujukan bagi segmen pelanggan tertentu, namun kami menghadirkannya bagi seluruh pelanggan. Hal ini kami lakukan setelah melihat tren konsumen dan juga tanggapan pelanggan, dan kami memahami bahwa mereka menginginkan opsi menu berbasis nabati,” ungkap Vaibhav Punj selaku CEO Burger King Indonesia.