• Maria Yuliana Kusrini

Pondok Patin HM. Yunus yang Melegenda

Datang ke Pekanbaru, Riau tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi tempat makan legendaris bernama Pondok Patin HM. Yunus. Tempat makan yang lokasinya berada di Jalan Kaharuddin Nasution No. 1 Simpang Tiga ini telah beroperasi dan melayani masyarakat Pekanbaru sejak 1987.



Keelokan akan citarasa masakan yang dihadirkan di Pondok Patin ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Terbukti dengan banyaknya masyarakat yang datang ke tempat ini, termasuk orang-orang penting di Pekanbaru dan Riau, sebut saja walikota dan gubernur. Selama jam operasionalnya, tempat makan ini selalu saja dijejali oleh pengunjung yang ingin menyantap olahan patin.

Tempat makan ini memiliki area yang cukup luas. Mulai dari lokasi parkirnya hingga area makan yang mampu menampung hingga kapasitas 250 orang. Dari pilihan meja dan kursi yang ada di dalam restorannya memang terlihat untuk diperuntukkan partai besar. Satu meja saja bisa menampung hingga 10 orang, minimal 5 orang. Maklum saja, kebanyakan yang datang ke tempat ini ialah keluarga, kelompok tertentu seperti karyawan, grup bisnis, hingga wisatawan yang datang secara rombongan.

Ketika datang ke tempat ini, jangan pernah melewatkan hidangan andalannya, yakni Ikan Patin Asam Pedas. Lembutnya ikan patin beradu nikmat dengan citarasa kuahnya yang terasa asam pedas, tentunya ditambah dengan seporsi nasi putih hangat. Makan pun terasa sangat sempurna. Selain olahan patinnya yang wajib untuk dijajal, pengunjung juga akan menjumpai berbagai masakan lainnya yang berkonsep Melayu. Beberapa hidangan yang bisa dijumpai antara lain Pepes Patin, Gulai Telur Patin, Sate Patin, Patin Bakar, Udang Galah Goreng, Sup Kerang, Tumis Labu, Dendeng Batokok, Ikan Selais Goreng, dan masih banyak lainnya. Masing-masing hidangan ditawarkan dengan citarasa yang nikmat dan dijamin pengunjung akan dibuat ketagihan untuk datang kembali.

Pondok Patin HM. Yunus

Jl. Kaharuddin Nasution No. 1, Simpang Tiga, Pekanbaru, Riau

0761 – 674796



© 2019 yukmakan channel