top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Produk Unggulan Aberfeldy Single Malt Scotch Whisky Diluncurkan di Indonesia

Aberfeldy Single Malt Scotch Whisky, sebagai minuman wiski yang dikenal dengan sebutan Golden Dram di seluruh dunia kini telah resmi masuk pasar Indonesia. Sebagai salah satu minuman spirit, Aberfeldy pun memperkenalkan koleksi wiskinya, yakni wiski bernama Aberfeldy 12 Year Old, Aberfeldy 16 Year Old, dan Aberfeldy 21 Year Old.



Peluncuran produk Aberfeldy ini dikemas dengan apik dalam rangkaian acara makan malam yang dilangsungkan di Lobo Italian Bistro, Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Pada kesempatan itu, setiap tamu undangan bisa menikmati 3 produk wiski terbaru Aberfeldy yang dipadukan dengan set menu istimewa persembahan tim dari Lobo. Ketiga koleksi Aberfeldy Single Malt Scotch Whisky itu disuling menggunakan tangki tembaga Alembic buatan Forsyths di Skotlandia. Penggunaan bahan tembaga itu pun menghasilkan wiski klasik khas Highland bercitarasa fruity.


Untuk drumnya, Aberfeldy menggunakan drum dari kayu ek terbaik untuk mematangkan produknya agar bisa mencapai level kematangan sempurna. Wiski akan dibiarkan tersimpan dengan sempurna hingga dinyatakan siap oleh Malt Master, Stephanie Macleod. Semakin lama proses fermentasinya, maka citarasa madunya akan semakin kuat.


Untuk Aberfeldy 12 Year Old disimpan selama 12 tahun di tong kayu ek buatan tangan. Wiski ini bercitarasa lembut dan manis yang menawarkan aroma rempah dan anggur yang kaya. Ada sedikit rasa seperti sirop dengan vanila dan fudge serta sedikit kesan smokey di akhir. Sedangkan Aberfeldy 16 Year Old disimpan selama 16 tahun di tong kayu ek yang melalui tahapan pematangan di tong sherry Oloroso sebelum dikemas. Karakter rasanya ada sedikit rasa madu, jeruk, cengkeh, dan ada rasa cokelat yang lembut di akhirnya.


Untuk wiski Aberfeldy 21-Year-Old hadir dengan tekstur kaya yang dimatangkan selama 21 tahun menggunakan kombinasi tong kayu bekas Sherry dan bekas Bourbon. Prosesnya yang memakan waktu lebih dari dua dekade itu sukses menghadirkan citarasa unik, tidak terlalu dominan yang muncul akibat reaksi dengan kayu. Untuk karakter rasanya layaknya madu seperti bunga heather berpadu kacang macadamia yang lembut dan lilin lebah yang kenyal. Wiski ini juga memiliki karakteristik rasa buah-buahan kering, kelapa, kayu ek, serta sedikit harum smokey. Setiap Aberfeldy Single Malt Scotch Whisky dapat dinikmati secara langsung, dengan tambahan es batu, atau digunakan sebagai bahan utama dari koktail.


Aberfeldy Distillery didirikan oleh John Dewar & Sons, Ltd. pada 1898. Berlokasi di pinggiran kota Aberfeldy, di hulu Sungai Tay, wiski Aberfeldy mendapatkan pasokan air yang kaya kandungan emasnya dari Pitilie Burn yang mengaliri Sungai Tay yang membujur di sepanjang fasilitas penyulingan. Lokasi Aberfeldy yang terletak di Central Highland yang jauh dari pesisir serta memiliki iklim yang lebih lembap membuat single malt Aberfeldy memiliki sedikit cita rasa buah yang lembut dengan karakter madu yang kuat. Karakter madu ini yang menjadi karakter utama produk-produk Aberfeldy.



“Kami sangat senang akhirnya bisa menunjukkan Aberfeldy kdi Indonesia. Aberfeldy adalah sebuah wiski spesial dengan sejarah yang panjang. Kami percaya koleksi single malt ini akan sangat cocok dengan gaya hidup di Indonesia. Air dari Pitilie Burn yang kami gunakan untuk membuat wiski memiliki kandungan emas, oleh karena itu kami menyebutnya Golden Dram. Saat orang mencicipi Aberfeldy untuk pertama kalinya, mereka benar-benar terbuai olehnya karena begitu banyak elemen yang bisa diceritakan dari wiski tersebut,” ujar Navin Wazir selaku Country Manager Bacardi Indonesia dan Stephanie Macleod selaku John Dewar & Sons Ltd. Master Blender dan Malt Master.

bottom of page