top of page
  • alettasumampouw

Program Kuliner “Mustikarasa” di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta

Sebagai hotel ikonik yang telah menyaksikan peristiwa sejarah bangsa, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta mengambil inspirasi dari lokasi penting dalam sejarah negara, termasuk wadah budaya yang dinamis yang pernah berkembang pesat di Sunda Kelapa. Kota pelabuhan yang merupakan pusat penting perdagangan maritim global, diantaranya para pedagang dari Cina, Arab, India, Eropa, dan lainnya. Program Mustikarasa menampilkan hidangan Indonesia yang dipengaruhi oleh budaya ini yang telah berkontribusi terhadap keberagaman kuliner dari berbagai komunitas dan membentuk budaya kuliner Indonesia selama berabad-abad.



Presiden Pertama Indonesia, Presiden RI Soekarno, telah mempelopori buku masak Mustikarasa berfungsi sebagai kompendium kuliner yang mencatat resep-resep Indonesia yang kaya. Apresiasi mendalam Presiden Soekarno terhadap keragaman bangsa ini melahirkan inisiatif pembuatan buku masak tersebut, dengan mengakui bahwa makanan adalah kekuatan pemersatu yang melampaui batas dan menyatukan masyarakat.



Terinspirasi dari buku masak bersejarah Mustikarasa, tahun ini Hotel Indonesia Kempinski Jakarta mempersembahkan program Mustikarasa, sebagai bagian dari kampanye 2024, The Legend Lives On. Para tamu diundang untuk menikmati cita rasa otentik. Program Mustikarasa ini menampilkan hidangan tradisional dari Jakarta dan sekitarnya, serta turut merayakan bagaimana kota pelabuhan bersejarah Sunda Kelapa memperkaya Jakarta yang modern, menyatukan cita rasa lokal dengan tradisi kuliner dari Eropa, Arab, India, dan Cina untuk menawarkan perjalanan gastronomi yang beragam dan unik.



Melalui program rotasi Mustikarasa, para tamu dapat merasakan kekayaan cita rasa masakan Indonesia, merayakan tradisi dan cita rasa kuliner Nusantara yang beragam. Setiap hidangan menawarkan pandangan unik ke dalam masakan Indonesia, memungkinkan para tamu untuk memulai perjalanan kuliner yang melintasi kepulauan.


Sementara itu pada bulan Agustus 2024 ini, untuk merefleksikan periode transformatif Presiden Soekarno di Ende, Flores, dimana beliau memupuk visi untuk kemerdekaan Indonesia. Di bulan ini juga merupakan HUT Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, dimana terinspirasi oleh momen bersejarah tersebut, hotel akan menghadirkan makanan dan minuman tradisional khas Ende, Flores.



"Indonesia adalah negara yang sangat beragam, dan kami selalu berupaya mencari cara baru untuk memperkenalkan berbagai aspek Indonesia kepada tamu kami," ungkap Harald Fitzek, General Manager Hotel Indonesia Kempinski Jakarta. "Kali ini, kami ingin menyoroti hidangan tradisional negara Indonesia yang menakjubkan. Program rotasi Mustikarasa kami merupakan penghormatan kepada beragam cita rasa yang telah membentuk peta kuliner Indonesia, menawarkan kesempatan kepada para tamu untuk menemukan esensi bangsa kita melalui makanan. Kami berharap semua orang yang bergabung dengan kami dalam perjalanan kuliner ini akan memperoleh apresiasi yang lebih dalam terhadap budaya dan warisan Indonesia yang dinamis."

留言


bottom of page