top of page
  • alettasumampouw

Program “Tempe Tapestry” di Restoran 1945, Fairmont Jakarta

Berkolaburasi dengan Indonesia Tempe Movement, Fairmont Jakarta mengadakan program gastronomi yang sehat dan lezat di Restoran Indonesia 1945, Fairmont Jakarta, dengan tema “Tempe Tapestry”, sebuah program kuliner baru yang menjadikan bahan utama Tempe sebagai menu utama untuk pengalaman bersantap yang sehat, nikmat dan berbeda.



Tujuan program ini untuk memperkenalkan dan meningkatkan kesadaran akan Tempe sebagai warisan makanan Indonesia yang bergizi tinggi, sustainable, dan memiliki potensi bisnis. Kolaborasi ini telah menciptakan rangkaian menu yang terbuat dari bahan yang menjadi bagian dari makanan sehari-hari yang digemari hamper seluruh rakyat Indonesia.


Chef dan tim kuliner di 1945 Restaurant telah mempelajari tehnik membuat tempe dari salah satu pendiri Indonesia Tempe Movement, Wida Winarno, seorang bioteknisi pangan yang merupan pakar pembuat tempe asli Indonesia. Dari Ibu Wida, para Chef belajar cara membuat berbagai macam tempe artisan dan mengubah protein nabati ini menjadi hidangan baru yang ekslusif dan nikmat tentunya. Di tangan ahli, Chef de Cuisine, Vicko Hadisatrya, telah menggabungkan lima unsur utama kacang -kacangan, termasuk kedelai, kacang merah, kacang hitam, lentil hijau, dan biji kuwaci. Para tamu bisa mendapatkan sensasi baru saat menyantap menu berbahan dasar tempe di 1945 Restaurant ini.



Chef Vicko menjelaskan, “Di restoran ini, kami akan mendobrak stigma rendahan tentang tempe, dimana bahan baku Tempe akan diubah menjadi hidangan menarik, sehat, lezat dan mengenyangkan yang akan dipersembahkan untuk para tamu. Setelah berbulan-bulan percobaan dan dengan panduan dari Indonesia Tempe Movement, kami telah menyempurnakan resep Tempe yang kami buat sendiri dari bahan-bahan segar berkualitas. Kami sangat senang mempersembahkan hidangan berbahan dasar tempe yang unik yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.”



Co-founder Indonesia Tempe Movement, Wida Winarno, menjelaskan, “Tempe telah menjadi sumber protein pokok di Indonesia setidaknya sejak tahun 1700-an di Jawa Tengah. Sambal Tumpang (lethok) merupakan masakan tempe tertua di Indonesia. Kami merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan 1945 Restaurant di Fairmont Jakarta untuk menghadirkan pengalaman kuliner luar biasa yang bergizi dan berkelanjutan.” Berbagai menu di Restoran 1945 ini diproses dengan prosedur halal dari vendor bersertifikat halal juga metode dan layanan memasak sesuai dengan standar halal. Semua hidangan dibuat dengan hati-hati, dan sangat ideal untuk dinikmati bersama-sama. Beberapa menu tempe terdiri dari makanan pembuka seperti Tempe Nachos dan Kroket Tempe hingga hidangan utama seperti Gulai Cumi-Tempe yang disajikan dengan isian udang tempe, serta Laksa Tempe dengan mi yang terbuat dari tepung Tempe. Selain itu tersedia dessert Tempe Sticky Dates Pudding yang disajikan dengan sorbet kelapa.


Menu di 1945 Restaurant dirancang untuk menarik mereka yang ingin menikmati makan sehat tanpa mengorbankan cita rasa. Tamu dapat menemukan hidangan khusus baru ini setiap hari untuk makan siang dan makan malam mulai 28 Juni 2023.


Yuk Makan Tempe yang Berbeda di Restoran 1945!

Comments


bottom of page