• Maria Yuliana Kusrini

Purwakalih Sajikan Sayur Asem Legendaris dan Menu Khas Sunda Lainnya

Telah melayani masyarakat sejak tahun 1972, Purwakalih tetap konsisten menyajikan masakan rumahan khas Sunda. Tempat makan yang berlokasi di Jalan Batutulis, Bogor ini hadir dengan konsep yang simpel dan sederhana ala warung rumahan. Selaras dengan ragam hidangan yang disajikan apa adanya, citarasa otentik dan orisinil, namun mampu membuat banyak orang jatuh cinta.



Salah satu menu unggulan dan sering jadi perbincangan adalah Sayur Asem. Meski terbilang sebagai masakan rumahan dan sangat-sangat biasa sekali, tapi olahan Sayur Asem di Purwakalih ini punya citarasa yang mumpuni. Sayur Asem berkuah pekat, berwarna merah kecokelatan dengan porsi yang pas untuk dinikmati sendiri. Isinya terdiri kacang panjang, potongan nangka muda, labu siam, jagung muda atau keputren, melinjo, dan jagung manis. Semua isian itu terendam dalam kuah bercitarasa asam segar dengan sedikit sensasi pedas.


Sayur Asem dan sepiring nasi putih akan semakin spesial jika ditemani dengan pilihan lauk pauk lainnya. Ada Gurame Goreng, Babat Goreng, Empal Goreng, Ayam Goreng, Tumis Taoge, aneka pepes, Sambal Oncom, bakwan, dan lainnya. Semuanya terlihat begitu menggiurkan dan menarik untuk dicoba. Deretan menu ini pun ditawarkan dengan harga yang cukup bersahabat.


Pecinta daging, jangan melewatkan untuk menjajal Empal Goreng di sini ya. Potongan dagingnya cukup besar dan masih ada sedikit lemak yang menyelimuti. Empalnya digoreng tidak terlalu kering, sehingga tampilannya masih agak basah. Rasanya gurih dengan bumbu yang begitu meresap sampai bagian dalam. Empal Goreng ini juga semakin meriah dengan adanya srundeng dari bumbu yang ikut tergoreng dan menyelimuti si empal.

Ada juga lauk yang begitu familiar di lidah semua orang, yakni Ayam Goreng. Dan untuk menu yang satu ini secara tampilan menyerupai dengan si empal, karena juga ditemani dengan remahan serundeng yang berasal dari bumbunya. Ayamnya digoreng dengan tingkat kematangan yang sangat sempurna sehingga memiliki warna coklat keemasan yang begitu menggiurkan. Ayamnya begitu garing namun lembut di bagian dalamnya.


Untuk pilihan khas Sunda lainnya, ada berbagai pilihan pepes. Mulai dari pepes jamur, pepes teri, pepes ikan peda, dan pepes ikan lainnya. Untuk Pepes Peda hadir berselimut daun singkong rebus dengan tambahan cabai merah iris. Bagian dalam ikan pedanya berwarna kemerahan yang menandakan kualitas ikannya baik. Rasa dari pedanya pun tidak terlalu asin. Sedangkan Pepes Jamur menjadikan jamur kancing sebagai bahan utamanya. Pepes ini tampil agak berkuah dengan irisan bawang bombay dan potongan cabai sebagai penyertanya. Tekstur jamurnya kenyal yang menandakan waktu pengukusannya tepat. Secara keseluruhan, rasa pepes di sini tidak mengecewakan.

Lauk yang juga bisa sekalian dijadikan camilan, yakni bakwan juga tersedia di sini. Ada Bakwan Udang dan juga Bakwan Jagung. Keduanya dihadirkan dengan ukuran yang cukup besar. Bakwan Jagungnya menggunakan jagung manis pipil yang dikombinasikan dengan irisan cabai merah dan daun bawang. Perpaduannya membuat rasa dan tampilannya jadi lebih meriah. Bakwan ini digoreng agak kering dan begitu renyah saat disantap. Bakwan Udang juga tak kalah istimewa. Adonan tepungnya gurih, lembut, dan terasa berbumbu. Bakwan ini juga terdapat udang yang begitu melimpah hingga sukses menciptakan sensasi rasa gurih.


Berbagai hidangan dan lauk pauk itu pun akan semakin istimewa jika disandingkan dengan sambal. Karena menyantap hidangan khas Sunda tak akan terasa lengkap jika tak ditemani dengan sambal. Purwakalih memiliki Sambal Dadak spesial yang hadir dengan warna merah terang. Sambal ini digiling kasar beraroma terasi yang cukup kuat. Menikmati beragam lauk pun akan semakin istimewa jika dipadukan dengan sambal ini. Ada juga Sambal Oncom yang juga tak kalah sedap dan menarik untuk dipesan.


Sebagai penutup dari petualangan seru berkuliner di Purwakalih ini, jangan lupa untuk pesan Es Mangga. Minuman dingin ini menghadirkan potongan mangga serut yang asam segar dalam larutan air gula yang manis. Perpaduan rasa asam dan manisnya begitu segar memanjakan lidah dan cukup mujarab untuk menghilangkan sisa minyak di mulut usai makan.


Purwakalih

Jl. Lawang Gintung No. 11, Lawang Gintung, Batutulis, Bogor

0251 – 8383034