top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Pusat Kuliner Berpadu Budaya, Syrco Base Resmi Buka di Ubud Bali

Tanggal 21 Januari 2024 lalu, pusat kuliner inovatif di Ubud, Bali bernama Syrco Base resmi dibuka. Syrco Base ini didirikan oleh koki berbintang dua Michelin, Syrco Bakker dan timnya yang berasal dari beragam budaya berbeda, mulai dari pakar kuliner, sommelier, mixologist, arsitek, seniman, dan desainer. Di Syrco Base ini, terdapat lima area berbeda yang melambangkan kekayaan hasil bumi, tradisi kuliner, pengrajin, petani, dan nelayan di kepulauan Bali ini.



Syrco Base menempati lokasi yang begitu kental dan sarat akan budaya Bali. Di pintu masuknya, pengunjung akan menemukan sebuah pohon beringin besar yang dikelilingi oleh mozaik menjulang tinggi bermotif berlian rangrang, sejenis kain seremonial dari pulau Nusa Penida di sebelah tenggara Bali. Setelahnya, pengunjung juga akan menemukan taman Syrco Base yang dilengkapi dengan berbagai tanaman herbal, sayuran, hingga bunga yang digunakan di menu Syrco Base. Untuk tempat makannya sendiri didesain menggunakan dinding berwarna bata merah, panel kayu, dan dekor tenunan lokal. Restoran dua lantai berkapasitas 50 tempat duduk ini memadukan alam dengan seni kuliner.



Di restoran ini, pengunjung akan menemukan banyak pilihan menu spesial yang dibuat oleh Chef Syrco. Mulai dari menu Flametail Snapper Tataki yang dihias rumput laut, ganggang, lobak fuschia, kemudian disajikan dengan shoyu berpadu buah markisa yang bercitarasa manis umami. Ada juga sajian Bali Salad yang memiliki sensasi rasa pedas yang menyegarkan dengan penggunaan bumbu seimbang. Ada juga menu Finally Nasi Goreng! Yang dipersiapkan bagi tamu dalam negri yang selalu membutuhkan nasi setiap kali makan. Pengunjung juga akan menemukan menu Heritage yang menampilkan masakan daerah yang dibuat menggunakan bahan-bahan asli Indonesia. Jangan lewatkan juga deretan menu Plant Base ala Chef Syrco yang lahir berkat kekayaan dan keberagaman hasil pertanian di Bali.


"Syrco Base bukan hanya sekadar restoran, tetapi merupakan sebuah perjalanan menuju jantung jiwa pertanian dan kuliner Bali. Dengan memadukan tradisi dan inovasi dalam setiap hidangan, kami menunjukkan komitmen kami pada jejak, alam, dan transparansi. Kami melalui Syrco Base ini akan membuktikan bahwa scene gastronomi Indonesia bisa benar benar kelas dunia," terang Chef Syrco selaku pemilik dari Syrco Base.


Syrco Base juga memiliki lounge yang ada di lantai atas. Area lounge ini didesain hingga terlihat elegan dengan ornamen rotan klasik di bawah langit-langit yang tinggi. Ketika melihat balok kayunya akan mengingatkan pada cincin pertumbuhan di batang pohon kuno. Tak hanya itu saja, juga ada ruang privat bernama Syrco Base Ku. Ruang berkapasitas 14 tamu ini memiliki pemandangan ke taman yang diterangi cahaya. Di ruang ini, Chef Syrco akan menciptakan perjalanan kuliner tak terlupakan dalam 16 menu spesial pada tamunya. Ada juga area Bar dan The Shop yang ada di area bawah. Bar Syrco Base memiliki 20 tempat duduk yang mengelilingi meja bar berpemandangan sawah hijau. Sedangkan The Shop menghadirkan berbagai hasil kerajinan dari komunitas lokal, mulai dari pengrajin hingga petani di seluruh pulau Bali dan sekitarnya.



Comments


bottom of page