• Maria Yuliana Kusrini

Ragam Hidangan Tradisional di Gerobak Betawi

Makanan tradisional Indonesia memang punya citarasa yang tak bisa ditolak oleh lidah. Rasanya yang khas dengan bumbu rempah melimpah menjadi salah satu daya pikatnya. Tak heran, ada banyak tempat makan yang menjadikan sajian tradisional khas Nusantara sebagai sajian unggulannya dan berhasil dicintai oleh para pelanggannya. Salah satunya adalah tempat makan bernama Gerobak Betawi yang berlokasi di bilangan Sunter, Jakarta Utara.


Meski namanya menggunakan sebuah nama daerah, yakni Betawi, namun tempat makan satu ini tidak hanya menyajikan menu khas Betawi saja. Datang ke tempat ini, pengunjung bisa menemukan berbagai hidangan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Hidangan yang ditawarkan pun juga variatif alias beragam, lengkap mulai dari aneka minuman, camilan atau makanan ringan, hingga makanan berat yang menarik untuk dipesan.

Gerobak Betawi punya banyak menu spesial yang juga jadi menu unggulannya. Salah satunya yang wajib dijajal dan dipesan adalah Mie Goreng Nyemek. Sajian ini menjadikan mi kuning sebagai bahan utamanya yang dipadukan dengan berbagai sayuran, suwiran ayam, dan tentunya disajikan dengan sedikit kuah, alias nyemek. Bumbu yang digunakan pada menu satu ini memadukan rasa gurih, asin, yang didominasi dengan rasa manis medok. Mie Goreng Nyemek ini bisa dipesan dengan tingkat kepedasan sesuai permintaan setiap pembeli.

Jika ingin menyantap sajian khas Yogyakarta atau Solo yang unik, yakni Nasi Kucing, juga bisa menemukannya di sini. Sesuai namanya, menu ini tersaji dengan porsi yang kecil berbungkus dengan daun pisang. Isiannya berupa nasi putih ditemani dengan sambal dan lauk dengan porsian yang juga mini mengikuti nasinya. Nasi Kucing ini tersedia dengan beberapa pilihan lauk, yakni Teri, Peda, Ayam, Cumi, Gabus, Kerang, dan Jamur. Nasi bungkus berukuran mini ini punya rasa yang unik, enak, dan dijamin makan satu akan terasa sangat kurang.


Ingin menikmati camilan tradisional yang enak lainnya, bisa menjajal menu bernama Tahu Gejrot. Jajanan khas Cirebon ini berupa olahan tahu yang disajikan dengan kuah bercitarasa pedas, manis, dan sensasi asam. Tahunya punya tekstur yang krispi di bagian luar dan lembut di dalamnya, sempurna dimakan dengan kuahnya yang sedap. Selain menu-menu itu, Gerobak Betawi juga punya pilihan menu lainnya yang tak kalah menarik untuk dicoba.

Gerobak Betawi

Jl. Danau Sunter Utara R 51-52, Sunter, Jakarta Utara

021 – 6402220

© 2019 yukmakan channel