top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Ragam Sajian Laut Khas di Samudera Rasa

Di Samudera Rasa yang berlokasi di Kelapa Gading, Jakarta Utara, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai olahan laut khas Makassar. Di sini pun ada berbagai jenis ikan laut yang jarang didengar, mulai dari ikan tapi-tapi, kudu-kudu, ataupun kaci-kaci. Ikan-ikan bernama unik itu didatangkan langsung dari laut Sulawesi yang kemudian diolah dengan menggunakan bumbu khas Makassar. Ada beberapa pilihan bumbu yang ditawarkan di Samudra Rasa ini, mulai dari Rica-rica Kuning, Rica-rica Merah, Rica-rica Manado, hingga Parape. Setiap bumbu memiliki citarasa dan ciri yang demikian khas.

Ikan Kudu-kudu Goreng Tepung

Salah satu hidangan spesial yang ada di tempat ini adalah Kudu-kudu Goreng Tepung. Ikan yang memiliki bentuk kotak ini memiliki rasa yang gurih dengan tekstur lembut nan renyah. Tepung yang membalut daging ikan yang terpotong-potong semakin memunculkan pesona tersendiri. Saus cocolan berwarna merah siap menjadi pendamping setia dari Ikan Kudu-kudu Goreng Tepung ini.


Kaci-kaci Rica Kuning

Menu ikan lainnya adalah Kaci-kaci Rica Kuning. Ikan kaci-kaci dibelah menjadi dua kemudian dibakar dan dibumbui dengan pilihan Rica Kuning. Bumbu Rica Kuning ini tidak terlalu pedas dengan rasa rempah yang medok. Cocok untuk pengunjung yang kurang bisa menikmati sajian terlalu pedas. Namun bagi yang suka akan olahan pedas, maka bisa menikmati pilihan bumbu Rica Manado.


Ikan Kakap Jontor

Menu lainnya yang tidak kalah menggoda bernama Ikan Kakap Jontor. Sajian ini menjadikan kepala ikan kakap sebagai bahan utamanya. 2 potong kepala ikan kakap merah dimasak dengan bumbu spesial yang berwarna kemerahan dengan rasa pedas begitu memikat. Perpaduan bumbu yang digunakan menjadikan hidangan ini begitu luar biasa. Semakin enak jika dinikmati bersama nasi putih hangat.


Udang Pancet 3 Rasa

Bagi penyuka udang, juga bisa mencicipi Udang Pancet 3 Rasa yang juga bercitarasa lezat. Udang pancetnya berukuran cukup besar yang dihadirkan dengan daging terbelah dan tampilan mengkilap. Samudera Rasa juga menyediakan beberapa pilihan sambal untuk menemani si ikan, seperti Sambal Mangga, Sambal Dabu-dabu, Sambal Petis Biasa, Sambal Petis Campur, dan Sambal Merah.


Samudera Rasa

Jl. Bulevar Raya QF 1 No. 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara

021 – 24522888

bottom of page