• Maria Yuliana Kusrini

Ragusa: Bukan Hanya Es Krimnya Saja yang Lezat

Ragusa sangat dikenal masyarakat sebagai nama es krim legendaris ala Italia. Telah ada sejak tahun 1932 dan mampu bertahan hingga 86 tahun lamanya, Ragusa pun jadi tempat nostalgia. Jika selama ini lebih dikenal akan sajian es krimnya, ternyata Ragusa juga memiliki deretan menu lainnya yang tak kalah sedap dengan es krim Italianya.



Lokasi Ragusa yang jadi legenda memang berlokasi yang tak jauh dari Monas, tepatnya di bilangan Veteran, Jakarta Pusat. Namun, Ragusa juga punya outlet lainnya di komplek pertokoan Duta Merlin di lantai 5. Outlet ini pun telah berdiri sejak tahun 1975.


Gado-gado Pengingat Masa Kecil

Menu Gado-gado punya citarasa layaknya lotek, bumbunya tidak menggunakan tambahan kentang tumbuk. Pertama kali memakannya, langsung bernostalgia dengan lotek langganan masa kecil. Bumbu kacangnya memiliki citarasa yang memadukan rasa manis, gurih, asin, dan pedas yang pas di lidah. Namun, bagi yang kurang suka pedas atau merasa kurang pedas, maka bisa request tingkat kepedasannya saat memesan. Bumbu kacang ini menjadi pendamping serasi dari aneka sayuran seperti kacang panjang, bayam, taoge yang telah direbus.


Pilihan Menu Sharing

Buat yang ingin makan meja atau sharing, maka bisa memesan beberapa lauk sekaligus. Bisa pesan Fu Yung Hai, Rujak Shanghai, Mie Goreng, Udang Saus Ragusa, dan Tom Yum Soup. Fu Yung Hai memiliki porsian yang cukup besar dengan citarasa lezat. Perpaduan antara omelet yang digoreng dengan sausnya, jadi paduan tepat dan cocok dinikmati bersama nasi putih.

Begitu pula dengan Mie Gorengnya yang berupa campuran mi, bakso, telur orak-arik, dan daun bawang. Sedangkan Udang Saus Ragusa disajikan di atas hot plate berpadu dengan saus ala Ragusa berwarna merah. Jangan lewatkan sajian unik dan hanya ada di sini, yakni Rujak Shanghai. Sajian ini berupa rebusan aneka sayuran, potongan juhi atau cumi yang sudah direndam, dan saus asam manis.


Es Legendaris ala Italia

Datang ke Ragusa belum menikmati es krimnya, pasti tidaklah afdol. Dari sekian banyak pilihan es krim yang banyak, Spaghetti Ice Cream, Tutti Frutti, dan Banana Split jadi es krim favorit di Ragusa.


Sesuai namanya, Spaghetti Ice Cream dihadirkan dengan tampilan yang menyerupai mie spaghetti. Selain terdapat es krim rasa vanilla yang dibuat panjang seperti spaghetti, juga ada saus cokelat, taburan kacang, dan taburan sukade atau manisan kulit jeruk.

Sedangkan Tutti Frutti memadukan 3 rasa es krim sekaligus, yakni vanilla, strawberry, dan cokelat. Mirip dengan Tutti Frutti, Banana Split juga menggunakan 3 varian es krim berbeda namun dipadukan dengan potongan buah pisang dan tambahan saus cokelat, taburan kacang, dan sukade. Seluruh es krim yang dijual di Ragusa ini dibuat secara home made, hingga memunculkan citarasa yang khas dan unik.


Ragusa

Duta Merlin Lt. 5, Jl. KH. Hasyim Ashari Dalam No. 9, Petojo Utara, Jakarta Pusat

021 – 63864602

© 2019 yukmakan channel