top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Ratu Osing: Destinasi Kuliner & Belanja yang Wajib Dikunjungi di Banyuwangi

Saat sedang berwisata dan berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur tentu kulineran dan belanja oleh-oleh akan jadi suatu kewajiban. Kota di ujung timur pulau Jawa ini pun memiliki berbagai tempat makan menarik yang bisa dikunjungi, baik itu yang berkonsep warungan tradisional maupun yang sudah dikemas modern. Bagi yang ingin kulineran dengan menu berat, membeli aneka kue atau roti, sekaligus belanja oleh-oleh, bisa menjadikan Ratu Osing sebagai pilihan terbaiknya.



Ratu Osing pertama kali buka pada akhir 2019 lalu. Awalnya Ratu Osing berupa restoran yang menyediakan aneka hidangan berbasis olahan seafood sebagai menu unggulannya. Hadirnya badai pandemi, akhirnya mengharuskan usaha ini tutup sesuai dengan aturan pemerintah saat itu. Baru setelah pandemi usai, di tahun 2022 tepatnya di bulan Mei, Ratu Osing pun hadir lagi. Ratu Osing pun tak hanya sekedar restoran lagi, tetapi juga terdapat bakery atau toko roti dan juga toko oleh-oleh.



Jika konsep awal restorannya lebih fokus pada menu seafood, sekarang konsepnya pun berubah. Ratu Osing kini lebih fokus pada hidangan khas Nusantara, khususnya wilayah Jawa. Untuk hidangan seafoodnya tetap masih ada, namun sudah tak sebanyak dulu ketika di tahun 2019. Ratu Osing konsep baru ini pun memiliki deretan khas Nusantara yang bervariatif dan menarik untuk dijajal.


Salah satu menu khas Banyuwangi yang bisa dipesan ada ayam gesrut yang sekilas mirip dengan garang asem. Menu ayam gesrut ala Ratu Osing ini diberi nama Ayam Uyah Asem. Sesuai namanya, menu ini menjadikan daging ayam sebagai bahan utamanya yang dimasak dengan uyah atau garam dan memiliki sensasi rasa asam yang berasal dari belimbing wuluh dan tomat. Sensasi menu satu ini sukses menciptakan sensasi rasa gurih dari daging ayam serta berpadu dengan kuahnya yang terasa asam menyegarkan. Tak ketinggalan, Nasi Tempong khas Banyuwangi juga bisa dijumpai di Ratu Osing ini.



Terdapat juga olahan ayam bakar yang lezat dan juga jadi favorit Wakil Bupati Banyuwangi. Karena sering dipesan oleh Pak Wakil Bupati setiap kali datang ke Ratu Osing, akhirnya ayam bakar ini pun lebih dikenal dengan sebutan Ayam Bupati. Ayamnya empuk dengan bumbu bercitarasa manis gurih yang cocok dijadikan lauk pendamping nasi putih. Ayam bakar spesial ini pun ditemani dengan lalapan dan sambal. Selain ayam, Ratu Osing juga punya menu ikan gurame yang tak kalah menggoda. Menu itu bernama Gurame Ratu Osing yang dibuat dengan aneka bumbu rempah khas lalu dipadukan dengan sambal matah nan aromatik.


Selain resto, Ratu Osing juga memiliki toko roti dan juga toko oleh-oleh. Untuk toko roti menempati lokasi di bagian paling depan. Di sini ada berbagai pilihan roti manis maupun asin dan cake yang ditawarkan. Seluruh rotinya home made dan dibandrol dengan harga yang bersahabat. Bagi pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh khas Banyuwangi, bisa membelinya di Ratu Osing. Area toko oleh-olehnya ada di bagian dalam toko roti/restorannya. Camilan atau oleh-oleh khas Banyuwangi yang wajib dibeli ada Bagiak, yakni olahan berbahan tepung sagu yang diberi rasa keningar atau kayu manis dan rasa lainnya seperti susu atau jahe. Selain itu, juga ada Keripik Tempong, Bolu Tape atau Klemben, hingga Kopi Nisun. Kopi Nisun merupakan salah satu kopi asli Banyuwangi yang berasal dari Meru Betiri dekat Saringan yang ada di wilayah Banyuwangi Selatan.



Ratu Osing ini memiliki kapasitas tempat duduk yang sangat besar. Tak heran, restorannya sering dijadikan pilihan para rombongan wisatawan untuk makan siang ataupun makan malam. Tak hanya rombongan bermobil saja, rombongan dengan bis juga banyak yang datang ke Ratu Osing. Untuk restoran Ratu Osing, buka setiap hari di jam 10.00-22.00 WIb setiap harinya. Sedangkan untuk toko roti dan toko oleh-olehnya buka antara jam 08.00-22.00 WIB.

Commenti


bottom of page