top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Rawon Dinobatkan Sebagai Sup Terenak di Dunia Versi Taste Atlas

Sebagai orang Indonesia, tentu kita sudah tak asing lagi dengan makanan bernawa rawon. Olahan daging sapi berkuah hitam ini menjadi salah satu kuliner khas Jawa Timur. Belum lama ini, tepatnya pada akhir Juli 2023 lalu, rawon dinobatkan sebagai menu sup terenak di dunia versi ensiklopedia kuliner 'Taste Atlas'.



Terpilihnya rawon ini karena menu satu ini memiliki citarasa yang sedap dengan sensasi rasa nan unik. Tampilan kuah yang hitam pada rawon sendiri berasal dari penggunaan kluwak atau kluwek. Selain warnanya yang hitam, penggunaan kluwak itu pun juga menghadirkan sensasi rasa yang khas dan berbeda dengan bahan pangan lainnya. Terpilihnya menu rawon ini pun mengalahkan menu sup spesial lain, seperti shoyu ramen dan tonkotsu ramen asal Jepang serta tom kha gai asal Thailand.


Selain menggunakan potongan daging sapi, rawon juga biasanya ditemani taoge mentah dan taburan bawang goreng. Tak ketinggalan, seporsi nasi putih, telur asin, kerupuk, sambal, dan jeruk nipis akan jadi pendamping setianya. Tak jarang, ada juga yang menambahkan perkedel tempe/mendol, perkedel kentang, tempe goreng, empal sapi, hingga aneka jerohan seperti paru dan lidah sebagai menu tambahan. Sedangkan untuk bumbunya, selain menggunakan kluwak, rawon juga menggunakan bumbu dan rempah lainnya. Sebut saja bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kunyit, jahe, lengkuas, sereh, daun salam, daun jeruk, hingga cabai. Penggunaan bumbu dan rempah yang melimpah ini pulalah yang menjadi kunci kenikmatan dari rawon itu.



Menurut data Kemenkes RI (TKPI), setiap 100 gram masakan rawon mengandung 272 mg kalsium, 3,3 mg besi, 5,4 gram protein dan 153 mg fosfor. Dari data itu, maka menunjukkan bahwa kandungan kalsium, besi, protein, dan fosfor termasuk cukup tinggi. Sehingga, saat mengonsumsi rawon sebagai menu pilihan kita, akan memiliki manfaat yang begitu positif bagi tubuh. Dilihat dari berbagai bahan baku yang digunakan, rawon mampu menjaga kesehatan darah, baik untuk mata karena dapat meningkatkan fungsi penglihatan, mencegah penyakit jantung dan stroke, menyehatkan tulang, dan berbagai kebaikan lainnya.




Comentarios


bottom of page