top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Rawon Kalkulator, Temukan Sensasi Makan Rawon dengan Pengalaman Berbeda

Berkunjung ke Jawa Timur, khususnya Surabaya jangan lewatkan untuk mencicipi ragam kuliner khasnya. Salah satunya yang wajib untuk dijajal adalah olahan sup berkuah hitam pekat bernama rawon. Olahan menu yang menjadikan kluwak sebagai salah satu bumbu utamanya ini bisa ditemukan diberbagai tempat makan di wilayah Surabaya. Salah satunya yang menjadi kunjungan wajib wisatawan saat ke Surabaya adalah Rawon Kalkulator.



Tempat makan satu ini menempati lokasi di Taman Bungkul kawasan Wonokromo, Surabaya. Meski lokasinya bukan layaknya restoran, tapi Rawon Kalkulator ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Pengunjung yang datang pun akan dimanjakan dengan olahan rawon sedap dengan potongan daging sapi yang besar dan tebal. Tak hanya itu saja, ragam lauk dan pendamping lainnya juga siap memanjakan lidah.


Rawon ala Rawon Kalkulator tersaji dalam piring, bukan menggunakan mangkok. Seporsinya terdiri dari nasi putih yang diguyur langsung bersama olahan rawon, taburan taoge mentah, bawang goreng, dan ditemani kerupuk udang. Bagi yang ingin mendapatkan porsi lebih besar, maka bisa memesan dengan pilihan nasi dipisah. Untuk kuah rawonnya berwarna gelap yang memiliki sensasi rasa rempah pas di lidah. Potongan daging sapinya besar dan tekstur dagingnya tidak alot. Bagi pengunjung yang ingin menikmati seporsi rawon dengan lauk tambahan, maka bisa langsung mengambilnya di meja. Beragam lauk yang bisa dipilih antara lain Perkedel Kentang, Tempe Goreng, Tahu Goreng, Telur Asin, Paru Goreng, dan lainnya.


Selain rasa rawonnya yang sedap di lidah dengan harga yang cukup terjangkau, Rawon Kalkulator juga punya keunikan lainnya. Keunikkan dan pembeda Rawon Kalkulator jika dibandingkan dengan penjual rawon lainnya adalah pada proses pembayarannya. Pihak penjual akan melakukan penghitungan yang dilakukan secara manual, tanpa menggunakan bantuan alat hitung alias kalkulator atau semacamnya. Meski proses penghitungan yang manual, namun bisa sangat cepat dan jarang meleset. Hal itu pun sekaligus menjadi poin menarik Rawon Kalkulator untuk dijadikan pilihan kuliner di Surabaya.


bottom of page