top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Redgine, Produk Jahe Merah Berkualitas & Ikon Herbal Indonesia

Brand Redgine yang dipayungi Bintang Toedjoe Inovasi Natural merupakan ekstrak jahe merah asli dan menjadi produk natural. Berbarengan dengan moment Valentine, 14 Februari 2023 lalu, Redgine menyelenggarakan event bertajuk 'Redgine Coffee Mocktail Showcase' yang berlokasi di Titik Temu Café, Cipete, Jakarta Selatan. Acara yang bertujuan untuk memperkenalkan produk Redgine ini pun turut didukung oleh Komunitas Barista Indonesia.



Di acara Coffee Mocktail Showcase kali ini, Redgine mengajak para barista Indonesia untuk berkreasi membuat minuman menggunakan Ekstrak Jahe Merah Premium Redgine sebagai bahan utamanya. Pada kesempatan itu pun Ulfa Uljannah (Barista) serta Zikri Mubarak (Content Creator, Barista, dan Entrepreneur) menunjukkan kebolehannya dalam membuat beberapa minuman yang menggunakan Redgine sebagai salah satu bahannya. Minuman seperti Coffee Negroni Ginger, Apple Pie, dan Sparkling Ginger jadi kreasi minuman yang dibuat oleh Ulfa. Sedangkan Zikri saat itu membuat minuman bernama The Cure dan I Wish Coffee. Melalui acara ini, para barista lainnya dapat terinspirasi dan diharapkan muncul ide ide produk dan minuman yang kreatif, inovatif, menarik, enak, serta kaya manfaat bagi kesehatan bagi konsumen.



Kegiatan seperti ini serta berbagai upaya lainnya terus dilakukan untuk memperkenalkan Redgine, sebagai produk natural otentik Indonesia yang sustainable dan fair trade, sekaligus hasil produksi ekosistem yang traceable dan recorded. Redgine sendiri terjamin memiliki kualitas prima yang sudah diperiksa bebas dari logam berat, residu pestisida, dan aflatoxin yang bisa membahayakan bagi tubuh. Tak hanya itu saja, Redgine pun sudah tersertifikasi Halal. Bintang Toedjoe Inovasi Natural memiliki visi yakni menjadikan Jahe Merah sebagai ikon herbal otentik Indonesia. Untuk itu dibentuklah ekosistem Redgine untuk mendukung keberlangsungan supply dan konsistensi kualitas bahan baku jahe merah.


Ekosistem yang dimaksudkan itu menitikberatkan pada prinsip 3P yakni People, Planet, dan Prosperity. "People di sini lebih ke para petani. Jadi kami memberikan edukasi ke para petani mengenai apa itu jahe merah dan bagaimana menanam jahe merah yang bagus serta berkualitas. Berikutnya Planet itu lebih ke dampak pada lingkungan. Dimana kita menerapkan konsep go green dan memperhatikan proses produksi kita dari hulu ke hilir supaya memiliki dampak positif pada planet tempat kita tinggal. Terakhir adalah Prosperity yakni kita memikirkan perekonomian para petani. Hasil panen jahe merah, kami beli dengan harga tinggi yang bisa membantu perekonomian petani. Maka petani pun punya uang lebih untuk menyekolahkan anak-anaknya. Tak hanya itu saja, kami juga memberikan beasiswa bagi anak petani jahe merah. Jika Korea memiliki ikon herbal gingseng, maka kami harapkan jahe merah pun dapat menjadi ikon herbal otentik Indonesia," terang Lidya Warjaya selaku BU BINA Commercalization Div. Head PT. Bintang Toedjoe.


Ekosistem Redgine itu pun terdiri dari tujuh pilar proses, yaitu pembibitan jahe merah (Nursery), penanaman jahe merah (Cultivation), pasca panen (Post Harvest), ekstraksi atau distilasi (Extraction & Distillation), farmakologi (Pharmacology), komersialisasi (Commercialization), dan pemberdayaan masyarakat (Community Development). Penerapan tujuh pilar ini adalah salah satu upaya perusahaan dalam mendukung kemandirian bahan baku obat di Indonesia, khususnya yang berbasis herbal. Bibit jahe merah yang digunakan merupakan bibit standar unggul yang ditanam di Jawa, Sumatera, dan Lombok. Tak hanya bibit yang baik, para petani juga diedukasi mengenai cara menanam, cara menyiram atau pengairan, hingga waktu panen yang tepat untuk mendapatkan rimpang jahe merah yang sesuai standar dan terdata. Sehingga memiliki manfaat kesehatan yang lebih baik untuk tubuh.



Jahe merah yang siap dipanen, nantinya akan dikirimkan ke sentra panen yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah. Jahe merah kemudian disortir, dicuci, dipotong, dikeringkan, dan dikemas sehingga siap untuk dikonsumsi atau diolah lebih lanjut. Untuk jahe merah Redgine sendiri dihadirkan dalam bentuk jahe merah segar, kering, maupun yang telah diolah menjadi ekstrak ataupun oil yang memiliki kualitas sesuai standar nasional dan internasional. Redgine telah digunakan untuk produk-produk PT. Bintang Toedjoe seperti Bejo Jahe Merah, Bejo Sujamer, hingga Komix Herbal varian yang telah diekspor ke berbagai negara.



Saat ini Redgine yang terdiri dari 3 kemasan yakni 100 gr, 5 kg, dan 20 kg sudah dapat dibeli secara ritel. Salah satunya melalui marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, dan lainnya. Redgine terdiri dari berbagai varian berbeda, mulai dari jahe merah bubuk instan dengan gula aren, jahe merah bubuk, jahe merah ekstrak bubuk premium, jahe merah ekstrak bubuk terstandar, jahe merah ekstrak cair terstandar, jahe merah segar, jahe merah simplisia, dan oil jahe merah.

Comments


bottom of page