• Maria Yuliana Kusrini

Resep – A Coffee Story Siap Membawa Kopi Asli Indonesia Mendunia


Resep – A Coffee Story yang digawangi Cepi Husada, Burhan Abe, dan Antovany Reza menjalin kerja sama dengan 230 petani anggota Kelompok Tani Kopi Bukit Cimanong (KTKBC) di Desa Lebak Muncang Ciwidey, Kabupaten Bandung. Kolaborasi ini terwujud dengan satu tujuan mulia yaitu ingin membawa kopi Indonesia untuk bisa mendunia.


Saat ini biji kopi yang sedang fokus digarap berada di Gunung Tambakruyung dengan ketinggian 1.994 mdpl. Lokasinya ada di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung dan Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat dengan cakupan lahan mencapai lebih dari 200 hektar. Ciwidey sendiri merupakan salah satu daerah dataran tinggi di Bandung, Jawa Barat yang memiliki iklim yang sejuk sekaligus terkenal akan perbukitan yang ditanami berbagai jenis sayur dan buah. Lokasi ini pun jadi salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia.

Kopi yang ditanam di daerah ini seakan menyerap keseluruhan citarasa dari wilayah Ciwidey. Biji kopinya memiliki rasa yang flavorful serta memiliki aroma yang khas. Mulai dari aroma kacang-kacangan, wangi bunga, buah, mempunyai rasa palm sugar, dan sedikit herbal. Sensasi rasa seperti karamel mentega serta manis cokelat akan ditemui di tipe biji kopi ini. Dengan karakter body yang kuat, membuat kopi Ciwidey terasa menyegarkan dengan rasa akhir yang lembut dan tahan lama.

Musim panen 2021 ini, hasil panen biji kopi KTKBC dibeli oleh Nespresso melalui Olam Indonesia. Biji kopi yang dipanen para petani KTKBC di Jawa Barat sub cluster Ciwidey ini akan diolah Olam Indonesia menjadi green bean. Biji kopi ini lalu diterbangkan ke Swiss untuk diroasting oleh Nespresso. Hasil akhir yang dipasarkan perusahaan ini dari kopi Ciwidey adalah kapsul kopi. ”Seperti dapat durian runtuh, kami mendapat hibah dari PLN dan belakangan kontrak dengan Olam untuk Nespresso,” ucap salah satu petani anggota KTKBC.


Resep – A Coffee Story sendiri merupakan sebuah hyperlocal platform berbasis website yang menjadi informasi positif bagi kelompok tani. Melalui kolaborasi itu para petani pun akan mendapatkan informasi mengenai perkembangan teknologi, pasar, pendampingan UMKM atau bisnis lokal untuk godigital. Resep -A Coffee Story sendiri punya 4 program yang telah dipersiapkan untuk kolaborasi ini. Yaitu upaya mengurangi ketergantungan permodalan petani di KTKBC terhadap bantuan kredit, intensifikasi lahan kebun kopi, peningkatan efisiensi & efektivitas produksi kelompok tani & modernisasi peralatan produksi, dan yang keempat adalah perluasan mitra kerja kelompok tani.