• Maria Yuliana Kusrini

RM. Marannu & Semangkok Coto Makassar

Ingin menikmati mantapnya soto khas Makassar atau yang lebih akrab disapa coto Makassar, Rumah Makan Marannu menjadi satu lokasi yang pas untuk didatangi. Telah berdiri sejak tahun 1984 menjadi bukti keeksisan dari tempat makan ini. Sebagai sajian unggulannya, tempat makan ini menawarkan aneka hidangan khas Makassar bercitarasa nikmat dan selalu saja ramai dikunjungi pembeli.


Pemilihan nama Marannu sendiri memiliki artian 'ceria atau bahagia'. Pilihan nama tersebut memiliki maksud agar setiap pengunjung atau pembeli yang datang dan makan di Marannu bisa merasa bahagia atau ceria. Dengan membuat pengunjung merasa bahagia, diyakini akan menjadikan rezekinya pemilik tempat makan pun menjadi baik. RM. Marannu ini memiliki kapasitas hingga 150 orang (kondisi sebelum pandemi) yang beroperasional setiap hari, mulai jam 09.00 - 22.00 WIB.



Ragam hidangan khas Makassar yang ditawarkan cukup komplit. Namun dari sekian banyak pilihan menu yang ada, menu Coto Makassar tentulah yang paling banyak dicari. Coto Makassar ala Marannu ini berisikan daging sapi, aneka jerohan sapi seperti babat, tak ketinggalan juga ada taburan daun bawang dan bawang goreng. Aneka isian itu pun disempurnakan dengan kuah bercitarasa sedap yang kaya akan bumbu rempah. Disantap saat masih hangat menjadikan seporsi Coto Makassar ini begitu istimewa. Ditambahkan dengan kucuran jeruk nipis dan guryuran sambal akan jadi alternatif pilihan tersendiri yang sangat jarang dilewatkan begitu saja.


Resep dari Coto Makassar Marannu ini bisa dikatakan otentik. Karena resep itu diturunkan langsung dari nenek pemilik tempat makan yang memang asli orang Makassar. Tak heran jika Coto Makassar pun jadi menu unggulan di sini. Apabila pengunjung masih merasa penasaran dengan sajian lainnya, maka bisa menjadikan Konro Bakar dan Es Pisang Ijo sebagai menu yang wajib untuk dicoba.


RM. Marannu

Jl. Bulevar Raya Blok TA No. 27, Kelapa Gading, Jakarta Utara

021 – 4520155