top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Santap Yakitori Omakase di Junsei Yakitori and Bar, Senopati, JakSel 

Satu lagi tempat makan baru yang mengusung konsep Jepang hadir di Jakarta. Bernama Junsei Yakitori and Bar, restoran ini menghadirkan olahan Yakitori sebagai menu unggulannya. Menempati lokasi di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, setiap pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan beragam kreasi menu Yakitori yang menggugah selera.


Junsei Yakitori and Bar di Senopati ini menjadi gerai pertamanya di Jakarta. Mengusung gaya intimate dan elegan, restoran ini terinspirasi dari elegannya seni origami. Dimana seni origami itu menyimbolkan harapan dan penyembuhan. Selain itu, nama Junsei sendiri memiliki arti ‘suci’ dalam Bahasa Jepang. Untuk itulah Junsei pun dihadirkan dengan mengusung autentisitas rasa Jepang untuk Indonesia.



Sesuai namanya, restoran Junsei Yakitori and Bar menawarkan hidangan Yakitori. Untuk yakitori sendiri merupakan sebuah metode dalam memanggang daging ayam dengan tusukan sate di atas bara api. Kemudian dimasak menggunakan proses slow cooking dengan menggunakan kayu Sumatra. Kayu ini dipilih karena bara apinya akan menghasilkan panas yang konstan, sedikit asap, dan menghasilkan yakitori lezat bertekstur juicy. Junsei juga menerapkan prinsip ‘zero-waste cooking’. Sehingga Junsei akan selalu memaksimalkan beragam bagian dari ayam untuk digunakan. Termasuk potongan yang jarang dihadirkan, seperti ampela, leher, arteri, hingga jengger.

 

Setiap harinya Junsei akan menghadirkan sekitar 16 jenis satai ayam. Menu itu pun dimeriahkan dengan rotasi delapan bagian lainnya yang unik sebagai ‘daily specials’ yang semuanya bersumber dari ‘free-range prebiotic chicken dan dry-aged chicken’. Junsei juga memiliki saus andalan berupa Saus Tare berumur 60 tahun yang digunakan sebagai marinasi dan olesan di seluruh menu yakitorinya. Beberapa menu Yakitori yang bisa ditemukan di Junsei antara lain Shisomaki  atau Chicken Breast with Shiso Leaves and Umebushi, Seseri atau Chicken Neck with Lemon, Momo atau Grilled Chicken with Tare, Tsukune atau Chicken Meatballs with Yolk and Tare, hingga Grilled Tofu with Ginger, Negi, and Seasoned Soy.

 


Selain Yakitori, pengunjung juga bisa menemukan menu ala Jepang lainnya di Junsei. Ada pilihan menu lain seperti Chicken Skin Chips with Housemade Togarashi and Sea Salt, Rofu Tomato Skewer, Managatsuo, Eryingi Mushroom with Grated Radish and Lemon, Grilled Prawn with Yuzu Kosho and Green Oil, Tebagyoza, dan lainnya. Bagi yang ingin menikmati dessert, Junsei juga punya beberapa pilihan. Salah satunya ada Sticky Toffee Pudding yang lembut. Tak hanya makanan, Junsei juga menawarkan beragam minuman istimewa, mulai dari sake dalam penyajian carafe ataupun cocktail bercitarasa menyegarkan. 

 

Junsei yang dibuka pada bulan Juni 2024 ini dimiliki oleh Chef Aman Lakhiani dan Chef Zach Farr. Keduanya berkolaborasi mendirikan Junsei di London pada tahun 2021 lalu dan kini mengembangkannya di Jakarta. Untuk pengalaman dapur Chef Aman sudah tak perlu diragukan lagi. Ia tumbuh di keluarga pebisnis restoran di Jakarta dan mengantongi sertifikasi sushi chef di Tsukiji Sushi Academy. Junsei London pun telah memiliki reputasi sebagai restoran yakitori terbaik di London, Inggris.  

 

Comments


bottom of page