• Maria Yuliana Kusrini

Sedapnya Tongseng Kicik Pak Jede

Hidangan yang bernama tongseng tentunya sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Namun, bagaimana dengan salah satu varian tongseng yang bernama Kicik? Sepertinya masih belum banyak yang tahu atau mencicipi salah satu varian tongseng itu.


Yang membedakan kicik dengan tongseng pada umumnya adalah kuahnya. Apabila tongseng menggunakan kuah yang terbilang banyak melimpah, namun tidak untuk kicik. Kuah pada kicik cenderung sedikit, nyaris kering. Meski demikian, bahan baku, bumbu, dan cara pengolahan kicik tetap sama dengan tongseng pada umumnya.

Dari sekian banyak tempat makan yang menjual tongseng, rumah makan bernama Sate Klathak Pak Jede Khas Jejeran menyajikan kicik. Tempat makan ini dibuka beberapa tahun lalu oleh Pak Jede yang melanjutkan usaha dan resep warisan buyut mereka. Nama Jejeran sendiri dipilih berdasarkan lokasi atau nama dusun di Imogiri yang terkenal karena kebanyakan warganya berjualan sate klathak.

Tongseng kicik ala Pak Jede ini menghadirkan olahan daging kambing yang sedap. Daging kambing yang telah dipotong kecil-kecil kemudian dimasak dengan menggunakan bumbu serta rempah pilihan, mulai dari bawang merah, bawang putih, kemiri, pala, jinten, daun jeruk, merica, ketumbar, dan lainnya. Sehingga tidak mengherankan jika menghasilkan citarasa kicik yang sedap saat disantap.

Selain bisa menemukan tongseng bercitarasa juara, pengunjung juga bisa menjajal hidangan unggulan lainnya. Yakni Sate Klatak yang empuk dan khas karena tusukannya menggunakan tusukan besi.


Sate Klathak Pak Jede Khas Jejeran

Jl. Nologaten No. 46, Depok, Sleman, Yogyakarta

081228885577

© 2019 yukmakan channel