• Maria Yuliana Kusrini

Sedjenak Coffee & Dive In Suguhkan Ambiens Pantai

Satu lagi kedai kopi berkonsep kafe yang membuka gerainya di kawasan Jakarta. Bernama Sedjenak Coffee & Dive In, kafe ini menempati lokasi di Plaza Semanggi, tepatnya di kawasan North Lobby. Sesuai dengan nama yang digunakan, sudah pasti kopi jadi menu unggulannya yang dikemas dengan ambiens menarik nan nyaman.



Resmi dibuka pada 26 Maret 2021, Sedjenak Coffee diharapkan bisa menjadi tempat berkunjung dan berkumpulnya para penikmat kopi. Untuk jenis kopi yang disuguhkan, Sedjenak Coffee hanya fokus pada jenis kopi Indonesia saja. Pemilihan nama 'Sedjenak' sendiri dipilih karena tempat ini diharapkan bisa dijadikan tempat untuk istirahat sejenak oleh masyarakat sembari menikmati seruputan kopi asli Indonesia.


"Nama Sedjenak kami pilih karena dimaksudkan take a break. Refresh dulu, istirahat dulu sejenak. Berharap dengan sejenak istirahat sehingga nantinya akan muncul ide-ide baru. Kami memaksakan diri untuk rilis di bulan Maret ini karena memang Maret adalah Hari Kopi Indonesia, meski sudah di minggu-minggu terakhirnya Maret. Untuk konsepnya, di sini kami menggabungkan kopi dengan hobi diving," terang Andi Romi Firdaus dan Ririn sebagai owner Sedjenak Coffee & Dive In.


Sedjenak Coffee & Dive In ini memang mengusung konsep unik yang memadukan kopi dengan hobi menyelam. Hal itu juga sesuai dengan target market yang diharapkan oleh owner yang menginginkan kafenya ini menjadi area berkumpulnya para diver atau komunitas diving/menyelam serta komunitas lainnya. Dan tentunya juga dijadikan lokasi untuk ngopi sejenak para penikmat minuman kopi asli Indonesia. Kawasan Semanggi sendiri punya lokasi yang sangat strategis karena ada di Jantung Kota Jakarta yang berdekatan dengan area bisnis dan juga ada universitas.


Kafe yang memiliki kapasitas hingga 100 orang ini dikemas dengan ambiens yang menarik. Di bagian indoornya ada sebuah area yang lantainya dibuat menyerupai pantai. Lantainya ada pasir pantai dengan bagian dinding yang ditempel wallpaper bergambar pemandangan pantai atau laut biru nan indah lengkap dengan kursi berpayung besar. Pengunjung yang memilih duduk di area ini pun serasa menikmati secangkir kopi di tepi pantai. Ambiens ini pun sangat menarik untuk dijadikan lokasi berfoto yang sangat disukai anak-anak muda.


"Konsepnya pantai. Ke depannya ingin jalin kerjasama dengan dinas pariwisata. Kami ada spot foto di dindingnya, wall bakal diganti sesuai permintaan namun dengan tema pantai. Ini pun bisa membantu mengembangkan pariwisata Indonesia," tambah Andi yang dijumpai saat konferensi pers.


Untuk minuman kopinya, Sedjenak Coffee lebih fokus ke jenis kopi klasik. Meski demikian, tetap menyediakan pilihan kopi kekinian yang begitu digemari oleh milenial. Sebagai kopi andalannya ada Manual Brew, V60, Sifon, hingga tubruk. Untuk pilihan biji kopi yang ditawarkan cukup banyak, sekitar 20 jenis. Biji kopi asal berbagai daerah di Indonesia itu seperti Gayo, Toraja, kintamani, Sido kalang, Malabar, Kalosi Enrekang, Karinci, Manglayang, Kamojang, Wamena, dan lainnya. Dari sekian banyak jenis biji kopi yang dimiliki, jenis Gayo yang dijadikan andalan dari Sedjenak Coffee ini.



Selain menyediakan minuman, Sedjenak Coffee juga menyediakan aneka camilan pendamping. Pengunjung bisa menemukan Nasi Goreng Spesial, Mie Tek Tek, Soto Ayam, Seblak, Nasi Gila, Chicken Katsu+French Fries, Chicken Wings, hingga sajian manis seperti pudding. Untuk pilihan manisnya, salah satu yang paling diunggulkan adalah Double Belgium Chocolate Regal Cream Pudding.

Selain itu juga ada pilihan lainnya seperti Aren Cream Pudding, Oreo Cream Pudding, Lotus Cream Pudding, Banoffee Pie, hingga Tiramisu. Beragam menu di Sedjenak Coffee ini pun ditawarkan dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 15.000,- hingga Rp 58.000,- per porsinya.


Memiliki jam operasional antara jam 11.00 - 21.00 WIB setiap harinya, Sedjenak Coffee diharapkan dapat terus menjaga konsistensi dalam menghadirkan varian biji kopinya. Tak hanya itu saja, kiranya juga mampu menyuguhkan minuman kopi Indonesia yang nikmat dan aromatik.


Sedjenak Coffee & Dive In

Plaza Semanggi GF 104, North Lobby,

Jl. Sudirman No. 50, Jakarta Selatan