• Maria Yuliana Kusrini

Selera Nusantara Ramaikan Buka Puasa di Lumire Hotel


Lumire Hotel and Convention Center yang berlokasi di kawasan Senen, Jakarta Pusat memiliki promo buka puasa dengan mengusung aneka sajian khas Nusantara. Promo menarik yang dibandrol dengan harga Rp 150.000,- net per orang itu bisa dijumpai di salah satu restorannya yang bernama Terrazo. Tak hanya bisa menemukan deretan menu spesial, tamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan Kota Jakarta.


Untuk takjil dan sajian manis lainnya, tamu Terrazo ini akan menjumpai sedikitnya 20 macam menu. Mulai dari aneka bubur manis, Kolak, Es Krim, Es Blewah, aneka jajanan pasar seperti Cantik Manis, Lapis Legit, aneka cake berukuran mini, kurma, dan lainnya. Deretan menu bercitarasa manis ini akan dirotasi setiap harinya, sehingga tiap tamu yang datang akan menemukan menu berbeda.


Sedangkan untuk sajian beratnya, tamu Terrazo akan dimanjakan dengan berbagai hidangan khas Nusantara. Sajiannya variatif mulai dari Kwetiau Goreng, Ikan Masak Pesmol, Ayam Bumbu Rica-rica, Selada Ayam Bali, hingga aneka pilihan sambal. Khusus untuk sambalnya sendiri, sedikitnya ada 5 varian sambal berbeda yang tersaji seperti Sambal Matah, Sambal Terasi, Sambal Kecap, Sambal Hijau, Sambal Colo-colo, hingga Sambal Dabu-dabu. Dari sekian banyak jenis sambal itu, setidaknya ada 2 sambal wajib yang akan selalu ada tiap harinya, yakni Sambal Terasi dan Sambal Kecap.


Live cooking pun tersedia di Terrazo yang berlokasi di bagian outdoor di samping kolam renang. Di stall ini, tamu bisa menemukan 5 menu berbeda. Ke-5 menu itu antara lain Kebab, Empek-empek, Aneka Gorengan, Serabi, serta Sop Sosis dan Jamur. Pilihan menu pada live cooking ini pun akan dirotasi setiap harinya, sehingga tamu akan menjumpai menu berbeda tiap harinya. Tak kalah menarik untuk stall minuman, tamu pun akan dimanja dengan pilihan minuman yang cukup banyak variannya. Setidaknya tersedia 5 minuman dingin dan 4 minuman panas yang bisa tamu nikmati. Sebut saja Herbal Teh Bunga Telang, Wedang Jahe, Es Melon, Aneka Infused Madu, dan masih banyak lainnya.


“Ramadan tahun ini, kami mengusung tema ‘Selera Nusantara’ ala pasar malam yang tujuannya adalah mengembalikan memori. Sesuai dengan temanya itu, maka sajian yang ditawarkan merupakan sajian tradisional khas Indonesia. Hal itu dipilih karena makanan Indonesia sudah akrab di lidah dan kebanyakan konsumen kami adalah orang Indonesia yang didominasi dari wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Ramadan itu sendiri kan selalu identik dengan gorengan, bubur manis sebagai takjilnya dan juga aneka jajanan pasar. Menunya akan dirotasi, sehingga menu tidak akan sama setiap harinya,” terang Indra Radjagukguk selaku Assistant Food and Beverage Manager Lumire Hotel and Convention Center.


Promo menarik ini tersedia selama masa Ramadan antara jam 17.00 – 21.00 WIB. Dihadirkan dengan konsep buffet, setiap menu tersaji di tiap-tiap stall. Meski demikian, tamu tidak diperbolehkan untuk mengambil sendiri makanannya, akan tetapi akan dibantu oleh staff dari Terrazo. Buffet buka puasa ini pun telah dijalankan sesuai mengikuti protokol kesehatan yang diberlakukan, seperti jarak sosial minimal 1,5 meter, wajib memakai masker, penyediaan hand sanitizer, dan kapasitas restoran yang dibatasi. Selama pandemi ini, Terazzo hanya menerima tamu sebanyak 125 orang saja, dimana saat masa normal kapasitasnya mampu menampung hingga 250 tempat duduk.