• Novi Amaliyah

Sentuhan Personal Kuliner Thailand

Riceberry Hot Smoked Salmon Salad

Ada hasrat di balik setiap hidangan Thailand yang disajikan, inilah yang menjadi salah satu pesona masakan Thailand. Para chef yang menyajikan selalu merencanakan untuk siapa mereka memasak, apakah untuk acara komunitas, persembahan atau sajian yang sesuai dengan selera keluarga dan orang- orang terkasih.

Kesegaran bahan adalah yang terpenting dalam masakan Thailand, dan bahan yang didapat dari hasil kebun sendiri adalah pilihan terbaik. Tetapi meskipun menjadi koki yang jauh dari kampung halamannya merupakan suatu tantangan, berlimpahnya produk segar sepanjang tahun yang mudah ditemukan di Australia, memudahkan Chef Sujet Saenkham untuk menghidangkan sajian Thailand yang segar dan otentik.

Kuliner Thailand adalah tentang bagaimana memasak hidangan yang lezat, aromatik dan membangkitkan selera dan menyenangkan. Bagaimana keseimbangan rasanya yang tercipta tanpa melupakan bagaimana makanan yang dimakan juga memberikan manfaat kesehatan dengan sentuhan pribadi yang memasaknya. Coba sajian klasik Stir-fry Chicken with Basil, “Semua orang yang memasak hidangan ini memiliki gayanya sendiri. Jadi Anda dapat menikmati keaslian (individu) dari orang yang memasaknya”.

Choo Chee Salmon

Ini adalah suguhan istimewa untuk orang-orang di pedesaan Thailand. Choo Chee biasa diterjemahkan sebagai kari, tepatnya saus kari merah pedas yang kaya akan bahan berupa santan kelapa kental. Kari ini berbeda dari kari merah pekat yang menggunakan lebih banyak air. Kari ini menjadikan salmon sebagai bahan utamanya, namun makanan laut lainnya seperti udang galah atau kakap utuh yang digoreng juga bisa digunakan. Jangan lupa untuk menaburkan potongan cabai dan daun jeruk purut untuk memperkaya aroma zesty yang segar.


Pad Prik Khing Goong

Menu satu ini menggunakan pasta kari merah khas Thailand yang umum dalam tumisan ditambah dengan gula aren dan saus ikan. Kenikmatan udang tumis lezat dengan aroma jeruk yang kuat ini semakin istimewa dengan topping julienne kaffir limes, cracklings atau remahan kacang mede.

Kai Phra Athit

Sebutir telur menjadi bahan umum dari makanan Thailand sehari-hari. Ini menjadi salah satu bentuk penghormatan kepada Almarhum Raja Thailand Bhumibol (King Rama IV) yang dihadirkan dengan sajian olahan telur istimewa dari salah satu menu kerajaan. Menu sederhana dan kreatif ini juga terbuat dari bahan yang mudah ditemukan di rumah seperti telur, nasi, dan saus. Olahan telur satu ini sangat cocok untuk anak-anak dan orang dewasa karena nilai gizinya yang sangat baik. Telur juga mudah diolah dan dipadukan dengan bahan masakan lainnya.


Tom Yum Goong

Kamu bisa membuat sajian Thailand yang terkenal ini sesuai dengan seleramu. Kamu bisa mengganti udang dengan daging ikan atau ayam sebagai bahannya. Daging ayam dengan tulang juga pilihan yang baik. Ada lebih banyak versi Tom Yum di Thailand. Beberapa menambahkan susu evaporasi untuk sup berkrim. Beberapa mungkin memanggang bahannya terlebih dahulu lalu menambahkan santan kelapa.


Thai Sweetcorn Salad

Jagung manis segar juga sangat cocok untuk salad. Ini mirip dengan membuat salad papaya hijau. Citarasa yang bisa dinikmati antara rasa pedas, manis, dan asam dalam satu hidangan. Salad Thailand memang punya citarasa yang enak, rendah lemak, dan menggunakan bahan-bahan alami. Jagung manis pun bisa diganti dengan apel hijau, pir, atau mangga hijau.


Kluay Buat Chi

Makanan penutup yang hangat ini cocok dinikmati saat cuaca dingin. Pisang yang digunakan bisa diganti dengan bahan lain seperti ubi ungu atau labu kuning. Kelembutan dan manisnya pisang berpadu gurihnya santan. Santan juga memberi lebih banyak manfaat gizi dan sebagai sumber lemak sehat. Semua bahan ini pun dapat dengan mudah ditemukan di supermarket lokal.

Pla Tod Samunprai

Sausnya terbuat dari gula aren, saus ikan, dan asam. Menu yang lezat ini bisa dinikmati bersama seluruh anggota keluarga di rumah. Menu ini berupa fillet barramundi yang digoreng dengan saus bercitarasa asam manis yang di atasnya ditaburi topping berupa campuran herbal Thailand yang memiliki manfaat kesehatan.

Riceberry Hot Smoked Salmon Salad

Riceberry yakni beras ketan hitam khas Thailand yang sangat terkenal ini sangat sehat dan bebas gluten. Menu ini dimasak dengan ikan trout atau udang. Buah pir bisa juga diganti dengan nektarin atau buah persik untuk menambah rasanya. Citarasanya sedikit pedas dengan paduan segar buah-buahan, asin, asam, dan umami. Nikmati salad bercitarasa mewah dan kayarasa dengan sentuhan Thailand ini. Riceberry adalah beras ketan khas Thailand yang berbulir panjang, tinggi serat, kaya kandungan antioksidan dan nutrisi. Teksturnya lembut, sedikit kenyal dengan aroma yang manis.


Thai SELECT diberikan pada restoran Thailand di luar negeri yang sudah mendapat persetujuan oleh Departemen Promosi Perdagangan Internasional (DITP), Kementerian Perdagangan, Thailand. Tujuannya untuk meningkatkan pengakuan restoran Thailand berkualitas di seluruh dunia sekaligus mendorong pemilik restoran untuk meningkatkan kualitas dan mempertahankan keaslian makanan Thailandnya.


Jadi kemanapun kamu jalan-jalan, carilah restoran dengan logo Thai SELECT untuk mendapatkan masakan Thailand yang lezat dan otentik. Disajikan dengan suasana yang menyenangkan serta keramah-tamahan serta senyuman. Tidak hanya sekedar menikmati makanannya tetapi juga merasakan pengalaman perjalanan serta budaya Thailand. Mencari sajian Thailand otentik, carilah Thai SELECT.


Look for AUTHENTIC THAI CUISINE, look for Thai SELECT


Written by www.asianinspirations.com.au

Translated by www.yukmakan.com

© 2019 yukmakan channel