• Maria Yuliana Kusrini

Si Manis Carica, Oleh-oleh Khas Wonosobo, Jawa Tengah

Wonosobo dikenal akan udaranya yang sejuk karena lokasinya yang berada di pegunungan. Dilingkupi dua gunung, yakni Sumbing dan Sindoro serta dataran tinggi Dieng sehingga menjadikan Wonosobo punya beberapa kekhasan yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya. Salah satunya adalah tanaman bernama carica yang sekilas tampilannya mirip dengan buah pepaya namun ukurannya lebih kecil dengan citarasa cenderung asam.



Buah carica ini pun diolah menjadi manisan dan dikemas sehingga sukses jadi salah satu oleh-oleh khas Wonosobo. Untuk diolah menjadi manisan carica, maka buah yang dipilih adalah buah yang belum terlalu matang alias mengkal, sehingga teksturnya masih kenyal. Setelah dikupas dari kulitnya, daging buah carica dipisahkan dari bijinya kemudian dicuci menggunakan air bersih. Agar punya rasa manis, daging carica direbus sebentar bersama dengan air gula. Baru setelahnya dikemas dan bisa dinikmati oleh masyarakat luas.


Carica khas Wonosobo ini pun diproduksi rumahan dan tersedia dengan beberapa merek berbeda. Salah satunya adalah Carica Gemilang yang dibawahi oleh CV. Gemilang Kencana. Berlokasi di Dusun Siyono, Bojasari, Wonosobo di tempat ini pengunjung bisa membeli produk carica sekaligus menyaksikan proses pembuatan carica dari proses awal hingga akhir. Bersama dengan rombongan HAM Overland de Java, produksi Carica Gemilang pun bisa diulik lebih dalam.



Carica Gemilang menggunakan buah carica yang dipetik langsung dari pohonnya dengan tingkat kematangan 80%. Hal itu dipilih karena tekstur caricanya masih mengkal dan akan menghasilkan daging buah yang kenyal. Setelah dipetik, carika pun dikupas dari kulitnya. Kemudian daging buah akan dipisahkan dari bijinya dengan cara dikerok. Sebelum dibuang, biji itu disaring dan didiamkan sesaat untuk diambil sarinya. Dan sari itulah yang nantinya akan menjadi campuran dari si daging carica.



Setelah dicuci menggunakan air bersih, daging carica dipotong berukuran lebih kecil dan direbus selama 2-3 menit dengan air gula. Ketika sudah dingin, daging buah carica dimasukkan dalam kemasan bersamaan dengan sarinya. Lalu kemasan itu ditutup atau dipress. Sebelum dijual, produk dibiarkan selama seminggu untuk memastikan jika produk ini layak untuk dikonsumsi dan tidak mengalami kerusakan pada kemasan ataupun isiannya.


Produk Carica Gemilang ini tersedia dalam dua kemasan berbeda. Yakni kemasan kecil dalam cup plastik yang akan bertahan selama 8 minggu dan kemasan botol kaca yang akan bertahan hingga 2 tahun lamanya. Produk ini ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau dalam kemasan yang mudah dibawa untuk dijadikan oleh-oleh.