top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

SIAL Interfood 2022, Pameran Industri F&B Terlengkap dan Terbesar di Tanah Air

SIAL Interfood merupakan pameran makanan dan minuman (F&B) Internasional terbesar dan terlengkap yang kembali diadakan di Tanah Air. Tahun 2022 ini, perhelatan akbar ini dilangsungkan pada 9-12 November 2022 yang bertempat di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Opening ceremonial yang dilangsungkan secara meriah pada 9 November 2022 kemarin menjadi perayaan SIAL Interfood yang ke-20.


Masih sama dengan event-event sebelumnya, Sial Interfood ini dapat berlangsung berkat jalinan kerjasama antara SIAL Interfood dengan KRISTA Exhibitions. Kolaborasi antara dua kekuatan yang terkuat di bidang pameran industri makanan dan minuman, yakni SIAL Group ini pun selalu saja sukses dan menarik banyak minat pelaku industri F&B. Pameran makanan dan minuman dengan jaringan terbesar di dunia dengan 55 tahun berpengalaman dan Interfood ini digelar bersamaan dengan pameran F&B License Franchise, SeaFood Show of Asia, INAShop Expo, dan lainnya.



Kesuksesan SIAL Interfood 2022 juga mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, hingga Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Tak ketinggalan juga ada dukungan dari berbagai asosiasi terkemuka, seperti Gabungan Pengusaha Makanan Minuman (GAPMMI), Asosiasi Pengusaha Pengolahan Dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (AP5I), Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Association of Culinary Professionals (ACP), Indonesian Chef Association (ICA), Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI), Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia (PPJI), Asosiasi Teh Indonesia (ATI), Dewan Kakao Indonesia (DEKAINDO), Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), Gabungan Eksportir Kopi Indonesia (AEKI), Perkumpulan Petani dan Penggiat Kopi Indonesia (Asosiasi Kopi Indonesia-ASKI), Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI), Federasi Pengemasan Indonesia (IPF), dan lainnya.


Pameran SIAL Interfood 2022 kali ini diikuti lebih dari 750 perusahaan di bidang Kuliner dan HORECA. Perusahaan yang mengikuti pameran ini berasal dari 27 negara. Sebut saja Indonesia, Australia, Belanda, China, India, Iran, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Korea Selatan, Malaysia, Mesir, Oman, Pakistan, Palestina, Prancis, Polandia, Saudi Arabia, Singapura, Taiwan, Thailand, Turki, Uruguay, USA, Vietnam, dan Yunani.


“Pameran Sial Interfood merupakan pameran yang tepat untuk mempromosikan makanan dan minuman Indonesia yang berpotensi untuk dikenal hingga pasar mancanegara. Selain itu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ikut serta di pameran ini dapat memperluas jaringan serta meningkatkan bisnis hingga go internasional,” terang Daud D Salim selaku CEO Krista Exhibitions dalam sambutannya pada Opening Sial Interfood 2022.


Pameran Sial Interfood 2022 ini kembali memamerkan berbagai jenis produk unggulan makanan dan minuman sampai pada kemasannya. Sebut saja makanan olahan, bahan dasar susu dan keju, daging dan daging olahan, ikan dan hasil laut lainnya, buah sayuran, teh, gula, cokelat, makanan dan minuman kebugaran dan kesehatan, makanan beku, es krim, gelato, pizza, makanan organik, makanan siap saji, makanan kalengan, bahan untuk bakery, produk beralkohol, dan lainnya. Tak hanya makanan dan minuman, pameran juga menyuguhkan berbagai mesin, peralatan, dan aksesoris terbaru untuk memasak dan produk inovatif lainnya.


Krista Exhibitions sebagai pihak penyelenggara pameran ini, menargetkan pameran akan dikunjungi oleh 82.000 pengunjung dari dalam dan luar negeri. Selama pameran berlangsung, pecinta kopi juga dapat mengikuti acara Indonesia Coffee Art Battle. Kegiatan ini menjadi sebuah perayaan bagi para pelaku industri kopi Tanah Air, mulai dari hulu hingga hilir dengan menghadirkan pasar kopi, coffee competition, hingga coffee village. Indonesia Coffee Art Battle ini diharapkan dapat memberikan kelanjutan yang baik bagi para pelaku industri kopi. Tak hanya kopi, juga ada berbagai kegiatan lainnya yang dihadirkan bersama chef, organisasi, asosiasi, pakar di bidang industri makanan dan minuman terkemuka, juga praktisi di bidang kuliner dan gastronomi bertaraf Internasional.

bottom of page