• Maria Yuliana Kusrini

Soto Ayam Bokoran yang Aromatik, Tak Pernah Sepi Pengunjung

Semarang punya beberapa spot kuliner yang menarik di kunjungi. Bagi penikmat sajian berkuah, tepatnya soto, wajib untuk mendatangi sebuah kedai soto bernama Soto Ayam Bokoran. Berlokasi di kawasan Semarang Tengah, kedai soto ini menjadi salah satu soto legendarisnya Kota Semarang.

Berupa kedai makan berkonsep sederhana, Soto Ayam Bokoran ini selalu saja terlihat ramai pengunjung. Deretan meja panjang dengan tempat duduk selalu saja ditempati pengunjung. Meski selalu ramai dan hanya diberi penghalau panas berupa kipas angin, namun setiap pengunjung tetap saja asyik menikmati setiap mangkok soto pesanan mereka.

Semangkok Soto Ayam Bokoran ini terdiri dari nasi putih, suwiran ayam, soon atau bihun, potongan daun bawang, dan juga bawang putih goreng. Kuahnya berwarna agak kecoklatan berkat penggunaan berbagai bumbu serta campuran kuah dari sate jerohan. Kuah soto ini punya aroma yang menggugah selera dan membangkitkan selera makan. Rasanya pun nikmat dan terasa gurih di suapan pertama. Untuk nasi putihnya juga bisa dipesan secara terpisah.

Menikmati soto ini jangan lupa dipadukan dengan berbagai kondimen wajibnya, ada sambal, kecap manis, dan jeruk nipis. Bisa ditambahkan sesuai selera masing-masing. Soto ini pun akan semakin nikmat jika disandingkan dengan lauk pendamping lainnya yang ditawarkan di kedai ini. Misalnya saja Sate Jerohan yang disajikan dengan kuah melimpah berwarna kecoklatan, ada juga potongan telur ayam yang dimasak pindang atau kuah kecoklatan, perkedel kentang, hingga tahu dan tempe goreng.

Soto Ayam Bokoran

Jl. Plampitan No. 55, Semarang

024 – 3567402

© 2019 yukmakan channel