• Maria Yuliana Kusrini

Soto Ayam Cak To, Berlokasi Ngumpet Tapi Selalu Diburu Penikmatnya

Ada salah satu kuliner legendaris di Surabaya yang tidak pernah sepi pengunjung bernama Soto Ayam Cak To. Salah satu outletnya menempati area yang lumayan ngumpet, dan diharuskan berjalan kaki untuk mendatanginya. Masuk ke dalam sebuah gang yang hanya bisa dilalui sepeda motor, tak lantas meredupkan pamornya yang sudah bersinar sejak pertama kali buka di tahun 1985.

Tampilannya tidak terlalu heboh layaknya restoran, namun hadir sederhana dengan mengusung konsep rumahan. Areanya pun tidak terlalu luas yang dipenuhi dengan beberapa deret meja dan kursi tanpa sandaran. Ada beberapa kipas angin yang terlihat menempel di dinding, jadi pengusir panas para pengunjung yang menikmati olahan soto ayam di sini.


Soto Ayam sudah pasti jadi jualan utama di sini. Sotonya berisikan potongan ayam yang melimpah, soon, potongan telur rebus, seledri, potongan kulit ayam, dan nasi yang bisa dipesan terpisah atau bisa juga dicampur dengan sotonya langsung. Kuahnya bening berwarna keruh kekuningan yang terbuat dari campuran kaldu ayam serta berbagai bumbu rempah. Tidak ketinggalan, di setiap meja ada bubuk koya yang bisa ditambahkan sendiri oleh setiap pengunjung. Begitu pun dengan berbagai kondimen lainnya seperti sambal, kecap, ataupun potongan jeruk nipis.

Semangkok soto legendaris ini menghadirkan citarasa lezat yang tak terkata. Rasa gurih pada cecapan pertama disusul dengan aroma bumbu yang menggetarkan. Sensasi panas dari sotonya akan semakin menambah nikmat saat menyantapnya. Ditambah kucuran jeruk akan lebih menyegarkan citarasanya serta penyuka citarasa pedas bisa menambahkan sambal ke dalamnya.

Jadi jika sedang berkunjung ke Kota Surabaya, jangan lupa untuk mampir ke Soto Ayam Cak To yang melegenda dan selalu ramai pengunjung ini ya! Lalu cicipi sendiri bagaimana kelezatan dari semangkok Soto Ayamnya yang selalu bikin pengunjung rela untuk datang dan makan di sini.

Soto Ayam Cak To

Jl. Undaan Wetan Ngemplak 1 No. 36, Surabaya

031 – 5317845

© 2019 yukmakan channel