• Maria Yuliana Kusrini

Soto Khas Semarang Berkuah Bening Buatan Pak Man

Indonesia memang sangat kaya akan kuliner dan setiap daerah pun memiliki kuliner khasnya masing-masing. Dari sekian banyak menu yang ada, sajian bernama soto bisa dikatakan sebagai salah satu menu yang bisa ditemukan di tiap pelosok daerah. Tentunya, tampilan, isi, serta citarasa dari soto itu punya keberagaman dan cirinya tersendiri.

Begitu pun bila sedang berkunjung ke Kota Semarang. Menu soto juga bisa ditemukan di kota yang menjadi ibukota provinsi Jawa Tengah itu. Karakteristik soto ala Semarang itu berkuah bening, menggunakan soon atau bihun, dan menambahkan potongan tomat segar di dalamnya. Nah, ingin mencicipi segarnya soto khas Semarang, maka bisa datang ke tempat makan bernama Soto Ayam Pak Man yang menyajikan menu soto sebagai menu unggulannya.


Seporsi soto di sini disajikan dalam mangkok berukuran kecil yang biasa digunakan untuk menyajikan soto ala Kudus. Sebagai isiannya, terdapat suwiran ayam, soon, taoge, daun bawang, potongan tomat, seledri, dan juga taburan bawang goreng. Kuahnya begitu bening, mirip seperti kuah sop. Citarasa soto ini sekilas juga menyerupai rasa sayur sop, namun rasa ladanya begitu mendominasi. Nasi putih pun juga bisa dipesan secara terpisah ataupun juga bisa dicampurkan ke dalam sotonya.

Untuk kian menambah citarasa, maka bisa menambahkan kucuran jeruk, sambal, ataupun kecap manis. Tak lengkap rasanya jika makan soto namun tidak ditemani dengan berbagai lauk pendampingnya. Pak Man juga menyediakan berbagai lauk yang ada di tiap meja, mulai dari Sate Telur Puyuh, Sate Ati Ampela, Sate Usus, Perkedel, Tahu/Tempe Goreng, Kerupuk, dan lainnya.

Berdiri sejak tahun 1978, Soto Ayam Pak Man ini cukup populer dan masuk jajaran kuliner legendaris di Semarang. Tak heran outletnya pun sudah banyak dan tersebar di beberapa area di kota tersebut. Pelanggannya pun cukup banyak, termasuk para pejabat, artis, hingga tokoh publik lainnya.

Soto Ayam Pak Man

Jl. Pamularsih Raya No. 32, Semarang

081228277896



© 2019 yukmakan channel