• Maria Yuliana Kusrini

Soto Kudus & Pindang Ayam Pak H. Sulichan

Pecinta kuliner Tanah Air, tentu tidak akan pernah melewatkan untuk menyusuri dan mencicipi sajian khas daerah setempat jika sedang mengunjungi sebuah tempat. Jika sedang berkunjung ke Kudus, Jawa Tengah, tentunya harus dan wajib untuk mencicipi salah satu hidangan khasnya, yakni Soto Kudus.

Ada banyak tempat makan yang menjadikan soto sebagai hidangan utamanya. Dan dari sekian banyak itu, Warung Pak H. Sulichan menjadi salah satu tempat makan yang wajib untuk dikunjungi. Warung soto ini menempati lokasi sederhana di area pasar bernama Taman Bojana dekat Alun-alun Simpang Tujuh Kota Kudus. Di area ini ada banyak warung makan yang menjajakan berbagai menu, meski kebanyakan memang menjajakan soto sebagai menu unggulannya.


Warung Pak Sulichan ini selalu nampak ramai pengunjung. Setiap pengunjung terlihat asyik menyantap semangkok soto pesanan mereka tanpa peduli dengan rasa panas dan keringat yang mengucur di dahi. Itu semua dilakukan demi mendapatkan semangkok soto nikmat dan masyur ini.

Warung Pak H. Sulichan menjadikan Soto Ayam, Soto Kerbau, dan Pindang Ayam sebagai menu istimewa. Soto Ayam dan Soto Kerbau tersaji dalam mangkok kecil dengan isian yang begitu penuh. Soto Ayam berisikan suwiran ayam kampung yang melimpah, nasi putih, taoge, kubis, seledri, dan taburan bawang putih goreng. Kuahnya bening dengan citarasa bumbu rempah yang pas dan nikmat di mulut. Begitu pun dengan Soto Kerbaunya, isiannya hamper sama dengan Soto Ayam, hanya saja suwiran ayamnya diganti dengan potongan daging kerbau. Daging kerbaunya tidak keras alias empuk saat dimakan.

Untuk menambah citarasa, semangkok soto itu pun bisa ditambahi dengan kucuran jeruk nipis ataupun sambal. Namun, tanpa ditambah apapun, rasanya sudah lezat. Sebagai teman makan soto, tersedia perkedel, sate telur puyuh, hingga kerupuk kulit yang tersaji di atas meja. Makan soto pun akan semakin nikmat bukan kepalang.


Pindang Ayam di sini juga tak kalah menggoda lho! Bahkan, menu ini sebenarnya jadi menu unggulannya Pak H. Sulichan. Pindang Ayam memang punya tampilan yang kurang menggugah selera, tapi urusan rasa, wah jangan ditanya lagi ya. Memang enak dan lezat. Disajikan dalam piring yang dialasi daun pisang, isiannya berupa suwiran daging ayam (ayam kampung), daun so atau daun melinjo, serta guyuran kuah pekat berwarna pucat. Kuah bercitarasa gurih ini kaya akan bumbu rempah dan menggunakan santan sebagai salah satu bahannya.

Warung Pindsot Pak H. Sulichan (Soto Kudus Pak H. Sulichan)

Taman Bojana No. 30, Simpang Tujuh, Kudus



© 2019 yukmakan channel