• Maria Yuliana Kusrini

Soto Madura & Soto Buntut Jadi Favorit Soto Madura Juanda

Tempat makan yang dikenal dengan sebutan Soto Madura Juanda ini awalnya memiliki nama berbeda, yakni Soto Madura Asli. Nama yang kini disandang ‘Soto Madura Juanda’ secara tidak langsung diberikan oleh pelanggan dari tempat makan ini. ‘Soto Madura’ karena itu jadi menu favoritnya sedangkan ‘Juanda’ karena lokasinya yang ada di Jalan Juanda. Alhasil, nama Soto Madura Juanda pun lebih dikenal daripada nama aslinya.


Buka sejak 1987, tempat makan ini memang menjadikan olahan Soto Madura sebagai salah satu sajian unggulannya. Variasi dari si Soto Madura ini pun ditawarkan dengan beberapa pilihan, mulai Soto Daging, Soto Buntut, Soto Ayam, dan lainnya. Untuk Soto Daging dan Soto Buntut menggunakan kuah yang sama. Kuahnya kental berempah karena penggunaan bumbu dan sumsum sapi. Kuah berwarna kecokelatan ini tidak berlemak dan tidak menggunakan tambahan santan ataupun susu. Kuah sedap memikat ini diperkuat dengan isiannya yang juga terasa sedap, yakni daging sapi dan aneka jerohan sapi.

Sedangkan untuk yang menginginkan pilihan Soto Buntut, pembedanya hanya terletak pada isiannya saja. jika Soto Daging berisikan daging sapi dan jerohannya, maka Soto Buntut berisikan buntut sapi. Tidak ketinggalan taburan bawang goreng dan seledri ditambahkan sebagai penambah selera. Jika ingin menyantapnya dengan nasi putih, maka pengunjung tinggal mengambil nasi putih yang sudah tersedia pada setiap meja. Nasi Putihnya istimewa, karena dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Sehingga saat menambahkannya dalam mangkok soto, maka aroma khas nasi berbungkus daun pisang akan tercampur dengan sotonya yang panas berempah.

Soto Madura Juanda ini buka setiap hari dengan jam operasional 07.00 – 22.30 WIB. Selain masakannya yang sedap dan banyak pilihan, tempat ini memiliki lokasi yang sangat strategis. Tidak mengherankan jika Istana Negara pun menjadikan tempat makan ini sebagai salah satu hidangan favoritnya. Tak hanya istana, jajaran pemerintah lainnya, selebritis dan musisi Tanah Air, hingga tamu negara pun banyak yang datang ke tempat ini. Hal itu pun diabadikan dengan deretan foto serta coretan kesan pesan atau tanda tangan para tokoh tersebut yang terpampang di dinding dalam restoran.

Soto Madura Juanda

Jl. Juanda No. 16, Jakarta Pusat

021 – 3505673

© 2019 yukmakan channel