• Maria Yuliana Kusrini

Super Indo Hadirkan Produk Hewani Sesuai Standarisasi Keamanan Pangan


Tak terasa, sebentar lagi sudah mendekati Hari Raya Idul Fitri. Tentunya masyarakat luas akan mulai disibukkan dengan berbagai persiapan, khususnya untuk aneka hidangan istimewa yang akan disajikan sekaligus dinikmati oleh anggota keluarga. Super Indo sebagai salah satu supermarket yang ada di Tanah Air pun terus berkomitmen untuk menghadirkan produk berkualitas, sehat, dan pastinya aman.


Di moment Hari Raya ini, Super Indo menjamin komoditas pangan yang berasal dari hewan yang tersedia di semua gerai. Hal itu diwujudkan dengan mendapatkan Nomor Kontrol Veteriner (NKV) karena telah memenuhi standar keamanan pangan segar yang sehat dan aman sesuai regulasi pemerintah. Bahan pangan segar yang tersertifikasi NKV itu antara lain produk telur, susu, dan daging. Setiap kali moment Idul Fitri hadir, aneka bahan segar seperti daging dan telur memang cukup banyak dicari dan dijadikan bahan masakan menu unggulan keluarga Indonesia.

“Telur ayam merupakan produk asal hewani yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Selain dapat dijadikan makanan pokok, telur ayam juga dapat menjadi bahan tambahan dalam membuat makanan. Oleh karena itu, kami akan berusaha menjadi tempat belanja yang lebih baik dan mengupayakan standar keamanan pangan, baik dalam menyambut moment Idul Fitri kali ini ataupun dalam keseharian nantinya. Super Indo kini menyediakan telur ayam yang bersertifikat NKV sebagaimana diatur oleh pemerintah Indonesia. Selain telur ayam yang telah tersertifikasi NKV, Super Indo juga menyediakan telur bebas kandang sekat (cage-free eggs). Kalau menurut psikologi hewan, ayam akan lebih bahagia dibandingkan dengan ayam yang ditempatkan di kandang yang berukuran kecil,” ungkap Yuvlinda Susanta selaku Head of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo.


Cage-free eggs sendiri dihasilkan dari peternakan ayam yang ayam-ayamnya dibiarkan bebas di dalam rumah ayam yang besar, tanpa sekat-sekat kandang yang biasanya memisahkan ayam. Dengan hidup di kandang yang lebih luas, kesejahteraan ayam dapat lebih terjaga, hidup lebih nyaman dan alami sehingga dapat memberikan telur yang lebih berkualitas. Telur bebas kandang sekat ini tersedia mulai Maret 2021 di 15 gerai Super Indo. Ke depannya, tepatnya di tahun 2021 ditargetkan cage-free eggs tersedia di seluruh gerai Super Indo.