© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

The Best Menu's at Al Nafoura

Al Nafoura menjadi salah satu restoran di Jakarta yang menghadirkan deretan menu khas Timur Tengah, mulai dari Arab, Turki, Maroko, Mesir, dan lainnya. Hidangan yang disajikan pun memiliki citarasa khas dan otentik sesuai dari rasa asli asal masakan tersebut. Masakan berbahan baku domba dengan penggunaan rempah yang kuat menjadi ciri dan kekhasan dari aneka hidangan di restoran yang menjadi bagian Hotel Le Meridien Jakarta itu.

Sajian unggulan di sini adalah Haruf Ouzi yang adalah lamb shank. Menggunakan bagian betis domba, sajian ini dimasak dengan 2 proses pemasakan, direbus dan oven. Proses perebusannya memakan waktu selama 4-5 jam menggunakan berbagai macam rempah seperti kayu manis, kapulaga, batang seledri (impor), merica, garam, dan lainnya. Setelah melewati proses perebusan, dilanjutkan dengan panggang menggunakan oven selama 5 menit dengan suhu sekitar 180°C yang sebelumnya dilakukan proses marinate dengan beberapa bumbu.


Proses pemasakan daging yang lama serta penggunaan rempah melimpah menjadikan Lamb Shank ini terasa empuk dan bebas dari bau prengus. Tidak perlu menggunakan pisau saat memotong dagingnya, cukup menggunakan garpu atau sendok saja. Dagingnya saja sudah terasa lezat, berbumbu, dan membuat siapapun mampu menghabiskannya sendirian. Lamb shank ini ditemani dengan saus bernama Laban Sauce atau yang juga dikenal sebagai saus yogurt serta pendamping berupa Oriental Rice. Oriental Rice merupakan nasi arabic atau nasi kebuli yang kaya akan rasa dan aroma rempah, pada bagian atas nasi diberikan tambahan kacang mede yang renyah.


Hidangan domba yang tak kalah lezat lainnya bernama Dalah Haruf Ma Mahachi. Menggunakan bagian dada domba atau lamb chop yang dibumbui dengan berbagai rempah lalu dibakar. Lamb chop ditemani dengan saus homemade dan stuffing rice yang dimasukkan dalam terong, timun, dan tomat. Sausnya bercitarasa segar yang terbuat dari tomat dan aneka bumbu seperti bawang putih, bawang bombay, kayu manis, cumin, daun salam, garam, dan merica. Lamb chop empuk dan memiliki citarasa lezat.


Kofta Kebab menyerupai sate dari gilingan daging berbumbu yang ditemani dengan Garlic Sauce dan Oriental Rice atau kentang goreng. Dagingnya terasa lembut dengan rasa bumbu rempah yang pas di mulut. Taburan potongan daun parsley di bagian atasnya semakin menambah aroma khas. Dicocolkan dalam saus memunculkan sensasi makin nikmat.

Olahan kari juga tidak pernah lepas dari kuliner Timur Tengah. Seperti sajian bernama Tajan Laham Ma Prunes yang dihadirkan dalam Maroko Style. Sajian ini memiliki tampilan menyerupai kari, namun berkuah lebih encer. Dimasak selama 4-5 jam dengan menggunakan banyak bumbu rempah, sajian ini disajikan bersamaan dengan kuskus. Tajan Laham Ma Prunes ini hanya bisa dipesan secara khusus alias tidak ada di dalam buku menu. Al Nafoura Le Meridien Jakarta, Jl. Jend. Sudirman Kav. 18-20, Jakarta

021 – 2513131