• Novi Amaliyah

Tips Praktis Membuat Steak Tuna


Bosan dengan olahan ikan goreng atau gulai ikan kamu bisa mencoba membuat sajian istimewa di rumah dengan menghidangkan steak ikan tuna. Belum pernah mengolah ikan tuna sebelumnya? tak usah khawatir, kamu bisa mengikuti langkah dan tips praktis membuat ikan tuna di bawah ini.


Tips praktis ini akan membantu kamu membuat steak ikan tuna dengan tampilan seperti dalam sajian menu restoran, dimana bagian luar ikan tuna berwarna kecoklatan dan sedikit merah muda pada bagian dalamnya. Untuk saus pendamping kamu bisa menyajikannya dengan chimichurri yang segar atau saus oriental seperti sweet chilli Thai sauce ataupun spicy tare khas Jepang, sesuaikan saja dengan seleramu. Selamat mencoba!

  1. Bumbui steak tuna dengan garam dan sedikit merica dan taburi dengan minyak zaitun. Gosokkan garam, merica, dan minyak ke kedua sisi steak.

  2. Panaskan wajan antilengket dengan api sedang hingga panas. Tambahkan steak tuna dan tahan godaan untuk memindahkannya.

  3. Setelah 1 ½ – 2 menit, periksa sisi yang menyentuh wajan dengan potongan ikan. Saat tampak cokelat dan mudah lepas dari wajan, berarti panci siap untuk dibalik. Jika menempel di wajan, biarkan selama 30 detik lagi, lalu periksa kembali dengan hati-hati.

  4. Balik dengan hati-hati dan panggang sisi lainnya selama sekitar 1 ½ – 2 menit, atau sampai steak berwarna kecoklatan dan mudah lepas dari wajan.

  5. Taruh di piring untuk istirahat selama 1 menit sebelum disajikan.

  6. Idealnya, jika ingin steak tuna memiliki ketebalan sekitar 2cm / ¾ sehingga sedikit merah muda di bagian tengah saat dimasak. Jika lebarnya berbeda, sesuaikan waktu memasak