• Maria Yuliana Kusrini

Trial Opening Halo Sustainable Resort Karimunjawa

Halo Sustainable Resort yang dipayungi PT. Kunci Jaya Indonesia sudah dibuka dan siap memanjakan setiap tamu yang berkunjung ke Karimunjawa. Trial openingnya sendiri telah dilakukan mulai Jumat, 12 Februari 2021 lalu.

Resort berkonsep eco tropical dan semi outdoor ini menempati area seluas 2,5 hektar. Selama masa ‘trial opening’, pembangunannya baru sekitar 80% dan ditargetkan akan selesai semua di tahun 2023 nanti. Untuk bangunannya memiiliki 3 fase, yaitu area eksisting, konservasi, dan resort apung. Meski pembangunannya belum selesai 100%, namun tamu yang datang dan menginap di resort ini akan menemukan suasana berbeda yang nyaman dan menyenangkan.



Wilayah Karimunjawa sendiri memang dikenal akan pemandangan pantainya yang indah. Air yang bening kebiruan dengan pantai bersih berpasir putih tentu jadi daya tarik bagi setiap orang. Halo Sustainable Resort Karimunjawa ini juga dilengkapi dengan garis pantai sepanjang 150 meter di area belakang resort. Hal ini tentunya akan memanjakan setiap tamu yang datang, khususnya bagi mereka pecinta pantai.


Resort ini pun fokus pada konservasi alam yang punya tujuan begitu baik, untuk mengurangi kadar emisi. Tak hanya itu saja, dengan hadirnya Halo Sustainable ini diharapkan dapat mengedukasi para tamu mengenai bagaimana kehidupan yang dapat berguna bagi makhluk lain. Keunikan dari resort ini juga dapat dilihat dari rumah burung setinggi 18 meter yang sekaligus dijadikan ikon dari Halo Sustainable Resort Karimunjawa.


Resort ini juga memiliki restoran yang diberi nama The Haven. Dihadirkan dengan ambiens yang nyaman dan menarik, tamu akan dimanjakan dengan berbagai hidangan istimewa dan spesial. Olahan seafood pun menjadi salah satu hidangan unggulannya yang wajib dipesan oleh setiap tamu. Begitu juga dengan minumannya, The Haven menawarkan berbagai minuman mulai dari Mocktail, teh, kopi, dan lainnya.


Halo Sustainable Resort memiliki 150 kamar. Setidaknya ada 4 tipe kamar yang dimiliki, yakni Executive, Signature, Grandeur, dan Splendor. Desain kamarnya diadaptasi ala Jepang yang didominasi dengan penggunaan kayu. Langit-langit kamarnya didominasi dengan aksesoris kubus yang terbuat dari kayu, sehingga tamu serasa ada di dalam sarang burung yang aman dan nyaman. Pemilihan interior dengan dominasi kayu ini diharapkan dapat memunculkan kesan hangat khas alam.


Selain kamar, area konservasi, dan restoran, Halo Sustainable Resort juga memiliki beberapa produk lainnya seperti Dream Weaver dan Pulau Kokok. Dream Weaver merupakan kapal pribadi Halo yang dapat digunakan sebagai sarana live on board (bermalam di lautan). Tamu pun bisa melakukan berbagai aktivitas dan dibawa ke pulau pribadi Halo, misalnya saja untuk mengadakan acara seperti private engagement ataupun wedding party.



"Saya harap Halo Sustainable Resort ini bisa menyediakan akomodasi yang nyaman bagi wisatawan Karimunjawa yang mulai meningkat. Mengingat musim baratan akan segera berakhir, maka kami ingin wisatawan dapat mulai mengenal hotel baru ini serta konsep di dalamnya. Tamu bisa seharian beraktivitas di laut, dapat menyusuri hutan bakau yang rindang di area konservasi sambil melihat burung yang hinggap dan bercuit dengan bebas di pepohonan kala sunset, hingga dimanjakan dengan amphitheater yang dapat digunakan untuk bersantai. Hal ini tentunya jarang ditemui dan dirasakan di resort lainnya," ungkap Rivando Wirjadi selaku Direktur PT. Kunci Jaya Indonesia.


Halo Sustainable Resort

Jl. Raya Kemojan – Karimunjawa Km. 1, Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah

0292 – 3191919