• Novi Amaliyah

Unilever Food Solutions Luncurkan Kaldu Berbahan Nabati Bebas MSG


Knorr Mushroom and Vegetables Seasoning
Knorr, kaldu penyedap berbahan nabati bebas MSG yang terbuat dari jamur dan sayuran

Unilever Food Solutions kembali berinovasi melalui brand Knorr Professional dengan meluncurkan Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning. Kaldu yang pertama kalinya mengombinasikan ekstrak jamur dengan mirepoix atau kaldu yang terbuat dari campuran sayuran di Indonesia. Produk yang dihadirkan ini untuk membantu para pebisnis kuliner sebagai penyedap untuk menambah kelezatan beragam menu sehat, termasuk plant-based foods yang kini mulai populer.


“Meningkatnya tren healthy lifestyle membuka peluang besar bagi para pebisnis kuliner dalam menyajikan pilihan makanan yang lebih sehat dan bernutrisi bagi masyarakat Indonesia. Perubahan ini makin terasa di masa pandemi, bahkan tercatat 7 dari 10 orang di Indonesia mengaku ingin lebih teratur mengonsumsi makanan sehat. Dengan mengusung pesan ‘Kini Masakan Sehat Bisa Seenak Itu’, kehadiran Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning dapat membantu para chef dan pebisnis kuliner untuk terus berkembang, memanfaatkan tren, dan memuaskan konsumen yang makin menggemari pola makan sehat," jelas Joy Tarigan, Managing Director Unilever Food Solutions dalam peluncuran Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning Virtual Launch, Selasa (23/11/2021).


Joy juga menjelaskan, berbeda dengan kaldu jamur yang ada di pasaran selama ini, Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning ini dapat menghasilkan cita rasa umami namun tanpa mengubah rasa masakan itu sendiri. Selain itu Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning juga mudah diaplikasikan dalam berbagai masakan baik yang gurih maupun manis.


Peluncuran Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning disambut baik oleh Christopher Aldo, owner dan founder YellowFit Group. Menurutnya, sejak beberapa tahun belakangan gaya hidup sehat menjadi tren di kalangan kaum urban, tak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Christopher Aldo, owner dan founder YellowFit Group, mengungkapkan semenjak pandemi masyarakat juga semakin sadar pentingnya menerapkan gaya hidup sehat. Salah satunya dengan pilihan makanan yang dikonsumsi. Salah satunya dengan plant-based foods juga menghindari konsumsi makanan dengan penyedap rasa.


"Tantangan pelaku bisnis healthy food adalah bagaimana menyajikan makanan sehat tetapi juga enak. Dengan adanya Knorr Mushroom & Vegetables Seasoning ini membantu bagi pelaku bisnis untuk menyajikan makanan sehat sekaligus enak," tambah Aldo



Sementara itu Chef sekaligus pelaku gaya hidup sehat Chef Norman Ismail menjelaskan kaldu merupakan salah satu bumbu dasar kunci untuk menguatkan cita rasa suatu hidangan. Jamur yang menghasilkan rasa umami alami memang telah umum digunakan sebagai kaldu, namun seringkali ketika digunakan dalam masakan cenderung mendominasi rasa masakan. Penambahan mirepoix atau kaldu sayur yang terbuat dari wortel, seledri, bawang bombai dan daun bawang yang sering digunakan di dapur professional, seperti yang terkandung dalam Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning, dapat menyeimbangkan dan memantapkan nikmatnya berbagai hidangan sehat para chef. Chef Norman juga mengingatkan agar para chef lebih berani mengeksplorasi berbagai teknik masak serta kreatif dalam mencari alternatif bahan-bahan yang lebih sehat. Menurutnya, dengan pengolahan yang tepat, makanan sehat bisa seenak lainnya.


Saat ini, Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning sudah dipasarkan secara lebih luas, namun untuk pertama kalinya produk ini hanya tersedia secara eksklusif di Tokopedia melalui official store Unilever Food Solutions.


Hartawan Lesmana, Merchant Development Senior Lead Tokopedia, menyatakan, “Kegemaran masyarakat Indonesia mengonsumsi makanan dan minuman sehat juga tampak jelas di platform kami. Kategori Makanan dan Minuman terus menjadi salah satu kategori di Tokopedia dengan peningkatan transaksi paling tinggi pada kuartal III 2021, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Bahkan jumlah transaksi produk makanan dan minuman sehat meningkat sebanyak 2,5 kali lipat. Harapannya, Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning yang lebih mudah didapatkan melalui Tokopedia dapat mendukung para pebisnis lokal, termasuk UMKM, memajukan industri kuliner makanan sehat, demi sekaligus mendorong pemulihan ekonomi Indonesia.”


Selain di Tokopedia, Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning saat ini juga bisa ditemukan di swalayan di Indonesia dengan harga Rp 39.500 per 400 gram.