top of page
  • alettasumampouw

Vinexpo Asia 2024 di Hongkong

Grup Vinexposium sebagai penggerak ekonomi terkemuka dunia, akan menghadirkan kembali Vinexpo Asia, pameran dagang internasional utama di Asia untuk produk wine & spirits. Dengan meningkatkan peranannya sebagai katalis penting untuk pertumbuhan pasar wine dan spirit di Asia, Vinexposium tetap berkomitmen kepada industri wine & spirits. Tahun ini Vinexpo Asia akan diselenggarakan pada tanggal 28 sampai 30 Mei 2024 di Hong Kong Convention and Exhibition Center (HKCEC), lokasi yang sangat strategis untuk pameran dan bisnis.



Komitmen Vinexposium kepada Asia tercermin dari kepercayaannya terhadap industri wine & spirits pada merk Vinexpo sejak edisi perdana di Hong Kong 26 tahun lalu. Vinexpo Asia telah menjadi ajang pertemuan tahunan, yang kini diadakan bergantian antara Singapura dan Hong Kong. Vinexpo Asia memainkan peran penting untuk perspektif ekonomi dan merupakan landasan utama untuk transaksi dagang, pembinaan kemitraan antara para produsen, distributor dan pembeli.


Rodolphe Lameyse, CEO grup Vinexposium, mengatakan: “Melalui kesuksesan Vinexpo Asia yang telah terbukti di Singapura pada tahun 2023, Vinexposium terus memainkan peran sentral dalam pertumbuhan ekonomi dan ketangguhan industry wine & spirits di Asia, dan secara konsisten meningkatkan standard industri dan mendukung lingkungan yang kondusif bagi perdagangan dan investasi”.


“Sejak pelaksanaan edisi perdana pada tahun 1998 di Hong Kong, Vinexpo Asia telah berkembang menjadi acara utama dalam bidang industri wine & spirits di Hongkong. Kami senang dengan kembalinya pameran ini, memanfaatkan budaya yang beragam dan luas, lingkungan bisnis dan perdagangan yang mendukung serta kesempatan sangat besar yang diberikan oleh pasar-pasar Asia yang berkembang pesat sehingga mampu menambah nilai pameran ini serta memberi peluang usaha untuk para peserta dan pengunjung pameran,” ujar Mr. Kenneth Wong, General Manager MICE and Cruise Division, Hong Kong Tourism Board.



Dengan lokasi strategis di jantung Asia dan merupakan pintu gerbang Greater Bay Area (GBA), Hong Kong memiliki pengaruh penting terhadap keputusan yang diambil di Asia, serta menjadi pintu masuk untuk pasar Cina. Pasar Cina tetap merupakan pasar strategis untuk industri wine and spirits. Menurut IWSR, konsumsi wine & spirits di Cina mengalami peningkatan sebesar 19% sampai tahun 2027.


“Berpartisipasi di Vinexpo Asia 2023 adalah sebuah sukses bagi Perusahaan kami”, kata Gordon Gebbie, Direktur Penjualan Rathbone Wine Group dari Australia pada bulan Mei lalu. “Kami tidak sabar menunggu Vinexpo Asia Hong Kong untuk bisa lebih jauh menggapai pasar Cina”, lanjutnya. Selain memiliki fokus utama terhadap Cina, Vinexpo Asia juga berperan bagi pasar impor utama di Asia, termasuk diantaranya Taiwan, Vietnam, Thailand, Japan, South Korea, Singapore, Malaysia, Philippines dan Indonesia.


Vinexpo Asia 2024 akan diikuti oleh 40 negara peserta, termasuk Australia dan Cina yang berada di 5 besar, bersama dengan Chili, Argentina, Afrika Selatan, Selandia Baru dan Amerika Serikat untuk New World, serta Perancis, Italia, Spanyol (negara-negara peserta ranking 3), Portugal, Jerman dan Swiss untuk Eropa. Sebanyak 1300 produsen termasuk 60% internasional dan 40% Perancis akan berkumpul selama tiga hari untuk pertemuan bisnis dan networking.



Area WOW (Welcome to the Organic World) khusus memamerkan produk-produk minuman anggur organik dan biodinamik, Dimana untuk Asia peminatnya mulai meningkat. Berbagai Perusahaan minuman beralkohol juga akan terbagi menjadi peserta internasional dan Perancis, dengan jumlah peserta duabelas negara. Produk yang dipamerkan diantaranya dari whisky sampai mezcal, rum, sake, baijiu dan juga minuman non-alkohol yang mencakup produk-produk yang sedang trend.


Diperkirakan 10.000 pengunjung bisnis, yang setengahnya merupakan importir dan setengahnya lagi berupa grosis, distributor, pedagang minuman anggur, pengecer, kalangan perhotelan dan restoran akan hadir di Vinexpo Asia Hong Kong. “Vinexpo Asia adalah ajang pertemuan penting untuk bisnis kami. Saya bertemu dengan banyak kolega saya dan berbagai jenis produsen turut berpameran di sana”, demikian penuturan Ronald Khoo, kepala wine and spirits di Cathay Pacific.



Vinexpo Asia 2024 ini juga akan memberikan pengalaman unik melalui lebih dari 50 sesi premium program Vinexpo Academy. Selain itu pada tanggal 27 Mei, sehari sebelum pembukaan Vinexpo Asia, the B+D Grand Tasting akan diadakan di HKCEC. Acara tasting ini akan disponsori oleh Bettane+Desseauve. Lebih dari 1000 peserta akan diberi kesempatan untuk bertemu dengan hampir 70 produsen dari seluruh dunia. Rangkaian 6 masterclasses akan melengkapi acara Grand Tasting ini dan memberi kesempatan kepada pengunjung untuk menemukan wine bergengsi dan bertemu dengan produsennya.



“Setelah sebelas acara Grand Tasting di Hong Kong, kami senang kembali lagi dengan Vinexposium tahun 2024. Ini merupakan pasar yang diramaikan oleh penggemar berat yang sangat berarti bagi kami dan kami mengundang mereka untuk bergabung sehari sebelum pembukaan Vinexpo Asia untuk melihat pilihan kami dari produsen-produsen Istimewa di seluruh dunia” kata Thierry Desseauve, presiden Bettane+Desseauve.

Comments


bottom of page