top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Wujud Nyata Starbucks Indonesia di Hari Jadinya yang Ke-22

Di tahun 2024 ini, Starbucks Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-22 tahun. Dan untuk merayakan moment spesialnya itu, Starbucks Indonesia semakin menegaskan komitmen perusahaannya pada masyarakat luas. Hal itu dibuktikan dengan penyerahaan donasi untuk bantuan kemanusiaan di Gaza sekaligus peluncuran beberapa menu baru.

 


Untuk penyerahan donasi bagi masyarakat di Gaza, Starbucks Indonesia yang lisensinya dipegang oleh  PT Sari Coffee Indonesia melalui The Starbucks Foundation menyerahkan bantuan sebesar 5 miliar rupiah atau sekitar US$ 314.000. Bantuan ini diberikan pada masyarakat di Gaza melalui World Central Kitchen dengan menyediakan lebih dari 100.000 porsi. Diharapkan bantuan ini bisa sedikit membantu masyarakat di Gaza yang terkena dampak dari peperangan yang sampai saat ini masih terjadi di sana.

 

"Menanggapi krisis yang semakin meluas di Gaza, kami mendukung World Central Kitchen yang menyediakan bantuan makanan esensial bagi yang membutuhkan. Kami juga menegaskan kecaman kami terhadap kekerasan terhadap semua orang yang tidak bersalah. Dukungan filantropi melalui The Starbucks Foundation merupakan contoh dari misi abadi kami untuk memperkuat kemanusiaan, misi yang telah menjadi landasan perjalanan kami selama 22 tahun terakhir di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa janji kami bukan hanya sekedar kata-kata, tetapi juga tindakan nyata. Karyawan kami di Indonesia juga berkomitmen untuk memberikan donasi kolektif di bulan Mei 2024 ini. Upaya seperti ini menunjukkan dan menyoroti bagaimana kami berupaya mewujudkan janji-janji kami," ujar Anthony Mc Evoy selaku pemimpin PT. Sari Coffee Indonesia.


Acara penyerahan donasi sekaligus peluncuran menu baru di moment HUT Starbucks Indonesia ke-22 ini pun dilaksanakan pada Jumat, 17 Mei 2023. Berlokasi di Starbucks Reserve Lands End PIK 2, acara ini dihadiri berbagai narasumber. Mulai dari Handaka Santosa selaku Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Merek Global Indonesia dan Dewan Pembina HIPPINDO (Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia), Hariyadi Sukamdani selaku Ketua Umum PHRI, Mercy Simorangkir perwakilan dari Kadin Indonesia, Sidrotun Naim, Ph.D selaku Wakil Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) Indonesia, Ahmad Fauzin perwakilan Kementrian Agama RI, Anthony Mc Evoy selaku CEO PT. Sari Coffee Indonesia, dan Liryawati selaku COO PT Sari Coffee Indonesia.

 


Di tahun ini, tepat pada perayaan ulang tahunnya ke-22, Starbucks Indonesia menghadirkan Magical Connection sebagai temanya. Tema ini dipilih sebagai bentuk kontribusi berkelanjutan Starbucks untuk memberikan dampak positif melalui tiga pilar, yakni People, Planet, dan Coffee. Kami ingin menekankan kontribusi kami kepada 'People' dan kemanusiaan melalui donasi, serta 'Planet' melalui Inisiatif Nusantara Hijau, dan 'Coffee' melalui keahlian Starbucks dalam meracik dan menyajikan kopi.

 

Tak hanya memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat di Gaza, Starbucks Indonesia juga meluncurkan beberapa produk terbarunya. Produk itu berupa dua minuman dan juga dua makanan. Untuk minumannya ada Bronze Charcoal Cream Frappuccino dan Bronze Charcoal Macchiato. Bronze Charcoal Cream Frappuccino dihadirkan berkat paduan saus moka dengan sirup karamel asin yang dipoles dengan topping krim kocok arang (charcoal) serta taburan bubuk gliter warna perunggu. Memiliki sensasi rasa nikmat, minuman ini memiliki tampilan cantik dengan lapisan berbeda. Sedangkan untuk Bronze Charcoal Macchiato terbuat dari paduan espresso khas Starbucks yang dilapisi susu karamel asin berlapis krim kocok arang dan taburan bubuk glitter perunggu di atasnya. Minuman ini akan menyuguhkan rasa buttery karamel dengan sedikit aroma smoky dan kayu.


Untuk makanannya, ada dua sajian baru yang ditawarkan, yakni Coffee Chocolate Cake dan Peanut Butter Chocolate Croissant. Kreasi Coffee Chocolate Cake merupakan cake spesial yang tampilannya berbentuk segitiga. Cake ini berupa lapisan bolu vanilla yang dikombinasikan dengan sirup kopi, krim kopi dan crumble, dan diberi topping ganache coklat dan pola percikan perunggu. Sensasi rasa manis dan lembut akan terasa begitu memanjakan lidah saat menyantap cake baru ini. Sedangkan untuk Peanut Butter Chocolate Croissant berupa croissant berlapis coklat di bagian luarnya dengan isian selai kacang yang akan meleleh saat di gigit.

 

Ulang tahun ke-22 Starbucks Indonesia ini pun semakin spesial dengan dihadirkannya rangkaian merchandise baru bertema ‘Tembaga’. Pemilihan tema tembaga dipilih karena logam jenis ini melambangkan kehangatan dan energi yang terbentuk setelah dua dekade bersama. Merchandise yang telah Starbucks Indonesia siapkan antara lain Anniversary Stainless Stell Tumbler Series yang terdiri atas 5 pilihan berbeda, Mug Starbucks hitam bergambar harimau, Tote Bag, Tumbler Bag, Key Chain, dan Starbucks Card.



Comments


bottom of page