top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Yuk Lebih Kenal Dengan Turkuaz & Warung Turki

Warga Jakarta dan sekitarnya tentunya sudah tak asing dengan restoran yang menyajikan hidangan khas Turki bernama Turkuaz dan Warung Turki. Kedua restoran ini dimiliki oleh Chef ternama Sezai Zorlu yang terkenal handal menyajikan ragam hidangan otentik Turki. Namun, di belakang kepiawaian Chef Sezai dalam menghidangkan makanan, ada sosok wanita cantik bernama Yanti Subianto Zorlu yang turut ambil bagian dari kesuksesan Turkuaz dan juga Warung Turki.



Yanti Subianto Zorlu yang begitu akrab dengan dunia humas dan pemasaran berhasil meraih gelar Bachelor of Commerce dari Curtin University di Perth, Australia. Sebelum terjun dalam bisnis kulinernya, wanita yang akrab disapa Yanti itu pernah menjadi Public Relations dan Marketing Communications di beberapa hotel bintang lima di Jakarta. Istri dari Chef Sezai itu pun membuka Turkuaz di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan pada tahun 2011 lalu. Pada saat itu, ia membantu dalam segi operasional restoran.

 

Tidak mudah berpuas diri, pasangan suami istri itu pun kembali membuka restoran baru di tahun 2015. Masih menghadirkan konsep restoran yang menghidangkan sajian khas Turki, restoran kedua yang mereka buka bernama Warung Turki. Restoran itu berlokasi di bilangan Kemang, Jakarta Selatan. Berbeda dengan interior Turkuaz yang lebih modern dan mewah, dekorasi Warung Turki terlihat lebih unik karena menggambarkan suasana pedesaan di Mediterania Turki.



"Pertama kali membuka restoran, tugas saya untuk memastikan semuanya berjalan sesuai dengan standar operasional kami. Tujuannya tentu saja untuk menjaga kualitas pelayanan dan juga makanannya agar selalu baik. Sukses dengan Turkuaz, kami pun membuka Warung Turki di Kemang, Jakarta Selatan. Setiap detail di Warung Turki telah dirancang sedemikian rupa untuk memberikan gambaran sekilas tentang Turki kepada para tamu. Pilihan warna biru kehijauan dipilih sebagai warna tema Warung Turki, karena representasi Laut Mediterania,” tukas ibu dua orang anak itu.

 

Restoran Warung Turki ini sebenarnya lahir dari gagasan sang suami alias Chef Sezai. Sebagai seorang chef yang dikenal sebagai satu-satunya ahli masakan Turki dan kerajaan Utsmaniyah di Jakarta, Chef Sezai ingin menghadirkan masakan orang yang paling disayangi, yaitu masakan ibu serta neneknya. Pengunjung yang datang ke Warung Turki pun bisa menemukan makanan yang biasa Chef Sezai masak bersama ibu dan neneknya di kampung halamannya (Turki). Urusan rasa, Warung Turki menghadirkan sajian yang bercitarasa otentik. Terbukti dari metode memasak maupun kualitas produk yang digunakan, termasuk dengan bahan baku dan rempah yang diimpor langsung dari Turki.



Berkunjung ke Warung Turki, pengunjung bisa menikmati Hummus, Babaganuc, aneka olahan domba, ayam, ataupun sapi yang dimasaj menggunakan oven api kayu. Jangan lewatkan untuk menikmati menu favorit seperti Gozleme yang berupa roti tipis berbentuk setengah lingkaran. Ada juga olahan betis domba bernama Firinda Kuzu Inck yang dimasak bersama jamur panggang, bawang merah, dan bawang putih yang disajikan dengan nasi mentega. Tentunya berbagai menu istimewa lainnya seperti Kagit Kebabi, Sutlac, Baklava, dan masih banyak lainnya.


Di tahun 2023, Yanti dan suami pun kembali membuka merek baru lagi bernama Abang Turki. Hadir dengan konsep 'food truck' dan 'bajaj', Abang Turki menjadikan menu kebab khas Turki sebagai menu utamanya. Ke depannya konsep Abang Turki ini dipersiapkan untuk bisa franchise. “Kebab yang kami tawarkan rasanya sangat otentik dengan kebab Turki yang asli. Itulah yang menjadi nilai tambah kebab Abang Turki,” tutup yanti yang juga mendirikan Yayasan Abang Turki dengan tujuan memberikan kesempatan kepada anak-anak Indonesia yang kurang beruntung untuk melanjutkan sekolah.

Comments


bottom of page