top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

10 Lokasi di Jember Ini Dikunjungi HAM Jakarta Pada Moment HUT Ke-15

Tahun 2022 ini, Himpunan Anak Media (HAM) Jakarta merayakan hari ulang tahunnya yang ke-15. Di moment istimewa itu, sekitar 25 media asal Jakarta diajak mengeksplorasi keindahan Kota Jember, Jawa Timur. Selama 4 hari 3 malam pada tanggal 21-24 November 2022, semua media yang menjadi pesertanya diajak mendatangi 10 lokasi seru ini.


1. Hotel Dafam Fortuna Jember

Hotel yang menjadi bagian dari Dafam Hotel Management (DHM) ini menjadi lokasi tempat menginap setiap peserta selama berada di Jember. Hotel yang beralamat di Jl. Karimata No. 43, Sumbersari, Jember itu menawarkan lokasi menginap apik serta fasilitas pendukung yang

lengkap. Untuk restorannya ada Ukafe yang ada di lantai Dasar (area lobi). Restoran yang juga digunakan sebagai lokasi sarapan ini menyediakan beragam hidangan istimewa. Untuk sarapannya, dihadirkan secara buffet dengan pilihan menu khas Jember seperti Edamame rebus, Pecel, Wedang Cor, dan berbagai lauk-pauk menarik lainnya. Tak hanya bisa menyantap hidangan secara buffet, tamu yang datang juga menikmati makanan yang disajikan secara ala carte. Salah satu menu unggulannya ada Iga Bakar Sambal Kopi yang unik karena dipadukan dengan sambal berbahan kopi.


2. Pendopo Wahyawibawa Graha & Alun-alun Kota Jember

Di kesempatan ini, peserta juga dijamu dan diundang oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto. Bertajuk Gala Dinner, acara itu berupa makan malam bersama sekaligus ramah tamah. Sang Bupati pun mengungkapkan kegembiraannya atas kunjungan HAM Jakarta ke Jember sekaligus menitipkan harapan besarnya untuk kemajuan Jember ke depannya. Selain makan malam, HAM Jakarta juga dihibur dengan tarian khas Jember serta penampilan Jember Fashion Carnival yang namanya telah mendunia. Pertemuan dengan Bupati ini pun diakhiri dengan nonton bersama Piala Dunia 2022 di Alun-alun Kota Jember. Nonton bersama itu dilakukan bersama Bupati dan masyarakat Jember selama musim Piala Dunia ini. Tak hanya sekedar nonton bersama, juga ada bazar yang diramaikan ratusan UMKM yang mejajakan berbagai produk. Mulai dari makanan dan minuman, aksesoris, pakaian, tas, kain, dan produk lainnya.


3. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (PusLitKoKa)

Jember ternyata memiliki Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (PusLiKoKa) sebagai lembaga yang memiliki misi untuk melakukan riset dan mengembangkan kopi dan kakao. Berlokasi di

Jl. Sudirman No. 90, Jember, PusLitKoKa telah melakukan eksplorasi dan seleksi pada bibit kopi dan juga kakao. Di sini wisatawan bisa melihat pertumbuhan dan penyebaran kopi yang ada di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Timur ini. PusLitKoka juga telah berhasil dengan produksi bibit kopi super perpaduan antara klon unggul dengan akar super dengan klon unggul yang mempunyai mutu dan hasil panen tinggi. Perpaduan kedua klon itu pun menjadikan bibit pohon kopi terbaik, dengan hasil yang lebih maksimal. Begitupun dengan kakao, di sini juga telah berhasil mengembangkan produk kakao unggulan. Di PusLitKoKa ini, pengunjung pun bisa berkeliling kebun kakao menggunakan mobil khusus hingga membeli produk kopi atau cokelat hasil olahan di sini.


4. Mitra Tani 27

Mitra Tani 27 merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang industri sayuran beku yang berfokus di komoditas unggulan edamame atau kedelai jepang. Berdiri tahun 1994, perusahaan ini diawali dengan pelatihan budidaya edamame antara PT. Mitra Tani Terpadu dengan PT. Perkebunan 27 Persero. Produk edamame ini pun memiliki hasil dan kualitas yang lebih baik dari negeri asalnya, Jepang. Sehingga Jepang pun menjadi negara utama

yang mengambil hasil produksi Edamame di Jember ini. Seiring dengan perkembangan, perusahaan ini pun berinovasi dalam mengembangkan produk selain edamame, yakni buncis, okra, sweet potato, aneka olahan sayuran beku lainnya, hingga produk minuman edamame bernama Jusme. Aneka produk Mitra Tani 27 ini pun didistribusikan ke berbagai negara seperti Jepang, Amerika Serikat, Kanada, Belanda, Taiwan, Australia, Timur Tengah, Afrika, Malaysia, dan Singapura. Berkomitmen menyajikan sayuran beku siap saji berkualitas tinggi dan aman dikonsumsi, Mitra Tani 27 menerapkan sistem keamanan pangan yang sudah mendapatkan sertifikasi BRC, HAACCP, hingga jaminan produk halal dari LPPOM MUI.



5. Museum Tembakau & Perpustakaan

Selama ini Kota Temanggung yang lebih dikenal dengan sebutan kota tembakau, meski begitu, Jember pun punya sebutan yang sama. Bentuk nyata Jember sebagai Kota Tembakau itu pun diwujudkan dengan adanya Museum Tembakau & Perpustakaan yang bisa dijumpai di kota ini. Pengunjung yang mendatangi museum ini pun bisa menemukan berbagai edukasi menarik mulai dari histori tembakau, budidaya tembakau, display berbagai jenis daun tembakau dengan kualitas berbeda-beda, miniatur gardu atak atau tempat pengering daun tembakau, hingga menampilkan berbagai cerutu atau rokok yang dibuat menggunakan tembakau. Jika ingin menyaksikan berbagai buku atau literasi mengenai tembakau, bisa langsung mencarinya di area perpustakaan. Di museum ini pun, pengunjung jadi lebih memahami jika tembakau tak hanya bisa digunakan sebagai bahan baku membuat rokok atau cerutu saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat sabun, minyak wangi, dan lainnya. Museum dan perpustakaan ini telah dikelola oleh UPT PSMB-Lembaga Tembakau Jember yang ada di bawah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur sejak tahun 2014 lalu. Museum Tembakau ini pun pernah mendapatkan penghargaan sebagai 'Museum Unik' di tahun 2019 lalu.


6. BIN Cigar

BIN Cigar atau Bos Image Nusantara merupakan perusahaan cigar atau cerutu yang bisa dijumpai di Jember. Dikenal sebagai kota tembakau, BIN Cigar pun tak mau melewatkan peluang itu dengan membuat produk cerutu berkualitas yang tak kalah dengan cerutu khas Kuba. Cerutu yang diproduksi BIN Cigar dibuat menggunakan tembakau kualitas terbaik di Jember. Ada beberapa jenis tembakau yang digunakan, dimana tembakau itu bibitnya dari berbagai negara yang telah diadaptasi selama 20 tahun lebih di Indonesia. Hal itu pun didukung oleh tenaga ahli yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 50 tahun di bidang tembakau dan cerutu. Tak heran jika BIN Cigar ini sukses menghadirkan cerutu berkualitas dengan berbagai pilihan kemasan yang dipadatkan ke luar negri maupun dalam negri. Perusahaan ini pun memiliki karyawan yang berjumlah ribuan untuk menghadirkan produk cerutu berkualitas.



7. RM. Lestari

Tempat makan satu ini, jadi salah satu tempat makan legendaris yang dimiliki Kota Jember. Bahkan orang nomor satu di Indonesia pun (Presiden Jokowi) pernah datang dan bersantap RM. Lestari yang telah berdiri sejak tahun 1982. RM. Lestari punya menu andalan bernama Gurame Sambal Cabai Hijau dan Lidah Sapi Goreng. Kedua hidangan ini resepnya dibuat secara turun menurun sehingga menciptakan sensasi rasa yang khas dan spesial. RM. Lestari juga menawarkan beragam hidangan rumahan lainnya yang pastinya sedap di lidah. Tempat makan ini juga memiliki kapasitas ruangan yang besar dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Sehingga RM. Lestari ini tak hanya cocok dijadikan pilihan lokasi makan, tetapi juga lokasi kegiatan lainnya yang membutuhkan ruangan berkapasitas besar.


8. Kafe Tebing

Kafe Tebing berlokasi di area Taman Botani Sukorambi (TBS) yang menawarkan pemandangan memukau. Sesuai dengan namanya, kafe ini memang ada di atas tebing. Berdiri sejak 15 Agustus 2018, Kafe Tebing dihadirkan dengan konsep nature atau menyatu dengan alam. Pengunjung yang datang ke kafe ini bisa menikmati suasana alam hijau yang indah serta pemandangan Kota Jember dari atas. Kafe Tebing juga memiliki lantai yang

terbuat dari kaca tembus pandang sehingga bisa melihat pemandangan di bawahnya. Tak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona, Kafe Tebing juga punya deretan menu istimewa yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa menu itu dihadirkan dengan citarasa yang telah disesuaikan lidah, sebut saja Nasi Kecombrang, Sereh Jahe, Wedang Kayu Manis, dan masih banyak menu lainnya. Kafe Tebing pun disempurnakan dengan hiburan berupa band, akustik, ataupun hiburan musik asli Jember bernama Patrol.


9. Primadona

Berkunjung ke Jember, tentu tak sempurna jika tidak membawakan buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga yang ada di rumah. Toko oleh-oleh bernama Primadona pun layak dan wajib untuk dijadikan lokasi kunjungan saat berada di Jember. Di tempat ini, tersedia berbagai macam oleh-oleh khas Jember, mulai dari Proll Tape, Suwar Suwir, Edamame, Cokelat, kopi bubuk, aneka snack ringan, dan masih banyak lainnya. Serunya lagi, untuk produk Proll Tape dan Suwar Suwir, Primadona mengolah produknya sendiri. Kedua camilan khas Jember itu dibuat dari tape singkong sebagai bahan utamanya sehingga memiliki sensasi rasa manis yang khas dan unik. Sampai saat ini, Primadona yang sudah berdiri sejak tahun 1984 itu pun tetap konsisten menghadirkan beragam camilan khas Jember yang istimewa.


10. Pantai Tanjung Papuma

Jember juga memiliki destinasi wisata alam yang tak kalah indah dibandingkan kota di Indonesia lainnya. Deretan pantai dengan pemandangan indah bisa ditemukan di kawasan Jember ini. Salah satunya ada Pantai Tanjung Papuma yang memiliki pemandangan memukau. Di sini setiap wisatawan yang datang akan dimanja dengan keelokan dari pantai yang menawarkan pasir putih dengan deburan ombak bergemuruh. Di pantai ini juga terdapat hutan lindung yang keasliannya masih terjaga dengan baik. Tan hanya itu saja, Pantai Tanjung Papuma juga menawarkan pesona sunrise atau matahari terbit sekaligus sunset atau matahari terbenam sekaligus. Wisatawan yang ingin mengabadikan moment istimewa itu bisa menyaksikannya di satu tempat yang diberi nama Siti Hinggil. Pantai Tanjung Papuma sendiri berada di selatan pusat Kota Jember, berjarak sekitar 35 km atau dengan jarak tempuh sekitar 45 menit.



Comments


bottom of page