• Novi Amaliyah

10 Makanan Mengandung Zinc


Zinc atau zat besi adalah mineral yang penting untuk kesehatan. Zinc diperlukan untuk melakukan lebih dari 300 enzim dan terlibat dalam banyak proses penting dalam tubuh. Diantaranya zinc membantu memetabolisme nutrisi, mempertahankan sistem kekebalan, tumbuh dan perbaikan jaringan tubuh. Tubuh tidak dapat menyimpan zinc, jadi perlu mengonsumsi makanan yang cukup mengandung zinc untuk memenuhi kebutuhan harian mineral penting satu ini. Disarankan untuk pria mengonsumsi 11 mg seng per hari, sedangkan wanita membutuhkan 8 mg. Untuk ibu hamil membutuhkan 11 mg per hari, ibu menyusui, membutuhkan 12 mg.


Beberapa orang berisiko kekurangan zat besi, termasuk anak kecil, remaja, orang tua, dan wanita yang sedang hamil atau menyusui. Namun, dengan makan makanan seimbang yang sehat yang mencakup makanan kaya zinc untuk memenuhi kebutuhan asupan sehari-hari. Berikut adalah 10 makanan terbaik yang mengandung zinc tinggi seperti dilansir Healthline.


Daging Merah

Daging adalah sumber zat besi yang sangat baik. Satu porsi 100 gram daging giling mentah menyediakan 44% kebutuhan harian zat besi.


Kerang

Kerang-kerangan seperti tiram, kepiting, dan udang semuanya dapat berkontribusi pada kebutuhan seng harian yang dibutuhkan tubuh.


Kacang-kacangan (Legumes)

Kacang-kacangan seperti kacang peas, lentil dan kacang-kacangan semuanya mengandung sejumlah kandungan zat besi. 100 gram lentil yang dimasak mengandung sekitar 12% dari kebutuhan harian yang dibutuhkan.


Biji-bijian

Beberapa biji seperti biji rami, labu dan wijen mengandung sejumlah besar zinc. Biji-bijian ini juga merupakan sumber serat, lemak sehat dan vitamin yang baik, menjadikannya tambahan yang sehat untuk asupan menu sehari-hari.


Kacang

Kacang adalah camilan sehat dan nyaman yang dapat meningkatkan asupan zat besi dan banyak nutrisi sehat lainnya. Kamu bisa menjadikan kacang almond, mede dan kacang tanah sebagai camilan sehat, tapi sebaiknya pilih yang dipanggang daripada digoreng.


Produk Susu dan Turunannya

Produk susu dan turunannya adalah sumber seng yang baik. Selain itu juga susu dan produk turunannya mengandung protein, kalsium dan vitamin D, yang semuanya merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang.


Telur

Telur mengandung zat besi dalam jumlah sedang dan dapat membantu untuk memenuhi target harian. Satu telur besar mengandung 5% DV untuk seng, serta sejumlah nutrisi lain, termasuk protein, lemak sehat, vitamin B, selenium, dan kolin.


Biji-bijian

Biji-bijian utuh dapat menyediakan sumber seng dalam makanan. Namun zat besi yang berikan mungkin tidak diserap sebaik sumber lain karena adanya fitat di dalamnya.


Sayuran

Beberapa sayuran mengandung zat besi, diantaranya seperti kangkung, kale, kentang dan ubi jalar bisa jadi pilihan.


Dark Chocolate

Dark chocolate bisa menjadi sumber zat besi. Namun juga tinggi kalori dan gula, jadi harus dikonsumsi dalam jumlah sedang dan bukan sebagai sumber utama untuk memenuhi kebutuhan zat besi.