• Novi Amaliyah

10 Makanan Sehat Dari Seluruh Dunia



Saat ini orang-orang lebih peduli dengan asupan makanan yang dikonsumsi, makanan sehat lebih banyak dipilih karena masyarakat saat ini sadar akan pentingnya kualitas makanan bagi kesehatan. Sayur mayur dan buah-buahan kaya akan serat serta sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Setiap hari kita dianjurkan untuk mengonsumsi sedikitnya lima macam buah dan sayuran yang bervariasi warnanya untuk memenuhi asupan kebutuhan vitamin dan mineral harian. Salad, gado-gado atau karedok bisa jadi menu pilihan makanan sehat kamu. Kalau kamu bosan, kamu bisa mencoba makanan sehat dari berbagai belahan dunia yang bisa dijadikan inspirasi untuk menyajikannya di rumah seperti di bawah ini.


1. Boule, Chad Afrika Tengah

Menu ini populer sebagai sajian dari negara AfrikaDi beberapa Negara seperti Maroko, Libya, Chad. Boule, adalah salah satu makanan nasional dari Chad, yang merupakan bubur terbuat dari paduan biji-bijan seperti jagung, padi-padian dan sorghum. Biasanya disajikan dengan sayuran seperti okra, pimento, hingga kambing maupun domba.

2. Greek Salad dan Yoghurt, Yunani

Sebagai salah satu negara di kawasan Mediterania, khazanah kuliner Yunani menjadi salah satu yang bisa diterapkan untuk makanan sehatnya. Seperti kita ketahui diet mediterania terbukti memiliki banyak manfaat. Siapa tak kenal dengan Greek Yoghurt serta Greek Salad yang dikenal sebagai makanan nasional mereka. Orang-orang Yunani lebih suka mengonsumsi ikan, sayuran, kacang-kacangan serta sedikit daging merah.

3. Falafel, Israel

Saat ini Falafel menjadi salah satu makanan yang populer, bahan makanan pokok di Israel berbeda dengan tetangga mereka di Mediterania yang kaya dengan kacang-kacangan, terung, dan minyak zaitun. Sajian Israel lebih berempah sehingga menambah citarasa, rempah juga membantu meningkatkan metabolism dalam tubuh dan pencernaan. Tahini dan daun mint adalah yang paling sering dipakai dalam sajian Israel, dimana memiliki manfaat yang kaya akan vitamin A dan C, kalsium, asam folat, zinc dan mangan. Roti pita yang digunakan untuk falafel juga memiliki nilai gizi yang lebih tinggi.

4. Edamame, Greentea, Jepang

Tiga pilar dalam makanan sehat adalah seimbang, variasi makanan serta jumlah yang semuanya ada dalam budaya makan orang Jepang. Di beberapa daerah di Jepang seperti Okinawa orang bisa hidup lebih dari 100 tahun. Asupan makanan mereka adalah makanan yang mengandung banyak serat dari sayuran dan buah-buahan yang terbukti mampu melawan kanker. Makanan seperti yams, green tea, rumput laut, edamame, dan jamur shiitake yang kaya zinc, besi dan kalsium dan ikan adalah makanan yang biasa dikonsumsi orang-orang Jepang.

5. Naan Bread, Kari Sayur, India

India punya sajian makanan sehat seperti kari dengan isian sayuran tak ketinggalan rempah-rempah yang kaya dan beragam berasal dari India. Selain memberikan citarasa yang unik dan istimewa dalam masakan India, rempah juga terbukti mampu melindungi dari kanker, memiliki sifat anti-inflamasi dan penyembuhan, serta memiliki efek pada pencegahan Alzheimer.

6. Tom Yam Goong, Thailand

Sajian populer dari Thailand, ini berisikan seafood, daun ketumbar, jahe, lengkuas, serai dan lainnya. Seperti kita tahu, rempah ini memiliki sifat antioksidan yang mampu menghambat pertumbuhan kanker. Banyak elemen dari masakan Thailand dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu pencernaan. Jahe, kunyit, dan serai, yang biasanya disajikan dalam masakan, semuanya telah digunakan dalam pengobatan Asia untuk berbagai keluhan. Hidangan yang sarat dengan sayuran segar, makanan laut dan rempah-rempah, semuanya berfungsi meningkatkan metabolism dan kaya nutrisi.


7. Kimchi, Korea Selatan

Terbuat dari sawi putih yang difermentasi, kimchi menjadi makanan khas Korea Selatan paling populer. Orang Korea Selatan selalu memadukan kimchi dengan apapun, makanan rendah lemak juga menjadi kebiasaan orang-orang Korea Selatan.

8. Tapas, Spanyol

Yang menjadikan sajian Spanyol termasuk dalam makanan sehat adalah karena pada kontrol porsi pada tapas. Porsi tapas yang bite size. Sajian kaya serat dan rendah lemak meliputi kacang-kacangan, sayuran, minyak zaitu dan makanan laut adalah, asupan yang baik untuk pengendalian berat badan. Atau coba Gazpacho, yang merupakan salah satu sup klasik dari Andalusia Spanyol yang terbuat dari sayuran serta tomat yang kaya akan likopen dan antioksidan sebagai penangkal kanker.

9. Rye Bread, Berries, Swedia

Di Swedia beragam berries seperti blueberry, strawberry, raspberry hingga lingonberry tumbuh subur di hutan-hutan saat musim panas. Biasanya orang-orang Swedia mengisi musim panas mereka dengan mencari bluberry liar di hutan-hutan. Untuk kebutuhan karbohidrat, mereka terbiasa mengonsumsi rye bread yang berwarna hitam. Rye lebih memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan kaya serat.

10. Pho, Vietnam

Pho merupakan mi dari tepung beras yang disajikan dengan kuah kaldu bening. Pho juga berisi irisan daging dengan pilihan ayam, daging sapi maupun daging babi ditambah sayuran segar seperti daun bawang, sayuran segar serta rempah menjadikan pho sebagai salah satu sajian sehat.

© 2019 yukmakan channel