• Novi Amaliyah

10 Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Otak


kacang-kacangan
Kacang-kacangan baik untuk menjaga kesehatan otak, salah satunya kacang walnt

Ada ungkapan yang menyebutkan kita adalah apa yang kita makan. Karena dari pilihan makanan dan nutrisi yang terkandung di dalamnya memainkan peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan. Tak hanya itu, ada makanan tertentu yang bahkan bisa membantu menjaga atau meningkatkan kesehatan. Salah satunya adalah makanan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan otak. Dengan makan makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan otak, dapat secara dramatis mengurangi risiko mengembangkan masalah neurologis di kemudian hari. Berikut adalah 10 makanan terbaik untuk otak meningkatkan kesehatan otak. Seperti dilansir dari Healthline dan berbagai sumber.



blueberry
Bluberry, selain kaya antioksidan,kandungan buah satu ini juga dapat membantu komunikasi antara sel-sel otak.

Blueberry

Blueberry mengandung senyawa yang memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan. Ini berarti blueberry dapat mengurangi peradangan, yang mengurangi risiko penuaan otak dan penyakit neurodegeneratif. Selain itu, antioksidan juga telah ditemukan untuk membantu komunikasi antara sel-sel otak.



Telur
Telur kaya akan vitamin B yang dapat membantu memperlambat penurunan kognitif

Telur Telur kaya akan vitamin B dan nutrisi yang disebut kolin. Vitamin B membantu memperlambat penurunan kognitif dan kekurangan vitamin B telah dikaitkan dengan depresi dan demensia. Tubuh menggunakan kolin untuk menciptakan neurotransmiter yang bertanggung jawab untuk suasana hati dan memori.


salmon
Salmon, kaya akan lemak omega3 yang baik untuk menjaga kesehatan otak

Ikan

Ikan seperti trout, salmon, dan sarden mengandung sejumlah besar asam lemak omega-3. Tidak hanya 60% otak terdiri dari lemak yang mengandung omega 3, tetapi juga penting dalam produksi sel-sel otak dan saraf. Kekurangan omega 3 dapat menyebabkan masalah belajar dan depresi.

oranges
Buah-buahan dengan kandungan vitamin C berpotensi mencegah Alzheimer

Buah-buahan

Buah-buahan tertentu seperti jeruk, paprika, jambu biji, kiwi, tomat, dan stroberi, mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi. Vitamin C membantu mencegah sel-sel otak menjadi rusak dan mendukung kesehatan otak secara keseluruhan. Bahkan, sebuah penelitian menemukan bahwa vitamin C berpotensi mencegah Alzheimer.

leafy greens
Sayuran berdaun hijau mengandung Vitamin K membantu pembentukan lemak di dalam sel-sel otak terbukti meningkatkan daya ingat

Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti brokoli, sawi, bayam, dan kale mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin K, lutein, folat, dan beta karoten. Vitamin K membantu pembentukan lemak di dalam sel-sel otak dan telah terbukti meningkatkan daya ingat.

walnut
Kacang mengandung lemak sehat, antioksidan, dan vitamin E, terbukti bermanfaat bagi otak dan jantung

Kacang-kacangan Kacang mengandung lemak sehat, antioksidan, dan vitamin E, yang terbukti bermanfaat bagi otak dan jantung. Walnut, khususnya, juga mengandung asam lemak omega-3 untuk lebih meningkatkan fungsi otak. Faktanya, kacang telah dikaitkan dengan peningkatan kognisi, memori yang lebih tajam, dan penurunan mental yang lebih lambat.



biji labu
Biji labu mengandung antioksidan, serta seng, magnesium, tembaga, dan besi

Biji Labu

Biji labu mengandung antioksidan, serta seng, magnesium, tembaga, dan besi. Otak menggunakan seng untuk sinyal saraf, magnesium untuk belajar dan memori, tembaga untuk mengontrol sinyal saraf, dan besi untuk mencegah kabut otak.

Teh
Teh dan kopi mengandung kafein, yang meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kewaspadaan, serta antioksidan.

Teh dan Kopi

Baik teh dan kopi mengandung kafein, yang meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kewaspadaan, serta antioksidan. Teh hijau juga mengandung asam amino L-theanine yang dapat melewati sawar darah otak dan meningkatkan aktivitas neurotransmitter.



Kunyit
Kunyit telah dikaitkan dengan fungsinya untuk peningkatan memori, mengurangi depresi, dan pertumbuhan sel-sel otak baru.

Kunyit

Tidak hanya sebagai zat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat, tetapi juga dapat melewati the blood brain barrier (sawar darah otak) untuk masuk ke otak secara langsung. Kunyit telah dikaitkan dengan fungsinya untuk peningkatan memori, mengurangi depresi, dan pertumbuhan sel-sel otak baru.

gandum utuh
Gandum utuh mengandung vitamin E dimana vitamin E menjaga fungsi otak dan mencegah degenerasi saraf.

Gandum Utuh

Biji-bijian utuh seperti roti, pasta, barley, beras merah, oatmeal, dan gandum bulgur mengandung vitamin E, yang digunakan untuk melindungi dan menjaga sel-sel sehat. Dalam melindungi sel-sel ini, vitamin E menjaga fungsi otak dan mencegah degenerasi saraf.

Untungnya, mempromosikan kesehatan otak bisa sangat lezat, seperti yang ditunjukkan oleh Chef Eksekutif kami Tony Aloise dengan daftar 10 Makanan Otak Teratas (didaftarkan tanpa urutan tertentu).