• Novi Amaliyah

10 Manfaat Kesehatan Selada Air


Selada air, sayur sederhana ini ternyata menyimpan banyak manfaat kesehatan
Selada air, sayur sederhana ini ternyata menyimpan banyak manfaat kesehatan

Selada air yang memiliki nama latin Nasturtium officinale merupakan tanaman air yang termasuk dalam famili Brassicaceae. Selada air berasal dari Eropa dan Asia, dan biasa digunakan sebagai tanaman obat oleh orang Persia kuno. Selain mengandung vitamin C, selada air juga berkhasiat untuk meningkatkan efek afrodisiak serta meningkatkan aktivitas otak dan masih banyak lainnya, berikut 10 manfaat selada air bagi kesehatan seperti dilansir Healthline.


1. Kaya Vitamin C Tahukah kamu bahwa selada air ternyata menjadi salah satu sayur yang kaya akan vitamin C, jumlah vitamin C yang terkandung dalam selada air lebih tinggi daripada jumlah Vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk. Jadi, sangat penting untuk mendapatkan asupan vitamin yang cukup. Vitamin C dalam tubuh memiliki fungsi sangat penting untuk mengurangi kemungkinan kerusakan sel darah, perbaikan jaringan otak, dan penyakit lainnya.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Karena kandungan vitamin C di dalamnya, selada air bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan kebutuhan asupan vitamin C selain dari buah-buahan. Vitamin C bekerja dengan melepaskan antioksidan yang akan melawan radikal bebas dan gejala peradangan yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan jamur, bakteri dan virus.

3. Mencegah Katarak Kandungan vitamin C yang tinggi pada selada air juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Sebuah penelitian yang dilakukan di Eropa menunjukkan bahwa Vitamin C yang terkandung dalam selada air dapat bermanfaat untuk melindungi dari penyakit mata seperti katarak. 4. Mengurangi Gejala Asma Vitamin C yang terkandung dalam selada air ternyata bisa menjadi obat asma anak yang baik. Sebuah penelitian yang dilakukan pada anak-anak membuktikan bahwa anak-anak yang mengonsumsi Vitamin C minimal 0,2 mg setiap hari menunjukkan peningkatan volume ekspirasi paksa (FEV). Studi ini membuktikan bahwa Vitamin C bisa sangat berguna untuk mengurangi gejala asma anak. 5. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi Kandungan vitamin C dalam jumlah tinggi dari selada air membantu untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Zat besi adalah nutrisi yang sangat penting untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke bagian lain dari tubuh. Vitamin C akan merangsang penyerapan zat besi, terutama zat besi non-heme, yang tidak mudah diserap tanpa bantuan Vitamin C.


5. Menjaga Kesehatan Otak Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C, termasuk selada air, akan sangat baik untuk melindungi diri dari penyakit yang bisa sangat mematikan seperti Alzheimer atau kerusakan otak lainnya. Menurut penelitian, orang yang memiliki kadar vitamin C lebih rendah lebih rentan menderita cedera kepala traumatis berkelanjutan. Bahkan, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa Vitamin C memainkan peran penting dalam aktivitas neuron. 6. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa selada air bisa sangat ampuh untuk mencegah dari segala penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular. Selada air adalah sumber Vitamin C yang sempurna, yang kemudian dapat melepaskan antioksidan dan akan melindungi tubuh dari kerusakan jaringan yang disebabkan oleh stres oksidatif. Vitamin C yang terkandung dalam selada air juga akan sangat aktif dalam proses sel embrio, sehingga akan menjaga jantung tetap sehat dan Kolesterol LDL akan lebih rendah dari sebelumnya. 7. Sumber Folat Selain Vitamin C, selada air juga mengandung folat dalam jumlah tinggi, yang merupakan nutrisi penting, terutama bagi ibu hamil. Folat dikenal luas sebagai pelindung terhadap risiko cacat lahir dan defisiensi tabung saraf pada bayi di sekitar ibu hamil, folat juga sangat bermanfaat bagi wanita menyusui. Selain itu, folat sangat efektif untuk mencegah dari berbagai penyakit seperti stroke, kanker payudara, kanker usus besar, dan osteoporosis. 8. Mencegah Stroke Ada sebuah penelitian yang dilakukan pada 662 partisipan yang menunjukkan jumlah folat yang cukup dalam tubuh dapat melindungi partisipan dari penyakit stroke. Mengkonsumsi selada air dapat membantu menggantikan makanan yang difortifikasi, yang bermanfaat untuk mencegah stroke karena selada air mengandung banyak folat.


9.Sumber Kalsium Banyak peneliti setuju bahwa selada air mengandung kalsium dalam jumlah tinggi, yang sangat efektif untuk melindungi dari berbagai penyakit seperti kardiovaskular, diabetes, dan hipertensi. Kalsium pada selada air juga terbukti aman terhadap efek jantung yang dapat terjadi dari orang-orang yang mengonsumsi suplemen dosis tinggi.


10. Mengandung Yodium

Selada air juga banyak mengandung yodium yang sangat bermanfaat untuk mengatur jumlah hormon tiroid. Jika tubuh tidak mengontrol produksi hormon tiroid, kemungkinan besar akan menimbulkan penyakit seperti gondok dan hipotiroidisme, yang dapat menyebabkan banyak gejala seperti pilek, sembelit, depresi, dan penambahan berat badan. Mengkonsumsi selada air bisa menjadi pilihan untuk menstabilkan produksi hormon tiroid dalam tubuh.