• Maria Yuliana Kusrini

10 Ragam Soto di Tanah Air

Soto menjadi salah satu menu khas Indonesia yang ternyata juga memiliki banyak penggemar. Terbukti, hampir setiap daerah di Indonesia sendiri memiliki sajian soto. Tentunya dengan pilihan kuah dan isian yang bervariasi antara daerah yang satu dengan lainnya. Misalnya ada soto yang menggunakan kuah dengan air kaldu, santan, ataupun susu. Ada pula yang hanya menggunakan sayuran sebagai isian atau komposisinya, namun ada juga yang menjadikan ayam, daging sapi, atau jerohan sebagai bahan bakunya.

Dari sekian banyak keragaman yang dimiliki, setiap soto itu memiliki satu kesatuan yang sama. Yakni menggunakan berbagai macam bumbu atau rempah yang pada akhirnya mampu menciptakan rasa yang khas dan berempah. Mungkin hal ini pulalah yang pada akhirnya membuat orang nomer satu di Indonesia ingin mengangkat sajian soto sebagai salah satu hidangan favorit Indonesia. Berikut ini beberapa rekomendasi soto yang patut dijajal.


1. Soto Betawi H. Ma’ruf

Kedai yang berlokasi di kawasan Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat ini menghadirkan soto khas Betawi bercitarasa otentik. Buka sejak 1940-an, Betawi H. Ma’ruf tetap konsisten dan terus mempertahankan citarasa sotonya hingga saat ini. Semangkok Soto Betawi ini kuahnya perpaduan santan dan susu yang memunculkan citarasa khas dan lezat. Sebagai isiannya terdapat daging sapi dan aneka jerohan seperti paru, ati, ampela, tulang muda, babat, kikil, usus, dan lainnya. Keunggulan lain dari Soto Betawi ini terletak pada daging dan jerohan yang sudah dimasak dan dibumbui terlebih dulu, sehingga untuk dagingnya sendiri sudah terasa berbumbu.

2. Soto Madura Juanda

Buka sejak tahun 1987, tempat makan ini sebenarnya bernama Soto Madura Asli. Sedangkan nama Soto Madura Juanda karena pelanggan yang sering menyebutnya demikian, karena lokasinya yang memang berada di Jalan Juanda, Jakarta Pusat. Variasi dari si Soto Madura ini pun beragam, mulai Soto Daging, Soto Buntut, hingga Soto Ayam. Setiap sotonya punya citarasa khas karena dimasak dengan menggunakan berbagai macam bumbu rempah. Soto pun akan terasa makin nikmat saat disantap dengan nasi putihnya yang istimewa karena dibungkus menggunakan daun pisang.


3. Warung Makan Wong Yogya Pak Kardi

Kesegaran dan gurihnya Soto Ayam Kampung di tempat makan ini memang tiada duanya. Sotonya berkuah bening, sehingga tidak eneg saat dimakan. Selain terdapat suwiran ayam kampung, juga terdapat potongan kubis atau kol, taoge, soon, seledri, dan bawang goreng. Sedangkan untuk nasi putihnya bisa pesan di piring terpisah atau bisa juga langsung dicampurkan menjadi satu pada mangkok sotonya. Perpaduan rasa lezat dari keseluruhan soto ini bisa ditemukan di Warung Makan Wong Yogya Pak Kardi yang berlokasi di Cibubur, Jakarta Timur.

4. Nasi Timbel M-11

Selain menyajikan menu khas Sunda, Nasi Timbel M-11 juga punya menu Soto khas Jawa Barat yang istimewa. Bernama Soto Bandung, menu ini menggunakan kuah bening yang begitu sedap dengan isian melimpah. Terdapat soon, daging sapi, potongan lobak, taburan kacang kedelai yang sudah digoreng, potongan tomat merah, dan juga daun bawang. Meski kuahnya bening dan encer, namun rasa bumbunya begitu terasa dan menyatu dengan isiannya. Jangan lupa menambahkan sambal dan kucuran jeruk nipis untuk kian menambah citarasa. Tempat makan ini berlokasi di kawasan Bogor.

5. Soto Padang H. St. Mangkuto

Soto Padang H. St. Mangkuto adalah salah satu ikon kuliner Jakarta sehingga tidak asing bagi para penikmat kuliner. Restoran yang terletak di Jalan Pintu Air Raya, Pasar Baru, Jakarta Pusat ini menghadirkan menu soto khas Padang yang tersaji dalam mangkok berukuran kecil. Soto Padang ini berkuah yang kaya akan rempah dan berwarna kecoklatan. Untuk isiannya ada soon, potongan perkedel kentang, suwiran daging sapi yang sudah digoreng kering, taburan bawang goreng, dan potongan seledri. Daging goreng kering inilah yang menjadi ciri khas dari Soto Padang. Bedanya, daging di restoran ini terasa sangat garing tapi tidak alot sama sekali.


6. Soto Kwali Mbak Lia

Sesuai namanya, tempat ini menjadikan Soto Kwali sebagai salah satu menu unggulannya. Sotonya tersaji unik karena disajikan menggunakan mangkok batok kelapa. Soto kwali ini berisikan taoge, potongan daging sapi dan sandung lamur, seledri, dan bawang goreng. Kuahnya bening yang terbuat dari kaldu sapi dan aneka bumbu rempah. Untuk nasinya bisa disajikan di piring terpisah atau bisa juga dicampur bersamaan dengan sotonya. Kedai soto ini bisa ditemukan di Cipayung, Jakarta Timur.

7. Mamink Daeng Tata

Jika rindu soto khas Makassar, maka bisa mendatangi restoran Mamink Daent Tata yang punya beberapa outlet di Jakarta. Tempat makan ini menghadirkan menu coto yang nikmat. Menu bernama Coto Daeng Tata ini terdiri dari potongan daging serta jerohan yang ditemani dengan taburan bawang goreng dan potongan daun bawang. Untuk kuahnya terlihat encer, terbuat dari kaldu dan campuran bumbu.


8. Soto Kudus Pak H. Sulichan

Ingin menikmati soto khas Kudus langsung di daerah asalnya, bisa langsung mendatangi Warung Pak H. Sulichan. Berlokasi di area pasar kuliner bernama Taman Bojana dekat Alun-alun Simpang Tujuh Kota Kudus, kedai ini selalu terlihat ramai dikunjungi penikmat soto. Ada pilihan Soto Ayam dan Soto Kerbau yang tersaji dalam mangkok kecil. Soto Ayam berkuah bening dengan citarasa rempah melimpah berisikan suwiran ayam kampung, taoge, kubis, seledri, dan taburan bawang putih goreng. Soto Kerbaunya pun punya isiannya yang hampir sama, hanya saja suwiran ayamnya diganti dengan potongan daging kerbau yang begitu empuk saat dimakan.


9. Soto Ayam Cak To

Soto Ayam Cak To merupakan soto khas Surabaya yang begitu melegenda dan selalu ramai pengunjung. Sotonya berisikan potongan ayam yang melimpah, soon, potongan telur rebus, seledri, potongan kulit ayam, dan nasi yang bisa dipesan terpisah atau bisa juga dicampur dengan sotonya langsung. Kuahnya bening berwarna keruh kekuningan yang terbuat dari campuran kaldu ayam serta berbagai bumbu rempah. Tidak ketinggalan, di setiap meja ada bubuk koya yang bisa ditambahkan sendiri oleh setiap pengunjung. Semangkok soto legendaris ini menghadirkan citarasa lezat yang bisa ditemukan di kawasan Jalan Undaan Wetan, Surabaya.


10. Soto Ayam Bokoran

Daerah Semarang juga punya menu soto khas. Salah satu tempat makan yang bisa didatangi adalah Soto Ayam Bokoran yang legendaris. Semangkok Soto Ayam Bokoran ini punya aroma yang begitu sedap dan citarasa lezat. Sotonya terdiri dari nasi putih, suwiran ayam, soon atau bihun, potongan daun bawang, dan juga bawang putih goreng. Kuahnya berwarna keruh agak kecoklatan karena penggunaan berbagai bumbu serta campuran kuah dari sate jerohan. Kuah soto ini punya aroma yang menggugah selera dan membangkitkan selera makan. Rasanya pun nikmat dan terasa gurih di suapan pertama. Kedai soto ini berlokasi di Jalan Plampitan, Semarang.

© 2019 yukmakan channel