• Novi Amaliyah

11 Tips dan Trik Sukses Membuat Bolu Gulung


Kekhawatiran gagal dalam membuat jenis-jenis cake tertentu yang membutuhkan teknik pengolahan khusus sering menjadi momok tersendiri bagi pemula. Seperti dalam pembuatan bolu gulung misalnya. Bolu satu ini memang membutuhkan teknik khusus dalam pembuatannya karena bagaimana komposisi bahan-bahan yang digunakan membuat tekstur bolu satu ini agar mudah untuk digulung. Terkadang meski sudah mengikuti langkah-langkah yang diinstruksikan dalam sebuah resep, kadang hasil bolu gulung tidak sesuai seperti yang diinginkan. Terkadang retak atau bahkan susah untuk digulung, berikut tips dan trik untuk sukses membuat bolu gulung. Selamat mencoba!


1. Perhatikan komposisi bahan, jika ingin mendapatkan tekstur bolu gulung dengan tekstur yang lentur gunakan kuning telur dalam jumlah banyak dengan perbandingan jumlah tepung lebih sedikit.

2. Hindari mengocok adonan terlalu lama dan dan kaku karena akan menyebabkan pori-pori kue menjadi besar dan tekstur cake menjadi kasar ketika matang.

3. Gunakan spatula atau sendok kayu saat mencampur tepung kedalam adonan telur.

4. Masukkan lemak sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan teknik melipat untuk memudahkan proses pengadukan. Untuk bolu yang dikukus biasanya ditambahkan bahan cair seperti santan atau susu cair agar memiliki citarasa lebih gurih.

5. Oles loyang dengan mentega kemudian beri kertas roti terlebih dulu sebelum dituang adonan, ini berguna agar mudah dikeluarkan dari cetakan. Hindari menaburkan tepung setelah diberi kertas roti dan dioles mentega karena akan membuat kulit bolu gulung menjadi kering.

6. Usahakan ketebalan bolu saat matang maksimal 2 cm. Semakin tebal bolu maka akan semakin sulit untuk menggulungnya juga rentan patah.

7. Untuk bolu yang dikukus, pastikan panci yang digunakan untuk mengukus sudah panas dan beruap banyak.

8. Proses pemanggangan/pengukusan bolu gulung hanya dibutuhkan waktu ± 10 – 15.

9. Pemanggangan bolu dilakukan hingga permukaan bolu berubah menjadi kuning kecoklatan. Hindari memanggang hingga berwarna cokelat tua karena akan membuat bolu kering sehingga patah saat digulung. Hindari juga jika permukaan bolu berwarna kuning pucat karena permukaan bolu akan lengket pada kertas atau serbet saat bolu digulung.

10. Gunakan api atas dan bawah agar bolu matang sempurna. Jika memanggang dengan oven biasa, letakkan bolu pada bagian tengah untuk awal memanggang. Setelah itu pindahkan ke bagian atas.

11. Untuk bolu kukus, gunakkan api sedang saat mengukus agar bolu tidak pecah. Alasi tutup panci pengukus dengan serbet agar air tidak menetes pada adonan.

© 2019 yukmakan channel