• Novi Amaliyah

12 Sosis Khas Jerman Yang Perlu Kamu Tahu


Bir dan sosis keduanya bisa dibilang menjadi salah satu kekayaan kuliner Jerman. Setiap tahunnya kedua sajian ini menjadi sajian khas yang dihidangkan saat perayaan Oktoberfest di Munich, Bavaria, Jerman. Dimana festival untuk menikmati berbagai kuliner khas Jerman dan bir yang berlangsung selama 16 -18 hari, mulai dari minggu terakhir di bulan September hingga hari minggu pertama di bulan Oktober.


Bratwurst dan currywurst mungkin adalah salah satu dari beberapa sosis khas Jerman yang paling terkenal karena kelezatannya. Selain kedua jenis sosis ini, negara ini punya beragam jenis sosis lezat yang menjadi kebanggaan, masing-masing daerah punya sosis khasnya sendiri dengan resep yang dijaga secara turun temurun. Berikut 12 jenis sosis khas Jerman yang perlu kamu tahu.


Bratwurst

Bratwurst dan Rostbratwurst adalah sosis yang dibuat dari paduan daging babi dan sapi yang dicincang halus, biasanya dipanggang dan disajikan dengan mustard Jerman yang manis dan sepotong roti atau hard roll. Sosis ini juga bisa diiris dan dibuat menjadi Currywurst yang disajikan dengan saus kari. Thüringer Rostbratwurst adalah salah satunya dimana sosis ini juga diberi rempah-rempah seperti marjoram dan jintan, terkadang bawang putih. Sosis yang berukuran besar ini biasanya dipanggang dan dibentuk dengan menggunakan selubung dari usus babi.


Nürnberger Rostbratwurst

Sosis bratwurst ini memiliki ukuran yang lebih kecil, dibumbui dengan marjoram dan sosis ini merupakan salah satu kebanggaan nasional (untuk negara bagian Franconia). Biasanya sosis ini disajikan tiga sekaligus dalam roti sebagai makan siang atau camilan, atau enam sekaligus, dipanggang, dengan asinan kubis dan kentang dengan krim lobak.



Blutwurst


Blutwurst atau sosis darah, dibuat dengan darah babi atau sapi beku kemudian ditambah daging, lemak babi, roti atau oatmeal. Sosis ini biasanya dinikmati dengan diiris-iris kemudian dimakan dingin dengan atas roti.




Frankfurter (bockwurst)

Frankfurter atau bockwurst berasal dari Frankfurt, sosis ini dibuat dari daging sapi muda dengan sedikit daging babi atau daging lainnya dan dibumbui dengan garam, merica, dan paprika. Kemudian direbus dan dimakan dengan bir Bock dan mustard. Bentuk sosis ini terlihat seperti sosis hot dog yang sedikit melengkung.


Bregenwurst


Bregenwurst berasal dari Lower Saxony, sosis ini terbuat dari daging babi, perut babi, dan otak babi atau sapi. Sosis ini biasa sering direbus dan disajikan dengan kale.Saat ini, Bregenwurst tidak lagi dibuat menggunakan otak sebagai bahannya.


Knackwurst

Knackwurst berukuran pendek dan gemuk, sosis ini dikenal juga dengan Knockwurst. Sosis ini biasanya terbuat dari daging sapi dan dibumbui dengan bawang putih. Kadang-kadang diasapi dan kemudian disajikan secara tradisional dengan sauerkraut dan salad kentang.




Landjäger

Landjäger adalah sejenis sosis kering yang terbuat dari daging sapi, babi, lemak babi, gula dan rempah-rempah. Sosis ini dikeringkan di udara dan mirip dengan salami kecil. Sosis ini bisa dimakan dingin atau direbus.




Leberwurst

Leberwurst atau atau Liverwurst, biasanya dibuat dari daging babi dengan sedikit hati babi yang dibumbui dengan berbagai cara. Sosis ini juga bisa disajikan dengan dioleskan di atas roti. Ada dua jenis sosis ini yaitu Kalbsleberwurst yang terbuat dari daging sapi muda dan hati sapi atau hati babi. ati daging sapi dan babi. Kedua adalah Braunschweiger yaitu sosis yang terbuat dari hati babi asap yang bisa disajikan dengan dioleskan.


Leberkäse

Leberkäse (secara harfiah berarti "keju hati") yang berasal dari Bavaria. Namun sosis ini tidak mengandung keju atau hati. Warnanya yang merah muda mirip dengan meatloaf dimana daging kornet cincang yang sangat halus dibuat dari daging babi dan bawang, marjoram kemudian dipanggang dalam wajan sampai kerak coklat keemasan tercipta. Ada yang menyukai dipanggang sebelum disajikan ada juga yang disantap dalam keadaan dingin.

Teewurst

Teewurst adalah sosis yang dikeringkan di udara atau mentah (seperti salami dan Landjägerwurst). Sosis ini terbuat dari daging babi, dan daging sapi. Setelah diasapi di atas kayu beech, kemudian daging ini mengalami fermentasi seperti yogurt untuk membantu mengawetkannya. Nama Teewurst didapatkan tahun 1874 dari penemunya, Karoline Ulrike Rudolph, sosis ini biasanya dinikmati dengan open sandwich dan secangkir teh. Sosis ini memiliki rasa yang ringan dan sedikit asam, resepnya hingga kini dirahasiakan.


Gelbwurst

Gelbwurst berarti sosis kuning yang diambil dari warna selubung yang berwarna kuning dari saffron saat dibuat. Gelbwurst dibumbui ringan dengan lemon, pala, jahe, dan kapulaga. Dulu sosis ini juga dibuat dengan campuran otak namun kini tidak lagi. Sosis ini biasanya dibuat dari daging babi,daging sapi atau ayam.






Weiβwurst



Weiβwurst (sosis putih) adalah sosis tradisional khas Jerman Selatan yang dibuat dari daging sapi muda dan babi yang diberi bumbu dengan peterseli, bawang merah, lemon, dan kapulaga. Sosis ini biasanya dinikmati dengan direbus dan dimakan tanpa kulitnya. Karena secara tradisional sosis ini dibuattanpa menggunakan bahan pengawet. Weiβwurst biasanya dimakan sebelum tengah hari dengan mustard manis, bir, dan pretzel lembut.

Foto-foto: Dok.Getty Images



© 2019 yukmakan channel